Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Jurnal Penerbitan dan Pelunasan Wesel Bayar Tanpa Bunga

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal penerbitan dan pelunasan wesel bayar tanpa bunga adalah tindakan utama perusahaan agar menjaga hubungan baik dengan supplier atau customer. Setiap perusahaan tentu memiliki kegiatan pencatatan transaksi utang piutang agar memudahkan proses melihat arus kas yang akan datang dikemudian harinya.

Contoh soal wesel bayar dan wesel tagih dalam akuntansi hendaknya menyesuaikan ketentuan umum perpajakan. Setiap penghasilan yang didapatkan oleh wajib pajak terutang pajak penghasilan. Obligasi termasuk objek pajak final yang dikenakan tarif 20% sesuai nilai bunga yang diterima saat pelunasan tagihan.

Cara menghitung bunga wesel bayar dan wesel tagih perlu menentukan tingkatan bisnisnya. Bisnis adalah peluang perusahaan memperoleh penghasilan kena pajak. Tujuan berbisnis adalah menjalin pertemanan dengan perusahaan lain sehingga bertambah relasi dan dapat meningkatkan hutang dagang per periodenya.

Contoh Soal Jurnal Penerbitan dan Pelunasan Wesel Bayar Tanpa Bunga

Apa itu Jurnal Penerbitan dan Pelunasan Wesel Bayar

Pengertian jurnal penerbitan wesel bayar adalah jurnal pencatatan transaksi atas pengurangan pajak pertambahan nilai. Penerbitan wesel bayar didasarkan pada nilai tunai yang didapatkan saat pengajuan pinjaman. Time value of money akan berguna untuk menentukan nilai uang sekarang daripada uang dimasa depan.

Pengertian jurnal pelunasan wesel bayar adalah jurnal mencatat arus kas yang digunakan untuk melunasi seluruh hutang yang dipinjam perusahaan. Peminjaman dana perusahaan berakibat pada bertambahnya biaya bunga per periode. Modal kerja perusahaan berasal dari pinjaman atau modal saham yang disetorkan investor.

Apa itu jurnal penerbitan dan jurnal pelunasan wesel bayar harus dicatat agar entitas tau kapan harus mempersiapkan arus kas investasi. Arus kas operasional adalah kas yang diperlukan agar perusahaan tetap dapat berdiri dan melangsungkan kegiatan usahanya tanpa mengalami kendala pembayaran tagihan tertentu.

Baca Juga: Cara Menghindari Kekurangan Arus Kas untuk Pembayaran Tagihan

Contoh Soal Jurnal Penerbitan Wesel Bayar dan Jurnal Pelunasan Wesel Tagih

Contoh soal jurnal penerbitan wesel bayar dan jurnal pelunasan wesel tagih bertujuan agar setiap perkembangan perusahaan dapat diorientasikan pada penambahan kekayaan. Pendapatan adalah segala peningkatan sumber daya keuangan yang berasal dari pinjaman ataupun setoran dari pemegang saham.

Perbedaan wesel tagih dan wesel bayar adalah entitas harus menentukan pihak yang menerima bunga pinjaman. Bunga pinjaman termasuk objek pajak penghasilan final. Bukti pemotongan pph pasal 21 dan 23 harus disetorkan agar lawan transaksi dapat melakukan kredit pajak saat melaporkan spt tahunan badan usaha.

Contoh soal jurnal penerbitan wesel bayar terjadi ketika CV Staff Accounting menerima pinjaman jangka pendek senilai Rp 53.000.000 selama 7 tahun. Pada tanggal penerbitan wesel, CV Staff Accounting hanya menerima uang tunai senilai Rp 50.000.000. Bagaimana cara menghitung beban bunga per tahunnya?

Baca Juga: Penyebab Kegagalan Pembayaran Hutang Perusahaan

Contoh Perhitungan Bunga Wesel Bayar dan Tagih

Contoh perhitungan bunga wesel bayar dan wesel tagih didasarkan pada tanggal terjadinya transaksi. Surat berharga adalah surat yang memiliki nilai piutang utang sesuai jangka waktu penerbitan. Hutang adalah kondisi perusahaan meminta pihak ketiga menyediakan dana sesuai yang dibutuhkan entitas.

KeteranganJumlah
Nilai Nominal Wesel Tanpa Bunga Rp 53.000.000
Nilai tunai wesel Rp 50.000.000
Bunga per 7 tahun Rp 3.000.000
Bunga per tahun Rp 428.571

Contoh Jurnal Penerbitan Wesel dalam Akuntansi

Contoh jurnal penerbitan wesel dalam akuntansi bermanfaat bagi entitas dalam rangka mengaplikasikan setiap kegiatan penjualan, pembelian dan persediaan. Setiap penjualan akan menghasilkan kinerja keuangan yang meningkat. Pembelian akan mengurangi seluruh hasil penjualan sebagai harga pokok produksi.

Tanggal Keterangan Debit Kredit
25/03/2023Kas Rp 5.000.000
Diskonto Utang Wesel Rp 48.000.000
Wesel Bayar Rp 53.000.000
(Jurnal mencatat penerimaan kas dari utang wesel)

Contoh Jurnal Pembayaran Bunga Wesel Per Bulan dan Tahun

Pembayaran bunga wesel bertujuan meringankan pihak perusahaan saat membayarkan pokok hutangnya. Jika perusahaan mengalami kebangkrutan saat meminjam hutang, maka lawan transaksi sebaiknya menggunakan metode cadangan kerugian piutang untuk meminimalisir kerugian bisnis.

Tanggal Keterangan Debit Kredit
24/03/2024Beban bunga wesel Rp 6.857.143
Diskonto Utang Wesel Rp 6.857.143
(Jurnal mencatat biaya bunga wesel)

Baca Juga: Contoh Soal Biaya Riset dan Pengembangan Produk

Demikian contoh soal jurnal penerbitan dan pelunasan wesel bayar tanpa bunga sesuai standar akuntansi keuangan. Setiap kekayaan perusahaan akan mendatangkan informasi yang diperlukan untuk pekerjaan bisnis. Setiap bisnis ditujukan mendatangkan keuntungan sesuai target yang ditetapkan pemerintah.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Jurnal Penerbitan dan Pelunasan Wesel Bayar Tanpa Bunga"