Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal dan Jurnal Pembayaran Gaji Karyawan

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban pembayaran gaji karyawan menjadi kewajiban jangka pendek yang harus dibayarkan perusahaan sebelum bulan berikutnya. Hutang jangka pendek menjadi item laporan posisi keuangan bagian liabilitas jangka panjang dan liabilitas jangka pendek pembentuk aktiva perusahaan.

Contoh soal liabilitas jangka pendek dan jawabannya berlaku bagi perusahaan yang melakukan transaksi penggunaan sumber daya manusia dan pembelian kredit. Pembelian kredit adalah penerimaan bahan baku produksi atau barang jadi dimana pembayarannya akan dilaksakan setelah barang diterima secara penuh.

Soal dan jawaban akuntansi kewajiban lancar menjadi materi akuntansi keuangan menengah. Contoh transaksi hutang lancar diantaranya pendapatan diterima dimuka, hutang wesel, hutang dagang, pembayaran pajak penghasilan terutang per masa dan per tahunan berdasarkan spt yang dilaporkan.

Contoh Soal dan Jurnal Pembayaran Gaji Karyawan


Pengendalian Internal Penggajian Karyawan atau Payroll

Pengendalian internal penggajian karyawan atau payroll berguna sebagai dasar pengenaan pajak penghasilan bagi orang pribadi dalam negeri atau orang pribadi luar negeri. Tujuan internal control penggajian karyawan adalah mengamankan kekayaan dari gaji yang tidak sah dan pertanggungjawaban pajak penghasilan.

Internal control atas gaji karyawan harus dipertanggungjawabkan terutama ketika dana digunakan untuk menggaji karyawan fiktif. Karyawan fiktif adalah pegawai yang tidak sebenarnya bekerja diperusahaan tetapi entitas mengeluarkan upah untuk menggaji karyawan tersebut sehingga entitas kehilangan sejumlah uang.

Pengendalian internal payroll atau penggajian karyawan diciptakan mulai dari pendaftaran calon karyawan, wawancara dan seleksi bahkan pengangkatan karyawan oleh bagian human resource. Bagian personalia harus meminta informasi tentang wajib pajak seperti status perkawinan dan kepemilikan anak.

Baca Juga: Tarif PPh Pasal 21 dan Iuran Jaminan Kecelakaan dan Kesehatan Karyawan

Contoh Soal Liabilitas Jangka Pendek dan Jawabannya

Contoh soal liabilitas jangka pendek dan jawabannya biasanya terjadi pada pajak penghasilan orang pribadi dan hutang wesel yang belum dibayarkan. Transaksi pembayaran pajak penghasilan terutang harus dilaksakan setiap bulan dan harus dilaporkan sesuai dengan ketentuan umum perpajakan.

Contoh soal hutang lancar dan pembahasannya akan terjadi ketika perusahaan memiliki liabilitas yang jatuh tempo. Pengendalian internal atas penggajian karyawan agar menghindarkan perusahaan dari proses pembayaran gaji dan tunjangan karyawan yang tidak sebenarnya bekerja bagi perusahaan.

Soal dan jawaban liabilitas jangka pendek memungkinkan entitas melakukann pengangkatan karyawan baru, pencatatan waktu kerja, pembuatan daftar gaji dan pembayaran serta pemotongan gaji sesuai aturan berlaku. Pembayaran gaji non tunai dapat dilakukan dengan memasukan uang tunai ke amplop.

Baca Juga: Contoh Perhitungan PPh Pasal 21 Upah Harian dan Upah Borongan

Jurnal Pembayaran Gaji dan Potongan Gaji Karyawan

Jurnal pembayaran gaji dan potongan gaji karyawan terdiri dari iuran sukarela, iuran jaminan kecelakaan kerja dan jaminan hari tua bahkan pembayaran pajak penghasilan pasal 21. Penghasilan bruto karyawan terdiri dari gaji dan upah ditambahkan bonus seperti tunjangan menikah atau komunikasi.

Jurnal pembayaran gaji dan potongan gaji karyawan terdiri dari potongan wajib seperti pajak penghasilan pasal 21 dan program asuransi tenaga kerja. Oleh karena itu, penghasilan kena pajak akan didapatkan dari penghasilan bruto dikurangi potongan dan biaya jabatan selama setahun yang diakui per bulan.

Contoh kasus penggajian karyawan telah terjadi pada CV Staff Accounting yang memiliki 30 tenaga kerja dengan upah rata-rata Rp 3.500.000. Setiap pekerja tidak akan dipotongkan pajak penghasilan karena kurang dari dasar pengenaan pajak tetapi dikenakan potongan iuran sebesar 2,5% dari gaji.

Tanggal Keterangan Debit Kredit
30/04/2021Beban Gaji Rp 3.500.000
Hutang BPJS Tenaga Kerja Rp 87.500
Kas Rp 3.412.500
10/05/2021Hutang BPJS Tenaga Kerja Rp 87.500
Kas Rp 87.500

Baca Juga: Jurnal Penyusutan Metode Garis Lurus

Demikian contoh soal dan jurnal pembayaran gaji karyawan semoga dapat membantu tugas akuntansi keuangan menengah tentang pilihan ganda liabilitas jangka pendek. Laporan posisi keuangan berisi informasi tentang aktiva, kewajiban dan ekuitas perusahaan pada akhir periode.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal dan Jurnal Pembayaran Gaji Karyawan"