Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Economic Order Quantity dan Reorder Point

Konten [Tampil]

Contoh soal economic order quantity dan reorder point merupakan tahapan di perusahaan untuk menetapkan harga pokok penjualan atas barang produksi. Kategori biaya apa saja yang menjadi perhitungan dalam menentukan EOQ, ROP dan safety stock didasarkan perhitungan kekayaan perusahaan.

Contoh soal eoq, rop dan safety stock di perusahaan manufaktur dimaksudkan agar entitas dapat menjalankan kegiatan produksi sesuai keperluannya. Mengapa perusahaan harus menggunakan metode economic order quantity untuk mengatur persediaan sebab dapat menurunkan biaya variabel per pengiriman bahan baku.

Contoh perusahaan yang menggunakan oeq, rop dan safety stock bergantung pada kualitas pembayaran yang diselenggarakan perusahaan. Biaya apa saja yang harus dikeluarkan untuk pengelolaan inventory berkaitan dengan prosedur pembayaran tagihan dan total biaya persediaan tahunan sesuai perencanaan produksi.

Contoh Soal Economic Order Quantity dan Reorder Point

Apa itu Metode Economic Order Quantity?

Pengertian economic order quantity merupakan metode yang digunakan perusahaan dalam rangka menjabarkan informasi perihal pembayaran tagihan yang telah jatuh tempo. Pembelian bahan baku secara optimal ditujukan agar entitas dapat menyelenggarakan perhitungan harga pokok produksi sesuai tingkat kekayaannya.

Contoh soal economic order quantity dan reorder point menjadi biaya yang berkaitan dengan proses produksi. Reorder point adalah titik dimana perusahaan harus membeli bahan baku agar dapat melanjutkan kegiatan produksi. Lead time adalah jangka waktu produksi dari penyediaan bahan baku sampai pengiriman barang jadi.

Apa itu metode economic order quantity adalah tahapan yang dilalui perusahaan dalam rangka mengelola dana perusahaan untuk melaksanakan pembelian barang secara optimal. Mengapa EOQ banyak digunakan di perusahaan manufaktur sebab berkaitan dengan alokasi kas untuk pembayaran tagihannya.

Baca Juga: Cara Menghitung Nilai Perusahaan dari Laporan Keuangan

Contoh Perusahaan yang Menggunakan Metode EOQ, ROP dan Safety Stock

Contoh perusahaan yang menggunakan metode eoq, rop dan safety stock adalah perusahaan manufaktur. Perusahaan manufaktur tentu memiliki berbagai macam jenis persediaan barang dagang yang harus dibayarkan sesuai target yang ditetapkan selama kegiatan operasional berjalan agar pembayaran dialokasikan secara maksimal.

Contoh soal economic order quantity dan reorder point menjadi tahapan bagi entitas untuk menentukan pembelian bahan baku optimal. Jumlah pembelian paling optimal dengan metode eoq untuk bahan baku utama dan bahan baku penolong ditentukan berdasarkan tingkatan sistem informasi akuntansi perusahaan.

Contoh perusahaan yang menggunakan metode eoq dan rop biasanya memiliki kualitas pembiayaan pesanan. Procurement cost atau set-up cost merupakan pengeluaran kas perusahaan untuk membayarkan tagihan sesuai jenis pesanannya. Adapun biaya yang berkaitan dengan procurement cost adalah

  1. Biaya proses persiapan
  2. Biaya pengiriman pesanan
  3. Biaya penerimaan barang yang telah dipesan
  4. Biaya pembayaran tagihan

Baca Juga: Contoh Soal Rasio Perputaran Persediaan dan Jawabannya

Contoh Soal Economic Order Quantity dan Reorder Point beserta Jawabannya

Contoh soal economic order quantity terdiri dari procurement cost dan storage cost. Penentuan besarnya eoq didasarkan pada kebijakan keuangan perusahaan untuk setiap kemungkinan transaksi. Kategori biaya apa saja yang menjadi perhitungan dalam menentukan EOQ yakni biaya pemesanan produk, kuantitas barang dan biaya penyimpanan.

Contoh Soal EOQ dengan Diskon dan Grafiknya

Contoh soal eoq dengan diskon dan grafiknya terjadi ketika CV Staff Accounting menetapkan biaya penyimpanan dan pemeliharaan gudang sebesar 30%. Biaya pesanan adalah Rp 800. Jumlah material yang dibutuhkan adalah 1.000 unit dengan harga Rp 200 per unitnya. Tentukan jumlah pembelian paling optimal dengan metode eoq?

Rumus EOQ = SQRT ( (2x1000x800)/(1x30%) )
Rumus EOQ = SQRT (5.333.333)
Rumus EOQ = 2309

Hubungan antara biaya pesanan, biaya penyimpanan barang di kantor dan gudang serta biaya pembelian barang selama satu periode akan menentukan jumlah penghasilan yang harus dibayarkan untuk keperluan pajak. Denda pajak akan muncul tatkala entitas telat melaporkan atau membayarkan tagihannya.

Baca Juga: Macam-Macam Rasio Profitabilitas

Demikian contoh soal economic order quantity dan reorder point dalam perusahaan manufaktur. Dasar-dasar pembelanjaan perusahaan ditetapkan agar entitas dapat mengalokasikan kas untuk keperluan pembayaran tagihan sesuai kebutuhan bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung selama satu periodenya.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Economic Order Quantity dan Reorder Point"