Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Jurnal Kas Kecil Metode Imprest dan Fluktuasi

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal kas kecil metode imprest dan fluktuasi merupakan langkah yang ditempuh perusahaan dalam rangka menyelenggarakan kegiatan pencatatan bisnis. Setiap perusahaan diharapkan mampu menterjemahkan informasi keuangan atas pemakaian kas dan setara kas tanpa melalui rekening giro atau bank.

Conton soal pilihan ganda dan essay akuntansi kas kecil diharapkan mampu menjadikan entitas bertanggungjawab terhadap kesepatakan bisnis. Bagaimana ketentuan sistem pengendalian internal kas kecil dan rekonsiliasi bank diharapkan mampu menjadikan staff finance dan staff accounting bertanggungjawab.

Jurnal penerimaan kas dan jurnal pengeluaran kas merupakan mekanisme pencatatan kas dan setara kas pada perusahaan dagang. Setiap penjualan barang dan pembelian bahan baku tentu memerlukan adanya sumber daya keuangan yang keluar masuk dari rekening perusahaan. Perusahaan diwajibkan membayarkan pajak pertambahan nilai.

Contoh Soal Jurnal Kas Kecil Metode Imprest dan Fluktuasi

Pengertian Kas dan Setara Kas Menurut Para Ahli

Pengertian kas dan setara kas menurut para ahli adalah metode pembayaran yang likuid untuk mengurangi total hutang yang beredar. Setiap perusahaan harus mampu memiliki modal kerja yang cukup agar rasio keuangan terjaga. Kesejahteraan para karyawan perusahaan harus mampu mengaplikasikan kebutuhan informasinya.

Contoh soal kas kecil metode imprest dan fluktuasi merupakan pembahasan perihal sumber daya keuangan perusahaan. Fungsi kas kecil adalah meminimalisir pengeluaran biaya administrasi bank dan mempercepat proses transaksi pembelian sebab tidak seluruh pelanggan memiliki cek atau bilyet giro.

Pengertian setara kas menurut para ahli adalah seluruh investasi jangka pendek yang dimiliki perusahaan. Sebagian besar kekayaan perusahaan harus dapat diaplikasikan menyesuaikan kebutuhannya. Contoh rekening setara kas di perusahaan adalah deposito berjangka maksimal 3 bulan dan uang yang tersimpan di lembaga keuangan.

Baca Juga: Contoh Soal Penggabungan Usaha Metode Ekuitas dan Jawabannya

Contoh Penerapan Internal Control Kas Kecil di Perusahaan

Contoh penerapan internal control kas kecil di perusahaan harus segera dilaksanakan terutama untuk mengurangi resiko bawaan dan resiko pengendalian. Mengapa kas merupakan akun yang rentan terhadap kecurangan sebab kas tidak memiliki nama pertanggungjawaban bisnis yang diselenggarakannya.

Contoh kebijakan sistem pengendalian internal kas kecil di perusahaan adalah melaksanaan pemisahan tugas antara pihak otorisasi dengan pelaksana kegiatan bisnis. Pemakaian brankas atau lemari besi untuk menyimpan uang akan membatasi adanya pemakaian dana yang tidak sesuai peruntukkan pembayarannya.

Contoh soal jurnal kas kecil metode imprest dan fluktuasi diharapkan mampu menyesuaikan catatan kas di lembaga keuangan. Rekonsoliasi bank adalah tindakan perusahaan menyesuaikan catatan keuangan yang terdapat pada rekening koran perusahaan. Rekening koran adalah mutasi aliran kas keluar masuk sesuai jenis informasinya.

Baca Juga: Contoh Soal Selisih Dana Kas Kecil dan Jawabannya

Contoh Soal Jurnal Kas Kecil Metode Imprest dan Fluktuasi

Contoh soal jurnal kas kecil metode imprest dan fluktuasi terjadi ketika CV Staff Accounting menyetujui adanya kas kecil dibrankas senilai Rp 9.000.000. Oleh sebab itu, cv staff accounting menarik cek untuk menjalankan kebijakan tersebut. Adapun pengeluaran selama satu bulan menggunakan kas kecil adalah

  1. Membayarkan konsumsi rapat senilai Rp 125.000
  2. Membiayai biaya pengiriman dokumen senilai Rp 90.000
  3. Membayarkan tenaga kerja tidak langsung senilai Rp 50.000

Jurnal Kas Kecil Metode Imprest

Jurnal kas kecil metode imprest bertujuan untuk mempertahankan jumlah dana kas kecil yang disepakati pada awal transaksi. Setiap adanya pemakaian kas kecil akan diberikan bukti transaksi tetapi perusahaan akan menunda pencatatan di sistem yang digunakannya. Pencatatan akan dilakukan pada saat terjadinya penarikan cek sesuai jumlah yang telah dipergunakannya.

Jurnal yang dibuat pada saat penarikan cek ke lembaga keuangan untuk mengisi saldo kas kecil adalah

Tanggal Keterangan Debit Kredit
26/02/2023Kas Kecil Rp 9.000.000
Bank BNI Rp 9.000.000

Jurnal yang dibuat pada saat pengisian kembali dana kas kecil adalah

Tanggal Keterangan Debit Kredit
26/02/2023Biaya konsumsi rapat Rp 125.000
Biaya pengiriman dokumen Rp 90.000
Biaya tenaga kerja tidak langsung Rp 50.000
Bank BNI Rp 265.000

Jurnal Kas Kecil Metode Fluktuasi

Jurnal kas kecil metode fluktuasi bertujuan agar perusahaan langsung mencatat segala pengeluaran yang telah terjadi. Bagaimanakah ciri-ciri pengelolaan dana kas kecil dengan sistem dana berfluktuasi adalah jumlah kas akan berubah-ubah, tidak perlu membuat jurnal penyesuaian dan pencatatan diselenggarakan saat terjadinya transaksi.

Apa kelebihan kas kecil sistem dana fluktuasi dibandingkan dengan kas kecil sistem dana tetap adalah staff finance dapat meminta adanya penggantian kas kecil yang telah digunakan tanpa harus menunggu akhir bulan. Apa yang terjadi jika pengelolaan yang tidak memadai atau cenderung buruk dalam kas kecil dapat mengganggu mekanisme pembayaran tagihan melalui rekening bank.

Adapun jurnal yang dibuat pada saat pembentukan dana kas kecil adalah

Tanggal Keterangan Debit Kredit
26/02/2023Kas Kecil Rp 9.000.000
Bank BNI Rp 9.000.000

Jurnal yang dibuat pada saat pengisian kembali dana kas kecil adalah

Tanggal Keterangan Debit Kredit
26/02/2023Biaya konsumsi rapat Rp 125.000
Biaya pengiriman dokumen Rp 90.000
Biaya tenaga kerja tidak langsung Rp 50.000
   Kas Kecil Rp 265.000

Baca Juga: Perbedaan Kas dan Setara Kas

Demikian contoh soal jurnal kas kecil metode imprest dan fluktuasi dalam akuntansi kas dan setara kas perusahaan. Seluruh perusahaan diharapkan mampu menterjemahkan metode pembayaran tagihan jatuh tempo dengan mempersiapkan modal kerja yang cukup agar dapat menghindari pengurangan biaya tidak langsungnya.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Jurnal Kas Kecil Metode Imprest dan Fluktuasi"