Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Akuntansi Pejabat Pengelola Keuangan Daerah (PPKD) dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal akuntansi pejabat pengelola keuangan daerah (PPKD) dan jawabannya merupakan prosedur pertanggungjawaban dana alokasi umum, dana hibah dan dana penerimaan negara bukan pajak yang telah diberikan ke pemerintah daerah. SKPD atau satuan kerja perangkat daerah harus mempertanggungjawabkan dana setiap periode sesuai laporan keuangannya.

Apa saja laporan keuangan yang dibuat oleh skpd terdiri dari laporan realiasi anggaran, laporan laba rugi, neraca dan catatan atas laporan posisi keuangan. Contoh jurnal umum akuntansi sektor publik dan jawabannya bertujuan agar mahasiswa dapat mempelajari adanya pemotongan ppn dan pph yang langsung dilakukan pemerintah.

Contoh soal akuntansi pejabat pengelola keuangan daerah terdiri dari pendapatan, belanja subsidi, belanja transfer ke dana desa, subsidi partai politik dan pembiayaan. Bagaimana penentuan pencatatan transaksi pendapatan Pejabat Pengelola Keuangan Daerah akan dialokasikan oleh bendaharawan pemerintah selaku subyek pajak.

Contoh Soal Akuntansi Pejabat Pengelola Keuangan Daerah (PPKD) dan Jawabannya

Bagaimana Sistem Pencatatan Akuntansi Pemerintah Daerah

Sistem pencatatan akuntansi keuangan daerah ditujukan bagi lawan transaksi untuk mengaplikasikan setiap pertumbuhan dana pemerintah. Dokumen pelaksanaan anggaran pada skpd wajib dicatat dan dipertanggungjawabkan sehingga pemerintah kabupaten dan kota mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian.

Akuntansi SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah)

Akuntansi skpd adalah metode pencatatan dimana seluruh pengguna anggaran akan melaksanakan program dan kegiatan yang telah diajukan. Laporan realiasi anggaran diperlukan agar tidak terjadi manipulasi data laporan keuangan untuk tujuan pribadi yang dapat menambah kekayaan individu tertentu.

Akuntansi PPKD (Pejabat Pengelola Keuangan Daerah)

Akuntansi ppkd adalah metode pencatatan dimana seluruh anggaran akan dilaksanakan oleh pejabat pemerintah daerah dan pusat sesuai yang ditetapkan. Jurnal apa saja yang diperlukan dalam skpd dan ppkd harus didukung dengan bukti transaksi yang valid sesuai sistem informasi akuntansi yang dijalankan.

Akuntansi Konsolidator

Contoh soal akuntansi pejabat pengelola keuangan daerah wajib mempertangungjawabkan realiasi anggaran yang telah disetujui pemerintah pusat. Laporan keuangan konsolidasi harus diaudit atau diperiksa oleh badan pemeriksa keuangan yang telah ditunjuk oleh menteri keuangan per periodenya.

Baca Juga: Cara Membuat Laporan Realisasi Anggaran dan Jawabannya

Contoh Soal Akuntansi PPKD dan SKPD Beserta Jurnal Pencatatannya

Contoh soal akuntansi ppkd dan skpd beserta jurnal pencatatan bertujuan agar seluruh kegiatan perusahaan dapat dimaksimalkan sesuai realiasi anggaran. Transaksi apa saja yang ada dalam akuntansi keuangan daerah terdiri dari pendapatan bukan pajak, dana perimbangan dan dana alokasi umum bahkan terdapat anggaran belanja tidak terduga.

Akuntansi Pendapatan PPKD dan Jurnalnya

Jurnal apa saja yang diperlukan dalam pejabat pengelola keuangan daerah adalah bukti potong pph pasal 22 dan pajak pertambahan nilai. Akuntansi pendapatan ppkd adalah metode pencatatan penghasilan yang diterima pemerintah daerah berdasarkan dana alokasi umum, dana perimbangan dan hibah.

Pada tanggal 20 februari 2023, pemerintah daerah kebupaten di jawa tengah mendapatkan transfer dana alokasi umum sebesar Rp 34.000.000 dan dana alokasi khusus sebesar Rp 120.000.000 untuk menyelenggarakan kegiatan administrasi. Adapun jurnal penerimaan pendapatan tersebut adalah

Tanggal Keterangan Debit Kredit
20/02/2023Kas di Kasda Rp 154.000.000
Pendapatan Dana Alokasi Umum Rp 34.000.000
Pendapatan Dana Alokasi Khusus Rp 120.000.000

Akuntansi Belanja PPKD dan Jurnalnya

Akuntansi belanja ppkd terdiri dari belanja subsidi ke perusahaan, belanja transfer desa dan subsidi ke partai politik. Laporan apa saja yang dibuat oleh PPKD adalah laporan realiasi anggaran, laporan kegiatan operasional dan laporan arus kas yang telah diberikan pemerintah pusat sebagai hibah.

Pada tanggal 20 februati 2023, pemerintah daerah kabupaten di jawa tengah membayarkan tagihan air dan listrik sebesar Rp 3.000.000. Jurnal apa saja yang diperlukan oleh satuan kerja perangkat daerah harus dapat memberikan bukti potong pph pasal 22 dan ppn apabila melaksanakan kewajiban perpajakannya.

Tanggal Keterangan Debit Kredit
20/02/2023Belanja Subsidi ke Perusahaan Rp 3.000.000
Hutang PPh Pasal 22 Rp 45.000
Kas di KasDa Rp 2.955.000

Akuntansi Pembiayaan PPKD dan Jurnalnya

Contoh soal akuntansi pejabat pengelola keuangan daerah dilanjutkan dengan adanya pembiayaan dari bank atau lembaga keuangan lainnya. Rekening koran adalah bukti transaksi keluar masuk di kas daerah yang ditentukan oleh bendaharawan pemerintah. Setiap bendahara wajib memotong pph pasal 22 apabila ada transaksi diatas 2 juta dalam satu kesatuan.

Pada tanggal 20 februari 2023, pemerintah daerah mendapatkan pinajaman dari bank senilai Rp 23.000.000 dalam jangka waktu 5 tahun. Apa saja laporan keuangan yang dibuat oleh skpd terdiri dari laporan operasional, laporan arus kas dan laporan realisasi anggaran. Adapun jurnal penarikan pinjaman ke bank adalah

Tanggal Keterangan Debit Kredit
20/02/2023Kas di Kasda Rp23.000.000
Pinjaman Pemda ke Lembaga Perbankan Rp23.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Audit Pemeriksaan Kas Pemerintah Daerah

Demikian contoh soal akuntansi pejabat pengelola keuangan daerah atau ppkd dan skpd dalam akuntansi sektor publik. Format laporan realisasi anggaran harus dibentuk agar badan pemeriksa keuangan daerah dapat melihat rasio keuangan untuk menentukan kewajaran saldo yang dilaporkannya.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Akuntansi Pejabat Pengelola Keuangan Daerah (PPKD) dan Jawabannya"