Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghitung Biaya Deplesi dan Akumulasi Deplesi Sumber Daya Alam

Konten [Tampil]

Cara menghitung biaya deplesi dan akumulasi deplesi sumber daya alam merupakan kebijakan perusahaan dalam prosedur perhitungan harga pokok produksi. HPP dan biaya penyusutan menjadi beban rutin yang harus dikeluarkan perusahaan ketika mempergunakan aktiva tetap berwujud dan aset tetap tak berwujud di periode tersebut.

Contoh soal deplesi sumber daya alam bertujuan agar investasi yang dikeluarkan dapat dialokasikan secara jelas. Perusahaan pertambangan adalah subjek pajak penghasilan pasal 22 yang menciptakan penghasilan dari kegiatan penjualan mineral seperti emas, tambang, batubara dan sumber daya alam lainnya.

Deplesi, amortisasi dan depresiasi merupakan metode penyusutan aktiva tetap yang didapatkan perusahaan saat mengaplikasikan setiap kekayaannya. Laporan laba rugi komprehensif merupakan informasi kinerja keuangan selama satu periode yang disesuaikan kebutuhan pemegang saham satu tahunnya.

Cara Menghitung Biaya Deplesi dan Akumulasi Deplesi Sumber Daya Alam

Apa itu Deplesi Sumber Daya Alam dan Penyebabnya

Pengertian deplesi sumber daya alam merupakan tindakan perusahaan dalam rangka mengalokasikan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui ke dalam sistem informasi akuntansi. Setiap biaya yang telah dikorbankan perusahaan harus dapat diaplikasikan menyesuaikan kebutuhan taktis yang dirasakan manfaatnya.

Cara menghitung biaya deplesi dan akumulasi deplesi sumber daya alam ditujukan bagi lawan transaksi yang ingin mengerjakan tingkat pertumbuhannya. Salah satu metode penyusutan aktiva tetap berwujud dan aset tetap tak berwujud dapat dijadikan pedoman bagi perusahaan dalam menentukan harga pokok produksi.

Penyebab terjadinya deplesi sumber daya alam adalah adanya sifat alamiah yang dialami oleh material bahan baku. Perbedaan deplesi dan depresiasi dalam akuntansi keuangan menengah adalah kebijakan fiskal yang ditujukan agar pembayaran pajak penghasilan badan usaha dapat diminimalisir sesuai estimasinya

Baca Juga: Contoh Soal Jurnal Kas Kecil Metode Imprest dan Fluktuasi

Contoh Soal Deplesi, Amortisasi dan Depresiasi dalam Akuntansi Keuangan

Contoh soal deplesi, amortisasi dan depresiasi dalam akuntansi keuangan merupakan program yang dibuat perusahaan dalam rangka mengapresiasi setiap karyawan yang bertugas. Karyawan bekerja dengan tujuan mencari gaji dan tunjangan yang didapatkannya sesuai skill dan pengalaman yang dimiliki.

Cara menghitung biaya deplesi dan akumulasi deplesi sumber daya alam dapat menggunakan metode unit produksi. Metode unit produksi adalah sistem yang diperlakukan sebagai dasar pengenaan informasi pemotongan pajak pertambahan nilai dan pajak penghasilan melalui bukti potong yang telah dibuat.

Contoh soal deplesi sumber daya alam terjadi ketika CV Staff Accounting menginvestasikan dana senilai Rp 80.000.000 untuk menciptakan 60.000 ton batubara. Ditahun pertama, CV Staff Accounting memperoleh batubara senilai 7.000 ton. Berapakah nilai deplesi dan akumulasi deplesi ditahun berjalan tersebut?

Baca Juga: Contoh Kasus Revaluasi Aktiva Tetap dan Jawabannya

Cara Menghitung Biaya Deplesi dan Akumulasi Deplesi

Cara menghitung biaya deplesi dan akumulasi deplesi merupakan aktivitas yang diselenggarakan perusahaan setiap periode. Tujuan investasi jangka panjang adalah memperoleh imbal balik sesuai nilai pengorbanan yang telah dilakukan perusahaan. Tujuan penyusutan adalah memaksimalkan potensi biaya tetap yang dapat dibebankan ke laporan laba rugi.

Perbedaan antara deplesi dan depresiasi terletak pada metode penyusutan yang digunakan. Deplesi hanya mengenal metode unit produksi. Metode unit produksi adalah perhitungan biaya penyusutan yang didasarkan pada estimasi material tambang yang akan didapatkan perusahaan berdasarkan pengalamannya.

Rumus Deplesi = Rp 80.000.000 : 60.000 ton = Rp 1.333
Rumus Deplesi Per Tahun = Rp 1.333 x 7.000 ton = Rp 9.333.333

Cara Mencatat Biaya Deplesi per Periode

Cara mencatat biaya deplesi per periode hanya dapat dilakukan sekali per tahunnya. Departemen sumber daya manusia diharapkan mampu memberikan kebebasan bagi karyawan untuk meningkatkan gaji dan tunjangan yang dimilikinya. Adapun langkah-langkah input biaya deplesi melalui jurnal umum di accurate adalah

Tanggal Keterangan DebitKredit
21/03/2023 Beban Deplesi Rp 9.333.333
Akumulasi Deplesi Rp 9.333.333

Baca Juga: Contoh Jurnal Penjualan Aktiva Tetap dalam Akuntansi Perpajakan

Demikian cara menghitung biaya deplesi dan akumulasi deplesi sumber daya alam dalam akuntansi keuangan menengah. Masalah yang sering terjadi dalam menghitung deplesi adalah kekayaan perusahaan yang menghilang sebagai akibat investasi jangka panjang dan belum memperoleh imbal baliknya.

Posting Komentar untuk "Cara Menghitung Biaya Deplesi dan Akumulasi Deplesi Sumber Daya Alam"