Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Pengiriman Kas dan Barang Dagang Antar Cabang Perusahaan

Konten [Tampil]

Contoh soal pengiriman kas dan barang dagang antar cabang perusahaan merupakan langkah bagi perusahaan untuk mengelola dana permintaan pembelian produk dari pelanggan. Pelanggan menginginkan agar barang yang dipesannya cepat sampai sehingga harus membebani perhitungan harga pokok produksinya.

Hubungan kantor pusat dan kantor cabang dapat berkembang sehingga berakibat pada pertumbuhan dan pembangunan kantor cabang baru. Pemasalahan kantor cabang meliputi pengiriman kas, pengiriman barang, pengiriman barang diatas harga pokok penjualan untuk memperdagangkan tingkat keuntungan perusahaan.

Jurnal yang dibuat oleh kantor pusat dalam membuat Laporan keuangan gabungan adalah r/k kantor pusat. Akun R/K kantor pusat adalah akun sementara untuk menampung perpindahan kekayaan perusahaan kepada kantor cabang sehingga tidak mempengaruhi informasi laba rugi di periode berjalan hanya berubah komponennya.

Contoh Soal Pengiriman Kas dan Barang Dagang Antar Cabang Perusahaan

Laporan Keuangan Gabungan Kantor Pusat dan Cabang

Laporan keuangan gabungan kantor pusat dan cabang merupakan informasi kekayaan perusahaan yang harus dipertanggungjawabkan ke negara saat memperoleh nomor izin berusaha. Keseluruhan transaksi keuangan diwajibkan dilaksanakan pembukuan untuk mengurangi tingkat kekayaan perusahaan yang harus diapresiasikan.

Masalah akuntansi kantor pusat, cabang dan agen harus dicantumkan pada catatan atas laporan keuangan untuk sebagai dasar pertimbangan opini auditor. Auditor atau pihak yang memeriksan kewajaran laporan keuangan harus berpegang teguh terhadap standar audit yang berlaku untuk menghindari berkurangnya transaksi.

Laporan keuangan gabungan kantor pusat dan cabang harus diaplikasikan berdasarkan tingkat pertumbuhan perusahaan. Kekayaan perusahaan ditujukan bagi kemakmuran pemegang saham sehingga nilai perusahaan dapat bertambah. Nilai perusahaan ditunjukkan dengan banyak sedikitnya aset yang dimiliki.

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Pembubaran Firma Secara Serentak

Masalah Yang Sering Terjadi dalam Hubungan Kantor Pusat dan Cabang

Contoh soal pengiriman kas dan barang dagang antar cabang perusahaan bertujuan agar pelanggan mau melakukan pemesanan kembali produk perusahaan. Setiap perusahaan diwajibkan menjalankan seluruh transaksi keuangan untuk meminimalisir kerugian atas pengeluaran kas yang diselenggarakan.

Masalah yang sering terjadi dalam hubungan kantor pusat dan cabang harus mampu dikendalikan oleh supervisor keuangan. Direktur keuangan bertugas memecahkan masalah kekurangan kas untuk membayarkan seluruh aspek perpajakan dan hutang kepada supplier walaupun arus kas masuk kecil.

Masalah yang sering terjadi dalam hubungan kantor pusat dan cabang wajib dicantumkan pada catatan atas laporan posisi keuangan gabungan. Jurnal yang dibuat oleh kantor pusat dalam membuat Laporan keuangan gabungan adalah akun resiprokal. Akun resiprokal adalah akun yang saling hapus diantara perusahaan berafiliasi.

Baca Juga: Cara Menghitung Kompensasi Kerugian Fiskal dan Jawabannya

Contoh Soal Pengiriman Kas dan Barang Antar Cabang Perusahaan

Contoh soal pengiriman kas dan barang dagang antar cabang perusahaan berorientasi pada modal kerja. Pengertian modal kerja adalah kas yang dibutuhkan perusahaan agar mampu memastikan jumlah persediaan barang yang diinginkan pelanggan berdasarkan surat pesanan yang diterima waktu order diselenggarakan.

Contoh soal pengiriman barang antar cabang diatas harga pokok terjadi ketika CV Staff Accounting mengirimkan produk senilai Rp 93.000 dengan ongkir Rp 2.000 kepada cabang jakarta. CV Staff Accounting menerima informasi bahwa cabang semarang membutuhkan barang tersebut dan memerintahkan cabang jakarta mengirimkannya dengan ongkir Rp 4.000. Jika dikirim langsung dari kantor memerlukan ongkir Rp 5.000. Buatlah jurnal resiprokal yang diperlukan.

Jurnal Kantor Pusat dan Cabang

Mengapa kantor pusat dan kantor cabang membuat laporan keuangan gabungan sebab entitas diwajibkan melaporkan setiap aktivitas perusahaan kepada para direkturnya. Apakah kantor pusat harus mengertahui dan melaporkan semua pembukuan akuntansi kantor cabang bergantung pada objek pajak penghasilannya.

Tanggal Keterangan Debit Kredit
05/02/2023r/k Kantor Cabang Jakarta Rp 95.000
Pengiriman kantor cabang Jakarta Rp 93.000
Kas Rp 2.000
06/02/2023Pengiriman kantor cabang Jakarta Rp 93.000
Pengiriman kantor cabang Semarang Rp 93.000
12/02/2023R/K kantor cabang Semarang Rp 97.000
Selisih biaya ongkir Rp 1.000
r/k Kantor Cabang Jakarta Rp 98.000

Baca Juga: Karakteristik Persekutuan atau Partnership

Demikian contoh soal pengiriman kas dan barang dagang antar cabang perusahaan dalam masalah akuntansi keuangan lanjutan. Setiap perusahana diharapkan mampu membayarkan pajak penghasilan dalam jangka waktu yang ditetapkan guna menghindari pemeriksaan pajak oleh kantor pelayanan pajak setempat.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Pengiriman Kas dan Barang Dagang Antar Cabang Perusahaan"