Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Kasus Revaluasi Aset Tetap dan Jurnal Pencatatannya

Konten [Tampil]

Contoh kasus revaluasi aset tetap dan jurnal pencatatannya merupakan metode perusahaan dalam melakukan penaksiran umur manfaat dan biaya penyusutan aktiva yang dimilikinya. Persamaan dasar akuntansi adalah dasar bagi staff akuntan dan staff pajak untuk menilai kinerja keuangan selama beberapa periode.

Keuntungan dan kerugian perusahaan yang melakukan revaluasi harus dipertimbangkan para pemegang saham sebelum membuat keputusan investasi. Setiap perusahaan tentu mengharapkan keuntungan dari aktivitas produksi agar modal kerja dapat kembali. Dividen adalah imbal balik atas investasi yang dilakukan investor.

Contoh soal jurnal pencatatan revaluasi aktiva tetap di perusahaan bertujuan agar menstabilkan nilai aktiva berdasarkan nilai wajar di laporan keuangan. Neraca saldo adalah informasi perihal total sumber daya keuangan yang ada di perusahaan per periodenya guna menilai kemampuan perusahaannya.

Contoh Kasus Revaluasi Aset Tetap dan Jurnal Pencatatannya

Apa itu Revaluasi Aset Tetap?

Pengertian revaluasi aset tetap menurut para ahli adalah prosedur mengembalikan nilai buku yang telah dicatat agar menyesuaikan nilai wajar pada saat transaksi. Nilai wajar adalah harga aset yang dimiliki perusahaan untuk menyelenggarakan kegiatan pencatatan sesuai arah dan perkembangan bisnis dimasa depan.

Kasus revaluasi aktiva tetap di indonesia akan terjadi saat entitas menyelenggarakan kegiatan bisnis. Bisnis adalah aktivitas perusahaan mengembangkan modal ditanam dan modal disetor agar dapat menaikkan nilai sahamnya. Laba per lembar saham diharapkan mampu mengembalikan investasi yang dilakukannya.

Apa itu revaluasi aktiva tetap? Pengertian revaluasi aset tetap adalah langkah perusahaan mempertimbangkan nilai wajar sebagai dasar pembuatan laporan posisi keuangan. Tujuan pembuatan neraca saldo adalah memperlihatkan sumber daya modal dan investasi yang telah diselenggarakan berdasarkan rapat umum pemegang saham.

Baca Juga: Cara Menghitung Rasio Likuiditas dan Jawabannya

Kapan Revaluasi Aktiva Tetap Dilakukan Perusahaan

Kapan revaluasi aktiva tetap dilakukan perusahaan yaitu saat adanya upaya entitas go publik. Go publik artinya perusahaan akan menerima investasi kas dan setara kas dari masyarakat umum. Masyarakat dapat membeli saham biasa untuk mengusai perusahaan sesuai tingkat pemilikannya.

Mengapa revaluasi aset tetap dapat membawa keuntungan bagi perusahaan yang ingin merger atau konsolidasi sebab entitas akan menyelaraskan program laporan keuangan. Revaluasi biasa dilakukan saat entitas akan menambah modal dengan prosedur penerbitan saham, restrukturisasi modal, reorganisasi dan akuisisi saham.

Contoh soal revaluasi aset tetap dan jurnal pencatatannya menjadikan entitas bertanggungjawab penuh terhadap prosedur konsolidasi. Kekayaan yang diatribusikan menyesuaikan tingkatan informasi perpajakannya. Keseluruhan kas dan setara kas harus diakui sesuai prosedur kekayaan yang dimilikinya.

Baca Juga: Contoh Soal Rentabilitas Ekonomi dan Modal Sendiri

Contoh Soal dan Jawaban Revaluasi Aktiva Tetap Menurut Perpajakan

Contoh soal dan jawaban revaluasi aset tetap menurut perpajakan telah terjadi ketika CV Staff Accounting membeli sepeda motor senilai Rp 20.000.000. Sepeda motor termasuk aktiva tetap kategori ke dua sehingga akan disusutkan selama 8 tahun. Pada akhir tahun pertama, cv staff accounting akan melakukan prosedur go public sehingga sepeda motor dinilai ulang sebesar Rp 18.000.000.

Bagaimana cara menghitung biaya penyusutan metode garis lurus dan surplus revaluasi yang dihasilkan serta perhitungan pph pasal 4 ayat 2 yang muncul.

Jurnal Penyusutan Aktiva Metode Garis Lurus

Penyusutan atau disebut depresiasi dalam aktiva tetap, amortisasi dalam aktiva tak berwujud dan deplesi dalam aset sumber daya alam merupakan sistematika yang dibentuk agar biaya investasi dapat digunakan selama umur manfaatnya. Umur manfaat adalah perkiraan usia pemakaian aset untuk menghasilkan produk optimal.

Jurnal penyusutan metode garis lurus diperlukan agar entitas dapat menentukan biaya perolehan aset seluruh kekayaan yang dimilikinya. Mengapa revaluasi aset dapat membawa keuntungan bagi perusahaan yang ingin merger sebab dapat menaikkan harga perolehan aset berdasarkan nilai wajar pada saat transaksi.

TanggalKeteranganDebitKredit
13/03/2023Biaya Depresiasi Aktiva Tetap Rp 2.500.000
Akumulasi Depresiasi Aktiva Tetap Rp 2.500.000

Jurnal Revaluasi Aset Tetap Menurut Pajak

Jurnal revaluasi aset tetap menurut pajak harus dibentuk menyesuaikan pertimbangan kekayaan perusahaan. Standar akuntansi keuangan tidak memperbolehkan aset dinilai ulang sebab akan memunculkan aktiva dan liabilitas pajak tangguhan. Pelaporan spt masa dan tahunan disesuaikan kebutuhan wajib pajak.

TanggalKeteranganDebitKredit
18/03/2023 Akumulasi Depresiasi Aktiva Tetap Rp 2.500.000
Biaya Revaluasi Rp 50.000
Bangunan Rp 2.000.000
Surplus Revaluasi Rp 500.000
Hutang PPh Pasal 4 Ayat 2 Rp 50.000

Baca Juga: Contoh Soal Analisis Umur Piutang Tak Tertagih

Demikian contoh kasus revaluasi aset tetap dan jurnal pencatatannya dalam materi akuntansi perpajakan. Setiap wajib pajak orang pribadi dan badan usaha wajib menyelenggarakan kegiatan pencatatan agar dapat menyesuaikan ketentuan yang berlaku guna menghindari pemeriksaan yang terjadi.

Posting Komentar untuk "Contoh Kasus Revaluasi Aset Tetap dan Jurnal Pencatatannya"