Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Laporan Rekonsiliasi Pendapatan dan Bagi Hasil Perbankan Syariah

Konten [Tampil]

Contoh soal laporan rekonsiliasi pendapatan dan bagi hasil perbankan syariah merupakan dasar bagi nasabah dalam rangka memakai pembiayaan mudharabah, musyarakah dan murabahah dalam akad bisnis syariah. Produk syariah dikeluarkan dalam rangka memberikan kemudahan bagi nasabah yang menghindari riba.

Contoh soal perhitungan bagi hasil tabungan mudharabah perlu mempertimbangkan jangka waktu investasi dan jumlah kas yang disetorkan. Nisbah adalah pembagian hasil yang didasarkan pada laba atau omzet pengelola dana. Pengelola dana mendapatkan imbal balik paling besar dalam investasi yang diselenggarakan.

Laporan keuangan syariah dan konvensional pada lembaga keuangan dan perbankan perlu dibuat agar nasabah dapat membeli saham. Saham merupakan bukti keikutsertaan nasabah dalam pembangunan perusahaan. Imbal balik atas saham terdiri dari dividen dan capital gain yang disesuaikan tingkat informasinya.

Contoh Soal Laporan Rekonsiliasi Pendapatan dan Bagi Hasil Perbankan Syariah

Jenis-Jenis Laporan Keuangan Bank Syariah Menurut PSAK 101

Jenis-jenis laporan keuangan bank syariah menurut psak 101 harus dibuat agar dapat mendaftarkan sebagai perusahaan yang terdaftar dibursa efek indonesia. Perusahaan besar memiliki kualitas informasi keuangan yang dibuktikan dengan adanya keseimbangan neraca saldo dan menyesuaikan tingkat pembayaran hutang.

Contoh soal laporan rekonsiliasi pendapatan dan bagi hasil perbankan syariah perlu menghindari berkurangnya kekayaan perusahaan akibat denda pajak. Denda pajak adalah pembayaran yang dilakukan perusahaan apabila telat melapor dan membayarkan pajak terutang sesuai ketentuan umum perpajakan yang berlaku.

Jenis-jenis laporan keuangan bank syariah menurut psak 101 disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Perbankan syariah tidak hanya mengelola dana operasional saja, melainkan dapat menjadi perantara dana kebajikan dan zakat yang dilakukan para nasabahnya. Nasabah adalah pelanggan bank yang ingin melaksanakan transaksi.

Baca Juga: Apa itu Due Date Invoice atau Piutang Jatuh Tempo

Tujuan Rekonsiliasi Pendapatan dan Bagi Hasil

Tujuan rekonsiliasi pendapatan dan bagi hasil adalah memastikan bahwa saldo pendapatan yang diterima perusahaan sesuai pelaksanaan sistem informasi keuangan. Perusahaan berafiliasi mengakibatkan adanya keuntungan dan kerugian yang diatribusikan tidak pada kesepakatan berbinsinya.

Contoh soal laporan rekonsiliasi pendapatan dan bagi hasil perbankan syariah pelu menghindari praktik riba. Akun saldo deposito mudharabah pada laporan posisi keuangan terdapat pada finance report. Revenue and expance adalah transaksi rutin yang mengakibatkan perubahan pada komposisi rasio keuangan.

Tujuan rekonsiliasi pendapatan dan bagi hasil adalah menyesuaikan adanya arus kas sebelumnya yang boleh diakui dan arus kas periode sekarang yang sudah tidak boleh diakui kembali. Bagi hasil adalah kegiatan perusahaan memberikan imbal balik atas investasi yang telah diselenggarakan entitas selama satu periode.

Baca Juga: Cara Membuat Kertas Kerja Konsolidasi

Contoh Format Laporan Posisi Keuangan dan Laba Rugi Bank Syariah

Contoh format laporan posisi keuangan dan laba rugi bank syariah perlu menghindari berkurangnya kekayaan perusahaan setiap periodenya. Laporan sumber dan penyaluran dana zakat perlu memastikan adanya niat yang dilakukan nasabah. Bank syariah akan bertindak sebagai badan amin zakat per periodenya.

Perbedaan nisbah dan suku bunga terletak pada kesepakatan diawal transaksi. Pada bank konvensional, pihak bank akan menerapkan prinsip time value of money sehingga diberikannya laba per periode. Pada bank syariah, menerapkan prinsip nisbah yang didasarkan pada kesepakatan di awal transaksi dengan nasabah.

Contoh soal laporan rekonsiliasi pendapatan dan bagi hasil perbankan syariah harus disesuaikan dengan pelaksanaan pembayaran pajak perusahaan. Cadangan kerugian piutang tidak boleh dijadikan sebagai pengurang biaya operasional. Adapun informasi mengenai pembiayaan mudharabah, musyarakah dan murabahah adalah

NoPiutang31 Desember31 Desember 2023
1Margin murabahah79,00 Miliar15,00 Miliar
2Margin salam41,00 Miliar2,00 Miliar
3Margin istishna65,00 Miliar6,00 Miliar
4Pandapatan sewa96,00 Miliar64,00 Miliar
5Bagi hasil pembiayaan mudharabah71,00 Miliar5,00 Miliar
6Bagi hasil pembiayaan musyarakah10,00 Miliar50,00 Miliar

Perbankan syariah memberikan beberapa pembiayaan yang telah berjalan sebagai berikut

Margin murabahah126,00 Miliar
Margin salam31,50 Miliar
Margin istishna49,50 Miliar
Pendapatan sewa121,50 Miliar
Bagi hasil pembiayaan mudharabah25,50 Miliar
Bagi hasil pembiayaan musyarakah138,00 Miliar

Jika pendapatan operasional bank syariah sebesar Rp 80.000.000. Berapakah nilai bagi hasil yang akan diterima oleh investor?

Cara Menyusun Laporan Pendapatan dan Bagi Hasil Bank Syariah

Cara menyusun laporan pendapatan dan bagi hasil bank syariah perlu memastikan bahwa telah terjadi penambahan dan pengurangan hasil investasi. Return adalah imbal balik yang diharapkan para investor setelah menyetorkan sejumlah dana ke perusahaan. Perusahaan diwajibkan menjalankan aktivitas secara maksimal untuk mendapatkan keuntungan.

Bank Syariah
Laporan Rekonsiliasi Pendapatan dan Bagi Hasil
Periode yang berakhir 1 januari 2023
Pendapatan usaha utama (akrual)80,00 Miliar
Pengurang
Pendapatan periode berjalan yang kas dan setara kas belum diterima
1. pendapatan margin murabaha126,00 Miliar
2. Pendapatan margin salam31,50 Miliar
3. Pendapatan istishna49,50 Miliar
4. Hak bagi hasil
- Pembiayaan mudharabah25,50 Miliar
- Pembiayaan musyarakah138,00 Miliar
5. Pendapatan sewa121,50 Miliar
Jumlah pengurang492,00 Miliar
Penambah
Pendapatan periode sebelumnya yang kasnya diterima
1. pendapatan margin murabaha190,00 Miliar
2. Pendapatan margin salam70,50 Miliar
3. Pendapatan istishna108,50 Miliar
4. Hak bagi hasil
- Pembiayaan mudharabah91,50 Miliar
- Pembiayaan musyarakah98,00 Miliar
5. Pendapatan sewa153,50 Miliar
Jumlah penambah712,00 Miliar
Pendapatan tersedia untuk bagi hasil300,00 Miliar

Baca Juga: Cara Menghitung Nisbah Bagi Hasil Pembiayaan Mudharabah

Demikian contoh soal laporan rekonsiliasi pendapatan dan bagi hasil perbankan syariah dalam sistem informasi akuntansi. Sistem informasi akuntansi syariah akan membantu para direktur dan ceo perusahaan dalam pengambilan keputusan taktis terutama investasi jangka panjang dan jangka pendek.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Laporan Rekonsiliasi Pendapatan dan Bagi Hasil Perbankan Syariah"