Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Rentabilitas Ekonomi dan Rentabilitas Modal Sendiri

Konten [Tampil]

Contoh soal rentabilitas ekonomi dan rentabilitas modal sendiri merupakan tindakan perusahaan dalam rangka efisien program informasi keuangan terutama sektor ekuitas. Setiap perusahaan diharapkan mampu memberikan kepastian tentang jumlah tagihan yang harus dibayarkan oleh pelanggan selama satu periodenya.

Hubungan antara rentabilitas ekonomi dan rentabilitas modal sendiri terletak pada kemampuan entitas dalam menjalankan kegiatan operasional berdasarkan aset yang dimilikinya. Bagaimana cara menghitung rasio rentabilitas bergantung pada jumlah kekayaan yang digunakan perusahaan daam memperhitungkan laba bersihnya.

Rumus rentabilitas modal sendiri dan rentabilitas ekonomis dipelajari dalam dasar-dasar pembelanjaan perusahaan. Bagi perusahaan, rentabilitas merupakan tolak ukur untuk menetapkan pekerjaan secara efisien berdasarkan jumlah modal yang dimiliki atas setoran pemegang saham dan bukan termasuk hutang jangka pendek.

Contoh Soal Rentabilitas Ekonomi dan Rentabilitas Modal Sendiri

Apa itu Rasio Rentabilitas

Pengertian rasio rentabilitas adalah ukuran bagi perusahaan dalam rangka menetapkan jumlah laba bersih dibandingkan modal yang dimilikinya selama periode berjalan baik modal sendiri atau modal asing. Tujuan analisis rentabilitas adalah mengukur efisiensi menggunakan modal dalam rangka mencari keuntungan tertentu.

Contoh soal rentabilitas ekonomi dan rentabilitas modal sendiri diperuntukkan bagi entitas yang berkembang dalam segi permodalan. Modal perusahaan didapatkan dari pinjaman pemegang saham dan laba ditahan. Laba yang diperhitungkan hanya berkaitan dengan kegiatan operasional untuk efisiensi perpajakannya.

Apa itu rasio rentabilitas adalah ukuran yang menunjukkan kualitas perolehan laba atas modal pribadi yang dimiliki perusahaan. Hubungan antara profitabilitas dan rentabilitas terletak pada modal awal yang dimiliki perusahaan dalam usaha memperoleh kerjasama bisnis sewaktu berjalannya transaksi di periode berjalan.

Baca Juga: Contoh Pertanyaan Pembagian Laba Rugi Persekutuan

Rumus Rentabilitas Ekonomi dan Rentabilitas Modal Sendiri

Rumus rentabilitas ekonomi dan rentabilitas modal sendiri adalah tindakan perusahaan dalam rangka mengelola kegiatan perpajakan untuk alokasi ekuitas pemegang saham. Cara memperbesar profit margin adalah menambah biaya usaha untuk meningkatkan peluang tambahan sales sebesar-besarnya.

Contoh soal rentabilitas modal sendiri dan rentabilitas ekonomi digunakan oleh mahasiswa dalam mengerjakan tugas akhir kuliah yaitu skripsi. Analisis rentabilitas ditujukan agar mahasiswa dapat mengukur kekuatan perusahaan dalam mencari peluang memperbesar laba bersih bagi sekutu yang terlibat.

Contoh soal analisis rentabilitas terjadi ketika CV Staff Accounting mendapatkan laba bersih sebesar Rp 900.000 dengan menggunakan modal sebesar Rp 34.000.000 dan Hutang bank sebesar Rp 12.000.000. Bagaimana cara menghitung rentabilitas ekonomi dalam dasar pembelanjaan perusahaan manufaktur?

Rentabilitas Ekonomi = Jumlah Laba / Jumlah Modal Perusahaan * 100%
Rentabilitas Ekonomi = Rp 900.000 / (Rp 34.000.000 + Rp 12.000.000) * 100%
Rentabilitas Ekonomi = 1,96%

Baca Juga: Contoh Judul Skripsi Akuntansi Keuangan dan Perpajakan

Cara Menghitung Profit Margin dan Jawabannya

Faktor-faktor yang menentukan tinggi rendahnya rentabilitas ekonomi atau earning power adalah profit margin dan turnover of operating asset. Profit margin adalah kekayaan perusahaan yang dihasilkan dari kegiatan operasional setelah dikurangi modal bersihnya. Earning power berhubungan dengan kelangsungan hidup perusahaan.

Cara Menghitung Turnover of Operating Asset

Contoh soal rentabilitas ekonomi dan rentabilitas modal sendiri dikaitkan dengan aset perusahaan yang dimiliki sendiri. Setiap perusahaan tentu memiliki setoran aktiva tetap yang diperuntukkan membantu kegiatan administrasi guna menghindari biaya sewa peralatan kantor, gedung dan bangunan permanennya.

Hubungan antara Rentabilitas dan Profitabilitas

Hubungan antara rentabilitas dan profitabilitas terletak pada prosedur pengerjaan program aplikasi akuntansi yang digunakan perusahaan. Laba bersih yang tinggi belum termasuk kekayaan perusahaan yang diaplikasikan berdasarkan kemampuan entitas dalam menyelenggarakan kegiatan perpajakan yang berlaku.

Baca Juga: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rasio Rentabilitas

Demikian contoh soal rentabilitas ekonomi dan rentabilitas modal sendiri berdasarkan laporan posisi keuangan. Laba dan rugi fiskal dipengaruhi oleh pembayaran pajak penghasilan dan pajak pertambahan nilai setiap periode guna menghindari denda dan sanksi perpajakan yang muncul.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Rentabilitas Ekonomi dan Rentabilitas Modal Sendiri"