Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal dan Jawaban Pertukaran Aktiva Tetap Tidak Sejenis

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban pertukaran aktiva tetap tidak sejenis dapat digunakan sebagai sarana meningkatkan kualitas dan kuantitas barang jadi. Materi tentang pertukaran aset tetap berisikan jurnal, makalah dan langkah menghitung jualbeli harta perusahaan yang menghasilkan substansi komersial.

Contoh soal dan cara menghitung laba rugi pertukaran aset tetap harus dilakukan dan dibebankan pajak pertambahan nilai. Apabila pertukaran dengan aktiva lain mengalami laba maka jurnalnya adalah kredit laba aktiva tetap dan debit akumulasi depresiasi harta perusahaan.

Pertukaran aktiva tetap terdiri dari aset tetap sejenis dan aset tetap tidak sejenis. Karakteristik aktiva tetap adalah dimiliki perusahaan dalam rangka menjalankan kegiatan operasional yang berlangsung lebih dari satu periode akuntansi. Penyusutan aset tetap menyesuaikan masa manfaat yang diharapkan dari aktiva tersebut.

Contoh Soal dan Jawaban Pertukaran Aktiva Tetap Tidak Sejenis


Pengertian dan Karakteristik Aktiva Tetap Sejenis

Pengertian aktiva tetap sejenis adalah metode pengkategorian harta perusahaan dalam rangka menentukan masa manfaat atas penggunaannya. Contoh soal pertukaran aset tetap sejenis dan jawabannya akan mempertimbangkan nilai buku dan akumulasi penyusutan harta perusahaan sampai berakhirnya periode tersebut.

Karakteristik aset tetap adalah harta kekayaan perusahaan yang dimiliki lebih dari satu periode akuntansi. Pelepasan aktiva tetap hanya dilakukan perusahaan ketika memperoleh laba rugi penjualan aset tetap. Nilai buku adalah dasar menentukan keuntungan ketika terjadi tukar menukar aset dengan perusahaan lain.

Pengertian aktiva tetap menurut para ahli adalah harta perusahaan yang digunakan untuk melakukan kegiatan produksi lebih dari satu periode akuntansi. Pertukaran aset tetap substansi komersial adalah pertukaran kekayaan perusahaan yang memiliki keuntungan dimasa mendatang seperti tanah.

Baca Juga: Contoh Audit Pemeriksaan Aset Tetap dan Aset Lainnya

Cara Menghitung Laba Rugi Pertukaran Aset Tetap (Fixed Assets)

Cara menghitung laba rugi pertukaran aset tetap dilakukan dalam rangka mempublikasikan keuntungan yang didapatkan perusahaan yang harus dibayarkan pajak penghasilan. Pengeluaran untuk reparasi, penambahan fitur dan perbaikan aset tetap akan dikategorikan sebagai revenue expenditure dan capital expenditure.

Cara hitung laba rugi pertukaran aktiva tetap sejenis dan tidak sejenis dimungkinkan dalam menentukan masa manfaat berdasarkan kategori pajaknya. Apabila pertukaran dengan aktiva lain mengalami lama maka jurnal harus dicatat perusahaan untuk mendapatkan kepastian pajak penghasilannya.

Contoh soal dan jawaban pertukaran aktiva tetap sejenis terjadi pada CV Staff Accounting yang menukarkan kendaraan dengan nilai buku Rp 52.300.000 dengan kendaraan senilai Rp 74.230.000. CV Staff Accounting menyerahkan kas senilai Rp 2.300.000 untuk proses dokumentasinya. Berapakah keuntungan tukar menukar aset tersebut?

Baca Juga: Contoh Soal PPh Pasal 4 Ayat 2 Penjualan Aset Tetap

Soal dan Jawaban Pertukaran Aktiva Tetap Sejenis

Soal dan jawaban pertukaran aktiva tetap sejenis diharuskan menentukan nilai buku karena sebagai dasar laba atau rugi yang didapatkan perusahaan. Rugi dan laba penjualan aset tetap harus diakui pada laporan kinerja keuangan dan dibayarkan pajak penghasilannya setiap bulannya.

Contoh soal dan jawaban pertukaran aset tetap sejenis dan tidak sejenis diharapkan dapat menggunakan harta perusahaan secara maksimal untuk menentukan laporan posisi keuangan. Cara menghitung rugi laba penjualan aset tetap dilakukan dengan metode yaitu

Nilai Buku Aktiva Lama Rp 52.300.000
Nilai Buku Aktiva Baru Rp 74.230.000
Kas yang Diberikan Rp 2.300.000
Laba Tukar Aktiva Rp 19.630.000

Jurnal laba rugi pertukaran aktiva tetap akan dibuat ketika perjanjian antar perusahaan telah dibuat. Pertukaran aset tetap substansi komersial diharapkan menghasilkan keuntungan yang lebih besar bagi perusahaan seperti penjualan tanah atau bangunan perusahaan yang dikenakan pajak final.

TanggalKeteranganDebit Kredit
31/4/21Aktiva Baru Rp 74.230.000
Akumulasi Depresiasi Rp 13.075.000
Aktiva Lama Rp 65.375.000
Laba Rugi Pertukaran Aktiva Rp 19.630.000
Kas Rp 2.300.000

Baca Juga: Contoh Soal dan Cara Menghitung Pelepasan Aktiva Tetap

Demikian contoh soal dan jawaban pertukaran aktiva tetap tidak sejenis semoga dapat membantu membuat jurnal atas materi tukar menukar aset tetap perusahaan. Ayat jurnal penyesuaian akan digunakan sebagai dasar pembuatan laporan posisi keuangan dan laporan laba rugi komprehensif.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal dan Jawaban Pertukaran Aktiva Tetap Tidak Sejenis"