Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Akuntansi Leasing dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal akuntansi leasing dan jawabannya merupakan tindakan perusahaan dalam rangka mengaplikasikan setiap perkembangan bisnis syariah. Sewa guna usaha atau leasing terdiri dari capital lease dan finance lease yang berperan dalam membantu kegiatan pembelian aktiva tetap untuk produksi barang jadi.

Contoh kasus sewa guna usaha (leasing) adalah materi akuntansi keuangan menengah dimana mahasiswa diharapkan mampu membedakan antara capital lease dan finance lease. Mengapa perjanjian leasing saat ini banyak dipilih oleh masyarakat untuk mendapatkan barang barang modal sebab masyarakat tidak mengeluarkan uang lebih banyak.

Contoh soal finance lease atau capital lease adalah aktivitas perusahaan menyewa aset milik pihak ketiga dimana setelah terjadi pelunasan biaya sewa maka aset akan menjadi hak miliknya. Klasifikasi sewa dalam laporan posisi keuangan berakibat pada performa arus kas perusahaan untuk pembayaran tagihan jatuh tempo.

Contoh Soal Akuntansi Leasing dan Jawabannya

Apa itu Finance Lease atau Capital Lease dalam Sewa Guna Usaha

Apa itu finance lease atau capital lease dalam sewa guna usaha adalah aktivitas perusahaan dalam rangka menjalankan segala macam tindakan untuk memperoleh bantuan dana dari pihak ketiga. Leasing, hutang bank dan lembaga keuangan lainnya diperlukan agar passiva atau sumber daya modal perusahaan dapat bertambah.

Contoh soal akuntansi leasing dan jawabannya mewajibkan entitas memperkuat segi permodalan perusahaan. Modal kerja adalah modal yang diperlukan perusahaan dalam rangka mengaplikasikan setiap transaksi keuangannya. Leasing dalam akuntansi syariah dikenal dengan akad ijarah muntahita bittamlik.

Pengertian finance lease adalah akad sewa guna usaha dimana akan terjadi perpindahan hak milik barang segera setelah biaya sewa dilunasi oleh lessor. Pihak yang terlibat dalam kegiatan leasing adalah lessee dan lessor. Manajemen keuangan perusahaan harus mampu menterjemahkan keinginan perusahaan.

Baca Juga: Contoh Pertanyaan Akuntansi Kantor Pusat dan Cabang

Penyebab Terjadinya Permasalahan Sewa Guna Usaha atau Leasing

Contoh soal akuntansi leasing dan jawabannya mewajibkan entitas menggunakan metode suku bunga efektif. Obligasi, promise dan wesel tagih merupakan surat berharga yang dimiliki perusahaan untuk memperoleh arus kas pasti dimasa depan. Apa bentuk resiko yang dihadapi para pihal dalam leasing adalah kesejahteraan karyawan.

Penyebab terjadinya pemasalah sewa guna usaha atau leasing adalah penyewa tidak mempertimbangkan arus kas dimasa depan. Lessor atau pemberi sewa tentu akan melihat credit score penyewa berdasarkan rating bank indonesia. Semakin cepat penyewa membayarkan tagihan maka credit score akan bertambah.

Apa yang membuat perusahaan lebih memilih menggunakan leasing daripada membeli langsung adalah tidak memerlukan arus kas investasi. Mengapa perjanjian leasing saat ini banyak dipilih oleh masyarakat untuk mendapatkan barang barang modal sebab mengikuti trend hutang piutang yang sudah terjadi dimasyarakat.

Baca Juga: Cara Menghitung Deplesi Sumber Daya Alam

Contoh Soal Akuntansi Sewa Guna Usaha dan Jawabannya

Contoh soal akuntansi sewa guna usaha dan jawabannya merupakan dasar bagi entitas menetapkan nilai sewa. Mengapa leasing banyak diminati masyarakat sebab dapat membantu perekonomian perusahaan. Paylater adalah metode pembayaran dimana pelanggan tidak perlu mempersiapkan dana tetapi dapat membayar sesuai periodenya.

Contoh Soal Finance Lease dan Capital Lease

Contoh soal finance lease dan capital lease terjadi ketika CV Staff Accounting terjadi ketika perusahaan menandatangani kontrak sebesar Rp 90.000.000 untuk membeli kendaraan. Kapan leasing dianggap sebagai capital lease jika lessee tidak memperoleh hak milik diakhir periode. Jurnal yang dibuat pada saat pemberian aset tetap adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
03/04/2023Aktiva Tetap Rp 90.000.000
PPN Masukan Rp 9.900.000
Hutang Leasing Rp 99.900.000

Kapan leasing dianggap sebagai finance lease adalah saat entitas mendapatkan kepastian adanya peralihan hak milik diakhir periode. Aktiva tetap akan menjadi milik perusahaan sehingga penyewa harus melakukan penyusutan aset tetap menggunakan metode garis lurus. Adapun jurnal penyusutan aset leasing yang dibuat adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
03/04/2023Beban Penyusutan Aktiva Tetap Rp 11.250.000
Akumulasi Penyusutan Aktiva Tetap Rp 11.250.000

Baca Juga: Contoh Kasus Jurnal Khusus dan Pembahasannya

Demikian contoh soal akuntansi leasing dan jawabannya dalam materi pembiayaan perusahaan. Siapa saja pihak pihak yang terlibat dalam proses leasing dan jelaskan peranannya masing masing adalah lessee, lessor dan supplier aktiva tetap yang ditunjuk oleh penyewa sesuai aset tetap yang diinginkannya.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Akuntansi Leasing dan Jawabannya"