Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Equity dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal laporan keuangan konsolidasi metode equity dan jawabannya merupakan dasar bagi perusahaan untuk menetapkan jumlah laba dan rugi yang didapatkan selama menjalankan aktivitas bisnis bagi perusahaan berafiliasi. Kekayaan perusahaan harus dipertahankan dengan mengeluarkan surat perintah pelaksanaan internal control.

Contoh soal metode ekuitas dan metode biaya untuk investasi saham diperlukan agar seluruh transaksi keuangan dicatat secara wajar. Mengapa metode ekuitas untuk investasi ekuitas sering kali di sebut sebagai konsolidasi satu baris dapat digunakan untuk mewakili para investor saat rapat umum pemegang saham.

Kapan saldo investasi pada perusahaan lain akan sama berdasarkan metode biaya dan metode ekuitas didasarkan pada kesempatan yang didapatkan internal auditnya. Pada kondisi seperti apa metode ekuitas tidak boleh digunakan yaitu saat entitas tidak mendapatkan keuntungan dari aktivitas penggabungan usaha bisnis.

Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Equity dan Jawabannya

Apa itu Cost Method dan Equity Method

Contoh soal laporan keuangan konsolidasi metode equity dan metode cost diharapkan mampu memberikan kepastian tentang tanggungjawab pada investor baru. Biaya perolehan adalah seluruh kas yang dikeluarkan perusahaan untuk mendapatkan aset dan aktiva tetap yang diinginkannya sesuai target yang ditetapkannya.

Apa itu cost method? Pengertian metode biaya dalam penggabungan usaha adalah tindakan perusahaan menyatukan kepentingan antar perusahaan berafiliasi tetapi tidak memiliki kehendak dalam menjalankan aktivitas bisnis. Metode biaya akan menganggap perusahaan hanya menerima dividen dari investasi pada perusahaan lain.

Apa itu equity method? Pengertian metode ekuitas dalam pembuatan laporan keuangan konsolidasi adalah tahapan bagi entitas untuk menjalankan kegiatan operasional berdasarkan petunjuk induk perusahaan. Metode ekuitas menganggap perusahaan mencatat investasi sesuai biaya perolehannya yang dilakukan penyesuaian berdasarkan perubahan bagian pemilikan induk perusahaan sesuai hak kontrolnya.

Baca Juga: Contoh Soal Rentabilitas Ekonomi dan Rentabilitas Modal Sendiri

Contoh Soal Metode Ekuitas untuk Investasi Saham dan Jawabannya

Contoh soal metode ekuitas untuk investasi saham dan jawabannya adalah tindakan persekutuan dalam program perluasan pemasaran produk. Setiap perusahaan diharapkan mampu memberikan kepastian tentang prosedur pembayaran tagihan jatuh tempo sesuai aturan perpajakan dan keputusan menteri keuangannya.

Contoh soal laporan keuangan konsolidasi metode equity bertujuan agar segala kekayaan perusahaan dapat digunakan untuk membayarkan piutang tak tertagih. Hutang jatuh tempo menandakan perusahaan tidak mampu mengalokasikan arus kas masuk sesuai dengan termin pembayaran invoice dari pemasok atau supplier.

Kapan saldo investasi pada perusahaan lain akan sama berdasarkan metode cost dan metode equity ditentukan berdasarkan pertimbangan kelebihan sistem pengendalian internal. Internal control dijadikan dasar bagi auditor dalam menentukan subsequent event atau peristiwa setelah tanggal laporan keuangan.

Baca Juga: Apa itu Hak Mayoritas dan Hak Minoritas

Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Ekuitas

Contoh soal laporan keuangan konsolidasi metode ekuitas diharapkan mampu memberikan perubahan dalam program aktiva bersih anak perusahaan. Setelah prosedur penggabungan usaha dilakukan, maka masing-masing perusahaan akan menjalankankan kegiatan operasional berdasarkan keputusan para direktur operasional.

Cara membuat laporan konsolidasi metode equity harus mempertimbangkan adanya rekening investasi saham anak perusahaan. Investasi saham anak perusahaan akan bertambah ketika induk perusahaan mengakui laba, memberikan tambahan investasi baru dan menambahkan kekayaan pada anak perusahaannya.

CV Staff Accounting
Aktiva
Kas Rp 20.000.000
Piutang Rp 10.000.000
Persediaan Rp 15.000.000
Aktiva Tetap Rp 22.500.000
Aktiva Lain Rp 22.500.000
Jumlah Rp 90.000.000
Hutang
Hutang Bank Rp 22.500.000
Hutang dagang Rp3.750.000
Ekuitas
Modal Saham Rp 11.250.000
Agio Saham Rp 30.000.000
Laba Ditahan Rp 22.500.000
Jumlah Rp 90.000.000

Jurnal Investasi Saham Anak Perusahaan

Tuan raffi melakukan pembelian saham milik cv staff accounting sebanyak 40lembar dengan nilai wajar Rp 275.000 dan nilai buku Rp 250.000. Setelah menjalankan kegiatan produksi dan penjualan, cv staff accounting mendapatkan keuntungan senilai Rp 82.000.000 dan membagikan dividen 25% dari keuntungannya. Bagaimana jurnal investasi saham anak perusahaan harus dibuat?

Tanggal Keterangan Debit Kredit
12/02/2023Investasi Saham pada Campina Rp 11.000.000
Kas Rp11.000.000

Setelah pembelian saham anak perusahaan oleh induk perusahaan diselenggarakan. Maka, selanjutnya perusahaan harus memperhitungkan total hak kontrol yang didapatkannya. Hak kontrol bertujuan memperhitungkan jumlah keuntungan dan kerugian yang didapatkan selama operasional terjadi.

Rumus hak kontrol
Jumlah Saham yang Dibeli40 lembar
Jumlah Saham yang beredar45 lembar
Persentase pemilikan saham89%

Jurnal Pengakuan Laba dan Rugi Metode Equity

Jurnal pengakuan laba dan rugi metode equity diasumsikan sama dengan penerapan metode fluktuasi dalam mengelola dana kas kecil. Laba adalah kondisi dimana perusahaan mengalami peningkatan kapasitas produksi, pembelian mesin produksi dan kekayaan lain sesuai kegiatan yang dilakukannya.

Tanggal Keterangan Debit Kredit
Investasi Saham pada Campina Rp 72.980.000
Laba CV Staff Accounting Rp72.980.000

Baca Juga: Contoh Soal Pembelian Saham Anak Perusahaan oleh Induk Perusahaan

Demikian contoh soal laporan keuangan konsolidasi metode equity dan jawabannya dalam prosedur penggabungan usaha. Business combination diharapkan mampu meningkatkan kapasitas produksi barang jadi sesuai dengan target penjualan yang ditetapkan oleh manajemen keuangan dan pemasaran perusahaan.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Equity dan Jawabannya"