Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Pelunasan Piutang yang Sudah Dihapus dan Jurnal Pencatatannya

Konten [Tampil]

Contoh soal pelunasan piutang yang sudah dihapus dan jurnal pencatatannya merupakan prosedur sistem informasi penerimaan kas dari tagihan yang sudah dihapuskan. Metode penghapusan piutang tak tertagih harus disetujui oleh pejabat perusahaan yang berwenang sebab terdapat indikasi adanya pengurangan nilai tagihannya.

Jurnal penerimaan kembali piutang yang sudah dihapus berdampak pada kenaikan sumber daya modal perusahaan. Ekuitas adalah segala sesuatu yang diserahkan pemegang saham kepada perusahaan dalam bentuk kas, aktiva lancar dan aktiva tetap sesuai perkembangan periodenya. Kecermatan informasi ditujukan sesuai aturan perpajakannya.

Contoh kasus piutang tak tertagih dan jawabannya memberikan bantuan bagi perusahaan dalam menganalisis kemampuan pembayaran nasabah. Kredit score adalah penilaian yang dibuat otoritas jasa keuangan dalam prosedur pembayaran cicilan yang disetujui dan diawasi sesuai akta kerjasama yang ditandatangani.

Contoh Soal Pelunasan Piutang yang Sudah Dihapus dan Jurnal Pencatatannya

Apa itu Metode Penghapusan Piutang Tak Tertagih

Pengertian penghapusan piutang tak tertagih adalah cara yang ditempuh perusahaan untuk mendatangkan kondisi keuangan sesuai pertimbangan bisnis yang dijalaninya. Ketepatan alokasi kas dan setara kas ditujukan agar modal kerja yang dimiliki perusahaan dapat dipertahankan sesuai kondisi permintaan pasar.

Contoh soal pelunasan piutang yang sudah dihapus dan jurnal pencatatannya merupakan sistem pengendalian internal atas pemberian penjualan kredit. Penjualan kredit dan penjualan tunai adalah metode promosi yang diberikan kepada pelanggan agar mendatangkan pesanan sesuai barang yang diinginkannya.

Bagaimana cara menghapus piutang tak tertagih tentu memerlukan dokumen berupa surat putusan pengadilan. Internal control kas dan setara kas diperlukan sebagai dasar pertimbangan pemakaian arus kas perusahaan sesuai perkembangan bisnisnya. Modal kerja adalah segala hal yang dibutuhkan entitas untuk mendatangkan bahan baku dan bahan kemas.

Baca Juga: Cara Menghitung Likuidasi Persekutuan dengan Program Kas

Contoh Soal Pelunasan Piutang Yang Sudah Dihapus dan Jurnal Pencatatannya

Contoh soal pelunasan piutang yang sudah dihapus dan jurnal pencatatannya adalah metode yang ditempuh perusahaan dalam mencari upaya mendatangkan arus kas atas barang yang telah diperdagangkan. Kesiapan perusahaan membayarkan tagihan ditujukan agar pelanggan memperoleh barang tepat waktu.

Piutang tak tertagih artinya seluruh tagihan yang dipastikan tidak dapat mendatangkan keuntungan bagi perusahaan. Bisnis adalah rangkaian acara yang dilalui perusahaan agar mendatangkan kesepakatan dengan lawan transaksi. Cara mencari supplier barang yang murah dan berkualitas adalah tanggungjawab bagian pengadaan.

Contoh soal pelunasan piutang yang sudah dihapus dan jurnal pencatatannya terjadi ketika CV Staff Accounting menerima surat pesanan penjualan kredit senilai Rp 67.000.000. Termin pembayaran yang disepakati adalah 2/10 n/30. Bagaimana cara membuat jurnal penjualan kredit, jurnal penghapusan piutang yang tidak mampu dibayarkan oleh nasabah?

Baca Juga: Contoh Soal PPN Masukan dan PPN Keluaran

Jurnal Penjualan Kredit

Penjualan kredit berasal dari transaksi perusahaan memberikan barang kepada pelanggan terlebih dahulu sebelum penerimaan barang. Jurnal penerimaan kembali piutang yang sudah dihapus berhubungan dengan adanya kesiapan perusahaan menyelenggarakan pencatatan secara independen.

Adapun jurnal mencatat penjualan kredit adalah

Tanggal Keterangan DebitKredit
10/03/2023 Piutang Dagang Rp 74.370.000
Penjualan Rp 67.000.000
PPN Keluaran Rp 7.370.000

Jurnal Penghapusan Piutang Tak Tertagih

Jurnal penghapusan piutang tak tertagih merupakan dasar bagi staff accounting dan staff pajak dalam upaya membayarkan pajak pertambahan nilai. Penghapusan piutang berakibat terhadap penurunan jumlah arus kas yang datang dari penjualan. Jika pelanggan tidak membayarkan barang dalam termin pembayaran mengakibatkan penurunan performa perusahaan.

Tanggal Keterangan DebitKredit
11/05/2023 Beban Kerugian Piutang Rp 74.370.000
Piutang Dagang Rp 74.370.000

Jurnal Pelunasan Piutang yang Sudah Dihapus

Contoh soal pelunasan piutang yang sudah dihapus dan jurnal pencatatannya berkaitan dengan informasi pembayaran tagihan yang jatuh tempo. Kesempatan pembayaran tagihan dikaitkan dengan peluang membayarkan invoice kepada supplier. Setiap supplier menginginkan agar barang dibayarkan sesuai terminnya.

Adapun jurnal pelunasan kembali piutang yang sudah dihapus sebagai berikut

Tanggal Keterangan DebitKredit
09/08/2023 Piutang Dagang Rp 74.370.000
Beban Kerugian Piutang Rp 74.370.000
(Jurnal pembalik penghapusan piutang)
Kas Rp 74.370.000
Piutang Dagang Rp 74.370.000
(jurnal pelunasan tagihan)

Baca Juga: Perbedaan Piutang Dagang dan Piutang Karyawan

Demikian contoh soal pelunasan piutang yang sudah dihapus dan jurnal pencatatannya dalam upaya mencari kesempatan berbisnis. Pajak pertambahan nilai dan total nilai penjualan adalah tagihan yang harus diminta kepada pelanggan saat perusahaan berstatus sebagai pengusaha kena pajak ditahun berjalan.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Pelunasan Piutang yang Sudah Dihapus dan Jurnal Pencatatannya"