Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Piutang Wesel Secara Angsuran dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal piutang wesel secara angsuran dan jawabannya merupakan tahapan perusahaan dalam rangka meminta pelunasan hutang dagang yang telah jatuh tempo. Perbedaan wesel tagih dan wesel bayar terletak pada pengakuan hutang piutang dalam laporan posisi keuangan sesuai target yang ditentukan pihak manajemennya.

Contoh soal pilihan ganda dan soal essay piutang wesel dan hutang wesel perlu diinformasikan pada catatan atas laporan posisi keuangan. Neraca saldo dan laba rugi menjadi informasi utama bagi perusahaan ketika mengagendakan setiap kas dan setara kas untuk perkembangan produksi dan barang yang diperdagangkan.

Jurnal penerbitan wesel bayar, cara menilai piutang wesel dan pelunasan wesel tagih harus disesuaikan standar akuntansi keuangan untuk menghindari pemeriksaan dari kantor akuntan publik. Perusahaan dagang dan jasa harus mengaplikasikan setiap perubahan PSAK terhadap neraca saldo yang dibuatkannya.

Contoh Soal Piutang Wesel Secara Angsuran dan Jawabannya

Apa yang Dimaksud Piutang Wesel

Apa yang dimaksud piutang wesel? pengertian piutang wesel menurut para ahli adalah tagihan atas perpanjangan masa pembayaran yang disepakati dengan penjual dan disertai pemberian bunga tertentu. Wesel merupakan metode pembayaran sementara dan hanya dapat menghapus hutang saat terjadi pencairan dana.

Contoh soal piutang wesel secara angsuran bertujuan untuk tidak memberatkan saat terjadi tagihan yang jatuh tempo. Cara membuat skedul umur piutang bertujuan untuk menghindari adanya keterlambatan pembayaran tagihan yang perlu dilaksanakan berdasarkan prosedur alokasi informasi hutang piutang perusahaan.

Pengertian piutang wesel menurut para ahli adalah kas yang akan diterima perusahaan dimasa depan sesuai tanggal yang telah dijanjikan. Surat wesel dan surat promes adalah surat berharga milik perusahaan untuk dipergunakan sebagai dasar pembayaran tagihan jatuh tempo sesuai peruntukkannya.

Baca Juga: Perbedaan Hutang Wesel, Hutang Dagang dan Hutang Bank

Contoh Soal Piutang Wesel Secara Angsuran dan Perhitungannya

Contoh soal piutang wesel secara angsuran dan perhitungannya bertujuan untuk menghindari adanya ketidaksesuaian tagihan perusahaan setiap periodenya. Perusahaan jasa dan perusahaan dagang berhak menghindari adanya ketidaksesuaian informasi pada neraca saldo dan laporan laba rugi sesuai target yang ditentukan.

Contoh soal piutang wesel secara angsuran terdiri dari jurnal penerbitan wesel, jurnal penerimaan bunga wesel dan pelunasan tagihan. Perusahaan jasa dan dagang berhak menerima wesel sebagai metode pembayaran yang ditentukan untuk menyamakan standar akuntansi keuangan sesuai target tertentu.

Contoh soal wesel berbunga dan wesel tanpa bunga terjadi ketika CV Staff Accounting menerima wesel bayar senilai Rp 88.000.000 dengan bunga 7% selama 12 bulan. Bagaimana cara membuat jurnal penerbitan wesel bayar, jurnal penerimaan angsuran piutang wesel dan langkah-langkah menghitung skedul bunganya?

Baca Juga: Cara Menggunakan Menu Kas dan Bank di Accurate

Cara Mencatat Piutang Wesel dari Penjualan Kredit

Bagaimana pelaksanaan pencatatan piutang wesel dari penjualan kredit dimulai dari prosedur permintaan perpanjangan masa pembayaran tagihan. Penilaian piutang wesel dan pelunasan piutang perlu mempertimbangkan alur informasi keuangan sesuai dasar pengenaan pajak yang diatribusikannya.

Jurnal Penerbitan Wesel Tagih

Contoh soal piutang wesel secara angsuran dan jawabannya diawali dengan pembuatan jurnal penerbitan wesel tagih. Wesel tagih adalah surat perintah untuk menagihkan sejumlah kas sesuai yang dijanjikan oleh pelanggan. Perbedaan utang wesel dan utang dagang terletak pada ada tidaknya pendapatan bunga.

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/05/2022Hutang Dagang Rp 88.000.000
Wesel Tagih Rp 88.000.000
Kas Rp 8.910.000

Jurnal Penerimaan Pelunasan Piutang Wesel Secara Angsuran

Jurnal penerimaan pelunasan piutang wesel secara angsuran akan terjadi setiap bulan, kuartalan, semi-annual sesuai kontraknya. Contoh soal pilihan ganda dan soal essay piutang wesel perlu memperhatikan setiap pengeluaran dan pendapatan sesuai alur yang ditujukan para pemegang saham.

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/06/2022Wesel Tagih Rp 7.333.333
Beban Bunga Wesel Rp 586.667
Kas Rp 7.920.000

Baca Juga: Cara Menentukan Tanggal Jatuh Tempo Wesel Tagih

Demikian contoh soal piutang wesel secara angsuran dan jawabannya dalam materi akuntansi keuangan menengah. Setiap perusahaan berhak mengalokasikan kas dan setara kas sebagai metode pembayaran aktual dan paling likuid untuk mempercepat proses pemesanan barang atas purchase order tertentu.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Piutang Wesel Secara Angsuran dan Jawabannya"