Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Audit Pemeriksaan Kas dan Setara Kas Beserta Program Auditnya

Konten [Tampil]

Contoh soal audit pemeriksaan kas dan setara kas beserta program auditnya adalah aktivitas perusahaan memastikan entitas telah mematuhi kebijakan internal control atas penerbitan dokumen bukti transaksi. Bagaimana cara auditor memeriksa kelebihan dan kekurangan sistem pengendalian internal dibuktikan dengan flow chart.

Bagaimana perusahaan melaporkan kas dan setara kas dalam laporan keuangan ditentukan berdasarkan tingkat keseimbangan pasar. Kebijakan akuntansi adalah penerapan metode pencatatan yang disepakati berbagai pihak di perusahaan dalam rangka mengelola dana keuangan terutama proses pembebanan biaya produksi.

Contoh soal audit pemeriksaan kas kecil dan rekening giro bertujuan agar departemen keuangan tidak mengeluarkan kas tanpa adanya perintah dari atasan masing-masing departemen. Mengapa perusahaan melakukan pengendalian internal untuk kas atau setara kas sebab kas merupakan aset lancar yang memiliki banyak resiko.

Contoh Soal Audit Pemeriksaan Kas dan Setara Kas Beserta Program Auditnya

Mengapa Perusahaan Melakukan Pengendalian Internal

Mengapa perusahaan melakukan pengendalian internal untuk kas atau setara kas sebab para karyawan diwajibkan menjaga seluruh aset perusahaan tanpa adanya otorisasi dari pejabat yang berwenang. Keseluruhan dana perusahaan diharapkan mampu memberikan kepastian kepada supplier perihal pembayaran tagihannya.

Contoh soal audit pemeriksaan kas dan setara kas beserta program auditnya berdampak pada neraca saldo perusahaan. Rasio keuangan ditujukan agar entitas bertanggungjawab terhadap segala pengeluaran dan pendapatan. Rasio profitabilias dan leverage dijadikan dasar bagi divisi pajak untuk menetapkan standarnya.

Mengapa perusahaan melakukan pengendalian internal untuk kas atau setara kas bertujuan agar kas tidak terlalu sedikit. Jika perusahaan terlalu banyak menyimpan kas di rekening giro atau deposito menandakan entitas tidak mampu mempergunakan kas secara maksimal sebagai modal kerja bisnis.

Baca Juga: Contoh Kasus Pemeriksaan Perkiraan Laba Rugi

Dokumen yang Diperlukan dalam Audit Kas dan Setara Kas

Dokumen yang diperlukan dalam audit kas dan setara kas bertujuan agar seluruh perusahaan dapat memaksimalkan keuntungan sebagai modal kerja. Modal kerja adalah kas yang diperlukan perusahaan untuk menciptakan barang dan jasa yang diperlukan pelanggan agar mau membayar tagihan atau invoice.

Tanggal invoice, faktur pajak dan nomor seri faktur pajak berbeda berdampak pada ketidakkonsistensi seluruh pencatatan perusahaan. Tanggal faktur pajak adalah periode dimana staff pajak menyelenggarakan pencatatan pengakuan penjualan barang dan jasa sesuai ketentuan umum perpajakan yang berlaku.

Dokumen yang diperlukan dalam audit kas dan setara kas terdiri dari invoice, bukti pengeluaran kas dan persetujuan atasan. Mengapa pengendalian internal kas diperlukan oleh setiap instansi baik pemerintah maupun swasta sebab karyawan harus dapat melindungi diri dari transaksi fiktif atau manipulasi.

Baca Juga: Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Equity dan Jawabannya

Contoh Soal Audit Kas dan Setara Kas Beserta Program Auditnya

Contoh soal audit kas dan setara kas bertujuan agar memastikan karyawan tidak memanipulasi data laporan keuangan. Setiap perusahaan berhak mengantisipasi adanya ketidaktepatan informasi keuangan guna membayarkan tagihan jangka pendek. Invoice adalah bukti transaksi terjadinya penjualan atau pembelian barang dan jasa.

Contoh soal audit pemeriksaan kas dan setara kas dalam pengauditan berbasis komputer diperlukan sebagai dasar pertimbangan karyawan mengajuan pinjaman. Pinjaman karyawan atau hutang karyawan hanya berlaku bagi karyawan tetap atau karyawan yang telah memiliki track record gaji dan insentif yang baik.

Contoh soal audit kas dan setara kas terjadi ketika CV Staff Accounting melakukan kesalahan pencatatan biaya gaji tenaga harian sebesar Rp 2.000.000 yang dicatat sebagai biaya listrik. Apakah ada pembatasan dalam penggunaan kas dan setara kas ditentukan sesuai nilai reimbursement dana kas kecil. Bagaimana jurnal penyesuaian yang harus dibuat auditor tersebut?

Tanggal Keterangan Debit Kredit
19/02/2023Biaya Gaji Karyawan Harian Rp 2.000.000
Biaya Listrik Rp 2.000.000

Baca Juga: Cara Mengisi SPT Badan Usaha dan Melaporkannya di DJP Online

Demikian contoh soal audit pemeriksaan kas dan setara kas beserta program audit dalam pengauditan berbasis komputer. Setiap perusahaan dapat menetapkan internal control yang baik agar dokumen yang diciptakan bermanfaat untuk mengalokasikan segala proses pembebanan biaya atau job order costing dan process costing.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Audit Pemeriksaan Kas dan Setara Kas Beserta Program Auditnya"