Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menentukan Dasar Pembebanan Biaya Overhead Pabrik

Konten [Tampil]

Cara menentukan dasar pembebanan biaya overhead pabrik merupakan aktivitas perusahaan dalam rangka mendapatkan perhitungan detail terhadap pemakaian bahan penolong dan biaya lainnya. Departementalisasi biaya overhead pabrik adalah metode menentukan divisi yang menggunakan pemakaian kas perusahaan.

Contoh soal cara menghitung biaya overhead pabrik brainly bergantung pada jenis pembiayaan yang dilakukan perusahaan. Apabila perusahaan banyak memakai bahan baku, maka dasar pembebanan biaya overhead pabrik dapat menggunakan satuan hasil produksi sesuai surat perintah kerja yang telah dikeluarkan.

Faktor faktor yang dipertimbangkan dalam menentukan tarif biaya overhead pabrik harus dapat menetapkan standar akuntansi keuangan. BOP merupakan biaya variabel dimana jumlahnya fluktuatif bergantung pada aktivitas produksi, perubahan tingkat efisiensi dan pemanfaatan fasilitas perusahaan secara bersama-sama.

Cara Menentukan Dasar Pembebanan Biaya Overhead Pabrik

Kumpulan Pertanyaan Tentang Biaya Overhead Pabrik

Kumpulan pertanyaan tentang biaya overhead pabrik harus dapat mengatribusikan segala kemampuan perusahaan untuk menyelenggarakan kegiatan pencatatan secara baik. Keseluruhan informasi pekerjaan harus dicatat untuk menghindari konsekuensi kewajiban pajak berganda di berbagai negara tertentu.

Contoh soal cara menentukan dasar pembebanan biaya overhead pabrik bertujuan agar perusahaan dapat membuat formula produk atau bill of material secara akurat. Pemakaian dana perusahaan untuk kegiatan administrasi sebaiknya menghindari pembayaran tagihan secara pribadi untuk keperluan pemegang sahamnya.

Kumpulan pertanyaan tentang biaya overhead pabrik terjadi ketika CV Staff  Accounting menetapkan anggaran biaya overhead pabrik sebesar Rp 99.000.000. Bagaimana penggolongan biaya tenaga kerja berdasarkan fungsi pokok dalam organisasi perusahaan terdiri dari departemen pemasaran, produksi dan administrasi.

Baca Juga: Contoh Soal Selisih BOP Dibebankan dan BOP Aktual

Cara Menentukan Dasar Pembebanan Biaya Overhead Pabrik

Cara menentukan dasar pembebanan biaya overhead pabrik harus dilakukan secara konsinten setiap tahunnya. Kekayaan perusahaan perlu diperhatikan saat mengeluarkan bahan baku dan bahan penolong. Biaya overhead pabrik bersifat fluktuatif yang diakibatkan pemanfaatan fasilitas dan jumlah hasil produksi tertentu.

Cara Menghitung Tarif BOP dengan Metode Satuan Produk

Cara menghitung tarif bop dengan metode satuan produk dapat dilakukan hanya untuk satu produk yang diciptakan saja. Metode ini akan melakukan pembagian anggaran biaya overhead pabrik dengan hasil produksi yang didapatkan antar departemen. Adapun langkah-langkah menghitung tarif bop per unit jika hasil produksinya adalah 23.000 yaitu

Tarif BOP per Unit = Rp 99.000.000 : 23.000
Tarif BOP per Unit = Rp 4.304

Cara Menghitung Tarif BOP dengan Metode Jam Kerja Mesin

Cara menentukan dasar pembebanan biaya overhead pabrik dapat dikaitkan dengan penggunaan mesin produksi. Jam mesin adalah pembeban yang cocok diterapkan saat entitas memakai teknologi tertentu. Anggaran jumlah jam mesin dipengaruhi oleh umur manfaat dan biaya perolehan aktiva tetap. Hitungkan tarif bop per unit apabila jam kerja masin adalah 600.000?

Tarif BOP per Unit = Rp 99.000.000 : 600.000
Tarif BOP per Unit = Rp 600

Cara Menghitung Tarif BOP dengan Jam Tenaga Kerja Langsung

Cara menghitung tarif bop dengan jam tenaga kerja langsung harus dibuktikan dengan adanya daftar hadir dan catatan waktu dalam rangka melaksanakan kegiatan produksi atas pesanan yang telah masuk. Cara menentukan dasar pembebanan biaya overhead pabrik metode jam tenaga kerja langsung apabila JTKL sebesar 8.000 jam kerja adalah

Tarif BOP per Unit = Rp 99.000.000 : 8.000
Tarif BOP per Unit = Rp 12.375

Baca Juga: Contoh Soal Piutang Wesel Secara Angsuran

Tahapan Perhitungan Tarif Biaya Overhead Pabrik

Tahapan perhitungan tarif biaya overhead pabrik diawali dengan adanya kontribusi terhadap pemakaian dana perusahaan dengan menerapkan prinsip kehati-hatian. Departementalisasi biaya overhead pabrik adalah prosedur membebankan bop ke departemen yang melaksanakan kegiatan produksi.

1. Menyusun Anggaran BOP

Penyusunan anggaran bop harus didasarkan pada kondisi perusahaan yang sebenarnya. Hal ini berakibat pada penentuan dasar pengenaan pajak yang harus diatribusikan. Tarif bop dibedakan menjadi tarif bop variabel dan tarif bop tetap sesuai tingkat perkembangan perusahaan dimasa depan.

2. Memilih Dasar Pembebanan

Cara menentukan dasar pembebanan biaya overhead pabrik harus diikuti dengan proses identifikasi biaya yang material terhadap perkembangan bisnis usaha. Perusahaan harus dapat menetapkan pembebanan yang erat hubungannya dengan kegiatan produksi sesuai tingkatan kerjasama bisnis yang dilakukan.

3. Menetapkan Kapasitas yang digunakan

Setelah menetapkan dasar pembebanan, maka perusahaan harus mencari bukti pemakaian dasar berdasarkan kemampuan perusahaan dimana kapasitas dapat dicapai oleh operator produksi. Anggaran bop harus disesuaikan kapasitas normal untuk menghindari hambatan internal dan eksternal yang mungkin terjadi.

Baca Juga: Cara Menghitung Nilai Persediaan Akhir di Perusahaan Manufaktur

Demikian cara menentukan dasar pembebanan biaya overhead pabrik dalam materi akuntansi biaya. Perlakuan selisih biaya overhead pabrik akan memunculkan bop dibebankan dan bop sesungguhnya yang harus diatribusikan ke laporan posisi keuangan. Proses penganggaran harus dapat merepresentasikan kekayaan perusahaan.

Posting Komentar untuk "Cara Menentukan Dasar Pembebanan Biaya Overhead Pabrik"