Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Contoh Pertanyaan Diskusi Tentang Akuntansi Akad Istishna

Konten [Tampil]

Contoh pertanyaan diskusi tentang akuntansi akad istishna merupakan bagian dari proses pembelajaran informasi bisnis dimana nasabah berhak mengajukan pinjaman kepada lembaga keuangan. Contoh lembaga keuangan yang mampu membiayai segala macam aktivitas bisnis adalah bank syariah dan bank konvesional.

Contoh soal akuntansi akad istishna dan jawabannya akan memberikan pedoman bagi keseluruhan pendapatan operasional yang diterima dari nasabah. Apa kendala dan tantangan penerapan psak 104 akuntansi istishna pada bank syariah memberikan dampak pada pelaporan kondisi keuangan kepada para pemegang saham.

Permasalahan dalam akad istishna harus dijelaskan melalui catatan atas laporan posisi keuangan. Setiap nasabah bertanggungjawab membayarkan biaya secara cicilan yang harus ditanggung selama proses pembuatan barang. Kelebihan dan kekurangan akad istishna diciptakan sesuai program nasabah yang berdedikasi.

5 Contoh Pertanyaan Diskusi Tentang Akuntansi Akad Istishna

Apa Kelebihan dan Kekurangan Akad Istishna

Contoh pertanyaan diskusi tentang akuntansi akad istishna akan menghasilkan informasi yang disesuaikan dengan program perusahaan. Setiap perusahaan berhak mendapatkan kesempatan memperoleh modal kerja lembaga keuangan agar dapat meningkatkan probabilitas saat menyelenggarakan transaksi sesuai pedomannya.

Kelebihan dan kekurangan akad istishna harus dipelajari untuk memungkinkan adanya transaksi keuangan yang stabil. Apa kendala dan tantangan penerapan psak 104 akuntansi istishna bank syariah harus dapat memahami sistem informasi akuntansi terutama pembuatan laporan laba rugi yang stabil sesuai pekerjaannya.

Apa kelebihan dan kekurangan akad istishna harus dapat mengapresiasi pertumbuhan perusahaan. Bolehkah bank syariah meminta uang muka dalam pembiayaan modal kerja dengan akad murabahah disesuaikan dengan hasil kesepakatan. Akad murabahah adalah akad populer bisnis di perbankan syariah.

Baca Juga: Cara Membuat Kertas Kerja Konsolidasi dan Jawabannya

Pertanyaan Diskusi Tentang Akuntansi Akad Istishna

Contoh pertanyaan diskusi akuntansi akad istishna harus dapat dipertanggungjawabkan setiap nasabah yang melakukan transaksi. Setiap perusahaan harus dapat memperkuat permodalan agar dapat mencukupi segala aspek pelaporan informasi keuangan yang disesuaikan pertimbangan keuangan dan fiskal.

Nilai yang disepakati antara penjual dan pembeli pada akad istishna harus dicantumkan pada transaksi bisnis syariah. Bagaimana dalam pandangan Islam apabila salah satu rukun atau syarat jual beli tidak terpenuhi maka tidak diperkenankan dilanjutkan dan harus dipenuhi apabila ingin memperdagangkan aset tersebut.

Pertanyaan diskusi tentang akuntansi akad istishna wajib mempertanggungjawabkan segala pencapaian berbisnis. Suatu akad jual beli di mana barangnya tidak diperlihatkan dalam ilmu fiqih disebut akad non halal. Reksa dana pasar uang dan reksa dana pendapatan tetap menjadikan upaya memperpanjang kondisi keuangannya.

Baca Juga: Contoh Ilustrasi Perhitungan Reksa Dana Pendapatan Tetap

Contoh Soal Akuntansi Istishna Paralel dan Ilustrasinya

Contoh soal akuntansi istishna paralel dan ilustrasi transaksi dalam kehidupan sehari-hari memberikan dampak pada kondisi modal bank syariah. Bank syariah memiliki kewajiban melaporkan segala aset dan hutangnya kepada lembaga penjamin simpanan untuk mempermudah pertanggungjawab dalam berbisnis.

Contoh ilustrasi akad istishna paralel terjadi ketika CV Staff Accounting mengajukan proses pembelian barang dengan nilai kontrak Rp 670 juta. Bank syariah mampu mencarikan developer dengan nilai beli Rp 450 juta. Sebelum menjalankan akad bisnis, terdapat biaya praakad senilai Rp 1 juta. Adapun transaksi istishna yang terjadi selama satu periode adalah

Tahun20222023
Kontraktor menagih kepada bank syariahRp. 68 JutaRp. 383 JutaRp. 450 Juta
Bank syariah membayar kepada kontraktorRp. 64 JutaRp. 386 JutaRp. 1 Juta
Bank syariah menagih pembayaran kepada nasabahRp. 101 JutaRp. 569 JutaRp. 670 Juta
PT. staffaccounting membayarkan tagihanRp. 91 JutaRp. 579 Juta
Kontraktor menyerahkan asetRp. 450 Juta
Bank syariah menyerahkan aset nasabahRp. 670 Juta

Adapun jurnal mencatat transaksi akad syariah dalam kehidupan sehari-hari adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
1Biaya praakad tangguhanRp. 1 Juta
Kas kecilRp. 1 Juta
(mencatat biaya praakad)
2Akad istishna dalam penyelesaianRp. 1 Juta
Biaya praakad tangguhanRp. 1 Juta
(Mengakui biaya praakad)
3Akad istishna dalam penyelesaianRp. 68 Juta
Utang istihna - KontraktorRp. 68 Juta
(mencatat invoice kontraktor)
4Utang istihna - KontraktorRp. 64 Juta
Kas kecilRp. 64 Juta
(membayarkan tagihan)
5Piutang istishna - PT staffaccountingRp. 101 Juta
Termin istishnaRp. 101 Juta
(Mencatat tagihan kepada pelanggan)
6Kas KecilRp. 91 Juta
Piutang istishna - PT staffaccountingRp. 91 Juta
7HPP IstishnaRp. 69 Juta
Akad istishna dalam penyelesaianRp. 32 Juta
Pendapatan istishnaRp. 101 Juta
(Mencatat pengakuan pendapatan)

Baca Juga: Cara Membuat Laporan Pendapatan dan Beban Bank Syariah

Demikian contoh pertanyaan diskusi tentang akuntansi akad istishna dalam kehidupan sehari-hari. Pengajukan kredit ke lembaga keuangan syariah harus dapat memberikan jaminan terutama apabila terdapat kredit dalam jumlah besar. Keseimbangan berbisnis harus disesuaikan dengan proporsi keuangannya.

Posting Komentar untuk "5 Contoh Pertanyaan Diskusi Tentang Akuntansi Akad Istishna"