Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal dan Jawaban Pengakuan Pendapatan dalam Akuntansi

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban pengakuan pendapatan dalam akuntansi keuangan merupakan pedoman bagi entitas dalam rangka menciptakan program informasi akuntansi. Sistem informasi diperlukan sebagai dasar perusahaan membuat alur dokumentasi atas setiap transaksi yang berjalan yang disesuaikan dengan keinginannya.

Bagaimana pengakuan pendapatan untuk penjualan konsinyasi, penjualan tunai, penjualan kredit dan penjualan menggunakan agen harus menyesuaikan ketentuan umum perpajakan. Setiap penghasilan yang diterima perusahahhan merupakan objek pajak penghasilan terutama pajak pertambahan nilai setiap periodenya.

Pertanyaan tentang pengakuan pendapatan ditujukan agar entitas mendapatkan kesejahteraan bagi para pemegang sahamnya. Bagaimana cara mengatasi penyimpangan penjualan pada pengakuan pendapatan dalam akuntansi diperlukan agar tidak terjadi pemeriksaan oleh kantor pelayanan pajak setempat.

Contoh Soal dan Jawaban Pengakuan Pendapatan dalam Akuntansi

Apa Syarat Yang Harus Dipenuhi untuk Dapat Diakui Sebagai Pendapatan

Contoh soal dan jawaban pengakuan pendapatan dalam akuntansi diutamakan sebab transaksi pertama setelah terjadi proses produksi adalah menjual barang dan jasa. Analisis umur hidup produk atau product life cycle bertujuan agar setiap perkembangan perusahaan dalam mempertahankan rasio penjualan barang dan jasanya.

Apa syarat yang harus dipenuhi untuk dapat diakui sebagai pendapatan adalah entitas harus dapat memperhitungkan total penghasilan dari pelanggan secara handal. Perusahaan tidak diperkenankan mengakui penjualan barang dan jasa apabila tidak mengirimkan barang atau memberikan jasa yang diinginkan pelanggannya.

Apa syarat yang harus dipenuhi untuk dapat diakui sebagai pendapatan adalah dapat direalisasikan menjadi arus kas. Arus kas adalah informasi keuangan yang mengharuskan setiap perusahaan memberikan rekening bank atau kas kecil sebagai metode penerimaan pembayaran dari customer per transaksinya.

Baca Juga: Contoh Soal Analisis Umur Piutang Tak Tertagih

Kapan Suatu Pendapatan Harus Diakui atau Diukur

Kapan suatu pendapatan harus diakui atau diukur yakni pada saat entitas memberikan barang dan jasa kepada pelanggan. Penghasilan berasal dari aktivitas perusahaan bertransaksi dengan pihak ketiga yang memberikan penjualan barang, penjualan jasa, pemakaian aktiva tetap selama jangka waktu tertentu.

Contoh soal dan jawaban pengakuan pendapatan dalam akuntansi telah diatur dalam materi teori akuntansi. Pengertian pendapatan menurut para ahli adalah imbal balik atas barang dan jasa yang telah diberikan kepada pelanggan yang dapat menambah kekayaan di perusahaan untuk pelaporan spt tahunannya.

Kapan suatu pendapatan harus diakui atau diukur adalah pada saat mendapatkan kepastian pengiriman barang atau arus kas masuk ke rekening perusahaan. Apa karakteristik yang harus dipenuhi sehingga suatu jumlah dapat disebut sebagai pendapatan adalah prinsip dasar akuntansi yang harus dijalankan perusahaan.

Baca Juga: Cara Menghitung Koreksi Fiskal Positif dan Negatif

Contoh Soal dan Jawaban Pengakuan Pendapatan dalam Teori Akuntansi

Pertanyaan tentang pengakuan pendapatan dapat terjadi dalam rangka mengalokasikan setiap pertumbuhan perusahaan. Metode pengakuan pendapatan terdiri dari metode persentase penyelesaian dan metode kontrak selesai. Perusahaan dapat menetapkan kebijakan akuntansi perihal transaksi penghasilan tersebut.

Apa yang terjadi jika perusahaan mengakui pendapatan sebelum kepastian terealisasi yang wajar adalah meningkatkan laba perusahaan sehingga pajak penghasilan harus dibayarkannya. Cara mengatasi penyimpangan penjualan adalah mengurangi ketidakpastian rencana pengiriman barang dan pemberian jasa kepada pelanggan.

Contoh soal dan jawaban pengakuan pendapatan dalam teori akuntansi terjadi ketika CV Staff Accouting menerima wesel tagih senilai Rp 24.000.000 dengan bunga 7% per tahun. Wesel tagih akan dibayarkan oleh pelanggan 3 bulan setelah penerbitannya. Berapakah pendapatan bunga wesel yang diterima oleh CV Staff Accounting?

Cara Menghitung Pendapatan dalam Akuntansi = Rp 24.000.000*7%*3/12
Cara Menghitung Pendapatan dalam Akuntansi = Rp 420.000

Baca Juga: Contoh Soal Jurnal Saham Biasa dan Preferen

Demikian contoh soal dan jawaban pengakuan pendapatan dalam akuntansi. Setiap perusahaan berusaha agar pendapatan yang diterimanya dapat bertambah sesuai sistem informasi akuntansinya. Pendapatan diakui menurut PSAK nomor 23 pada saat dialihkannya hak manfaat dan hak milik kepada pelanggan.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal dan Jawaban Pengakuan Pendapatan dalam Akuntansi"