Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Penjualan Konsinyasi Bagi Komisioner dan Jurnalnya

Konten [Tampil]

Contoh soal penjualan konsinyasi bagi komisioner dan jurnal pencatatannya merupakan tindakan perusahaan dalam rangka mengalokasikan sebagian besar kekayaan yang dimilikinya untuk keperluan pembayaran pajak. Komisioner adalah pihak yang ditunjuk untuk melakukan penjualan barang konsinyasi sesuai harga tercantum.

Contoh jurnal konsinyasi metode laba terpisah dan metode laba tidak terpisah bergantung pada kebijakan perusahaan saat menjalankan aktivitas bisnis. Laba terpisah artinya perusahaan memisahkan antara pendapatan reguler dengan pendapatan konsinyasi untuk mempertimbangkan jenis transaksi jual beli yang dilakukan.

Mengapa penjualan konsinyasi menguntungkan bagi komisioner dan pengamanat disebabkan entitas telah mendapatkan kesempatan dalam perhitungan pajak penghasilan badan usaha. Peran komisioner dalam penjualan adalah melakukan promosi agar barang dapat terjual dengan biaya yang disepakati saat perjanjian.

Contoh Soal Penjualan Konsinyasi Bagi Komisioner dan Jurnalnya

Pihak yang Terlibat dalam Sistem Konsinyasi

Pihak-pihak yang terlibat dalam sistem konsinyasi mewajibkan entitas melaksanakan kegiatan pencatatan sesuai transaksi bisnis. Penjualan konsinyasi dalam kehidupan sehari-hari bertujuan agar pelaku bisnis umkm mendapatkan keuntungan sesuai target yang telah ditentukan dan komisi diberikan sesuai pertimbangan bisnis.

Contoh soal penjualan konsinyasi bagi komisioner dan jurnalnya memberikan dampak bagi pengamanat diantaranya bertambahnya penghasilan. Dalam sistem konsinyasi apa hal yang harus dilakukan pada barang yang tidak laku adalah memberikan sarana pemasaran yang baik sehingga pelanggan dapat menyukai barang perusahaan.

Pihak-pihak yang terlibat dalam sistem konsinyasi terdiri dari pengamanat dan komisioner. Apa saja kerugian penjualan konsinyasi bagi pemilik produk adalah meningkatkan nilai persediaan barang dagang di pihak ketiga. Persediaan adalah komponen laporan keuangan yang diperlukan dalam menghitung pendapatan kena pajak.

Baca Juga: Pengertian Penjualan Konsinyasi Menurut Para Ahli

Peran Komisioner dan Pengamanat dalam Penjualan Konsinyasi

Bagaimana peran komisioner dalam penjualan konsinyasi adalah melakukan pemasaran atas barang titipan pengamanat. Kapan waktu yang tepat untuk mengevaluasi penjualan konsinyasi adalah saat diberikannya laporan stock barang yang tersisa digudang barang jadi sesuai persentase penjualannya.

Peran pengamanat dalam penjualan konsinyasi adalah menyediakan barang titipan beserta kas yang digunakan untuk sarana promosi. Setiap penjualan barang akan diperhitungkan secara accurate perihal setoran kas yang wajib diatribusikan sesuai harga jual beserta jumlah kuantitas barang yang dimiliki selama operasionalnya.

Contoh soal penjualan konsinyasi bagi komisioner dan pengamanat dapat menggunakan metode laba terpisah dan laba tidak terpisah. Dalam sistem konsinyasi apa hal yang harus dilakukan pada barang yang tidak laku adalah memaksimalkan omzet perusahaan agar dapat meningkatkan kas untuk kegiatan promosi.

Baca Juga: Cara Menghitung Rasio Likuidasi dari Laporan Posisi Keuangan

Contoh Jurnal Penjualan Konsinyasi Metode Tidak Terpisah

Contoh jurnal penjualan konsinyasi metode tidak terpisah dan metode terpisah bagi komisioner dan pengamanat berdampak pada siklus akuntansi yang didapatkan perusahaan. Mengapa penjualan konsinyasi menguntungkan bagi komisioner sebab tidak perlu membeli persediaan barang jadi dan adanya tambahan modal promosi.

Contoh jurnal penjualan konsinyasi metode tidak terpisah bagi komisioner diwajibkan membuat laporan setiap periodenya. Bagi pengamanat, barang konsinyasi yang tidak laku wajib diperhitungkan agar mengurangi jumlah komisi yang diberikan sesuai akta perjanjian dan pendirian perseroan terbatas.

Contoh soal penjualan konsinyasi bagi komisioner terjadi ketika CV Staff Accounting menerima barang senilai Rp 93.000.000 dan wajib dijual dengan harga Rp 120.000.000. Biaya promosi yang dikeluarkan adalah Rp 600.000 dan pendapatan komisi yang diberikan 20%. Buatlah jurnal pencatatan yang diperlukan?

Tanggal Keterangan Debit Kredit
22/01/2023Kas Rp 120.000.000
Konsinyasi Masuk - Penjualan Rp 120.000.000
27/01/2023Konsinyasi Masuk - Biaya Promosi Rp 600.000
Kas Rp 600.000
02/02/2023Konsinyasi Masuk - Biaya Komisi Rp 24.000.000
Pendapatan komisi Rp 24.000.000
11/02/2023Konsinyasi Masuk - Penjualan Rp 120.000.000
Konsinyasi Masuk - Biaya Promosi Rp 600.000
Konsinyasi Masuk - Biaya Komisi Rp 24.000.000
Kas Rp 95.400.000

Baca Juga: Contoh Penjualan Konsinyasi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Demikian contoh soal penjualan konsinyasi bagi komisioner dan jurnalnya dalam sistem perhitungan biaya berdasarkan proses. Process costing dan job order costing menjadi tindakan perusahaan dalam rangka memperhitungkan laba kotor dan kompensasi kerugian fiskal yang dibebankan di periode berjalan

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Penjualan Konsinyasi Bagi Komisioner dan Jurnalnya"