Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Operating Lease dan Finance Lease dalam Akuntansi Keuangan

Konten [Tampil]

Contoh soal operating lease dan finance lease dalam akuntansi keuangan menengah merupakan dasar bagi setiap staff finance dalam rangka mengalokasikan arus kas operasi. Setiap pemakaian aktiva tetap milik pihak ketiga akan dikenakan biaya sewa sesuai nilai perjanjian kerjasam. Kontrak kontruksi dapat mengakui pendapatan secara proporsional.

Contoh soal leasing akuntansi keuangan menengah terdiri dari operating lease dan finance lease. Mengapa dalam financial leasing perjanjian tidak dapat dihentikan oleh para pihak sebab salah satu pihak telah membayarkan uang muka perjanjian kerjasama. Kelebihan dan manfaat sewa guna usaha harus dipelajari terlebih dahulu.

Prosedur akuntansi sewa guna usaha telah diatur dalam PSAK 73. Leasing dalam akad bisnis syariah disebut dengan akad ijarah. Biaya sewa dan aktiva yang disewakan menjadi objek pajak sehingga harus dilaporkan dalam neraca saldo. Hambatan saat melakukan leasing adalah credit score pelanggan terlalu rendah.

Contoh Soal Operating Lease dan Finance Lease dalam Akuntansi Keuangan

Masalah-Masalah Yang Muncul Saat Perjanjian Leasing

Apa yang menjadi hambatan hambatan yang biasa timbul dalam perjanjian leasing adalah penetapan waktu kerjasama bisnis, masalah wanprestasi dan bencana alam. Leasing adalah tindakan perusahaan menyewa aktiva tetap milik pihak ketiga untuk dipergunakan sesuai kebutuhan dan efisiensi pemakaiannya.

Contoh soal operating lease dan finance lease dalam akuntansi keuangan bertujuan agar setiap proses pembayaran sewa dapat disetujui direktur keuangan. Apa yang menjadi hambatan hambatan yang biasa timbul dalam perjanjian leasing adalah pelaksanaan kegiatan pembayaran yang disesuaikan kebutuhan arus kas.

Masalah-masalah yang muncul saat perjanjian leasing dapat diterjemahkan ke dalam akta pendirian perusahaan. Kegiatan sewa menyewa aktiva tetap diperkenankan agar entitas mempersiapkan sejumlah dana operasional agar dapat membiayai biaya sewa yang dikenakan oleh lessor terhadap lessee per periodenya.

Baca Juga: Langkah-Langkah Membuat Database Zahir Accounting

Kelebihan dan Kekurangan Operating Lease

Kelebihan operating lease adalah entitas tidak perlu mempersiapkan dana dalam rangka perbaikan dan reparasi aktiva tetap. Segala macam biaya yang muncul akibat pemakaian dan penyusutan aktiva tetap akan ditanggung oleh penyedia jasa sewa guna usaha. Leasing dalam kehidupan sehari-hari membantu perekonomian masyakarat.

Kekurangan operating lease adalah entitas diakhir periode tidak akan memperoleh aktiva hasil kegiatan sewanya. Perusahaan tidak perlu menyelenggarakan kegiatan penyusutan aset tetap metode garis lurus atau metode saldo menurun berganda sebab aktiva tetap hasil leasing tidak diakui dalam laporan posisi keuangan.

Contoh soal operating lease dan finance lease dalam akuntansi keuangan memperkenankan entitas membayarkan tagihan sebelum masa jatuh tempo. Prosedur akuntansi penerapan sewa guna usaha dengan opsi tawar menawar diperlukan agar kualitas dan kuantitas barang dan jasa dapat dipertahankan perusahaan.

Baca Juga: Cara Input Bukti Potong Pph Pasal 23 di Ebupot

Contoh Soal Operating Lease atau Sewa Guna Usaha Operasi

Apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari transaksi leasing bagi lesse lessor dan pihak yang terlibat adalah berkurangnya risiko arus kas perusahaan macet. Pembelian aktiva tetap tentu memerlukan arus kas investasi jangka panjang mengingat pembelian aset memerlukan biaya lebih besar daripada menyewanya.

Contoh soal operasing lease atau sewa guna usaha operasi dalam akuntansi keuangan menengah menganjurkan perusahaan tidak melakukan perpindahan hak milik aset. Dalam kondisi terjadi peralihan hak milik aset, maka perusahaan harus mengalihkan metode sewa guna usaha menjadi finance lease.

Contoh soal operasing lease terjadi pada tanggal 1 januari 2023 dimana CV Staff Accounting menandatangani perjanjian sewa mesin dengan biaya per periode Rp 2.560.000. Nilai perolehan mesin adalah Rp 80.000.000 dan disusutkan dengan metode garis lurus. Bagaimana cara mencatat pembayaran biaya sewa operating lease per periodenya?

TanggalKeterangan Debit Kredit
02/04/2023Beban Sewa Mesin Fotocopy Rp 2.650.000
Hutang PPh Pasal 23 Rp 53.000
Kas Rp 2.597.000

Baca Juga: Cara Input Bukti Potong PPh Pasal 23 di Accurate

Demikian contoh soal operating lease dan finance lease dalam akuntansi keuangan menengah. Dalam kondisi apa suatu leasing harus diakui sebagai financial capital lease apabila diakhir periode terjadi transfer hak milik ke penyewa. Bukti potong pph pasal 23 dapat diberikan setelah pembayaran spt masa.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Operating Lease dan Finance Lease dalam Akuntansi Keuangan"