Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Pengiriman Barang Dagang di Atas Harga Pokok Kantor Cabang

Konten [Tampil]

Contoh soal pengiriman barang dagang diatas harga pokok kantor pusat dan cabang akan melaporkan jumlah persediaan barang dagang akhir menurut catatan auditor dan klien. Bedanya kantor pusat dan cabang adalah pemberian hak untuk melakukan pelaporan surat pemberitahuan pajak tahunan badan.

Contoh soal dan jawaban akuntansi kantor pusat dan cabang akan menimbulkan masalah khusus seperti transfer kekayaan antar cabang seperti uang kas dan persediaan barang dagang. Pengiriman barang dagang lewat cabang akan membebankan biaya ongkos kirim langsung ke pusat dengan otorisasi di internal controlnya.

Pertanyaan akuntansi kantor pusat dan cabang tentu berkaitan dengan izin pendirian usaha. Hubungan kantor cabang, agen dan pusat adalah penerapan sistem desentralisasi untuk mengatasi siklus akuntansi penjualan, pembelian barang dagang dan persediaan barang dagang di gudang yang dimilikinya.

Contoh Soal Pengiriman Barang Dagang di Atas Harga Pokok Kantor Cabang


Hubungan Kantor Pusat dengan Kantor Agen dan Cabang

Hubungan kantor pusat dengan kantor agen dan cabang adalah pemberlakukan sistem desentralisasi dan sistem sentralisasi dalam mengatasi transaksi yang terjadi. Tujuan pendirian kantor cabang dan agen adalah meningkatkan volume penjualan dengan usaha memperluas daerah pemasaran di kota baru.

Hubungan kantor pusat, kantor cabang dan kantor agen terletak pada struktur organisasi dan kegiatan usaha yang dilakukan. Kantor agen memiliki struktur organisasi yang terpisah dengan kantor pusat sehingga dapat melakukan perjanjian kerjasama dengan beberapa perusahaan dalam waktu sekaligus.

Hubungan kantor pusat dan kantor cabang adalah kegiatan untuk memperoleh penjualan. Tujuan pendirian kantor agen adalah memperoleh pesanan konsumen akhir sementara proses pemenuhan produk hanya ada di kantor pusat. Kantor cabang didirikan dengan tujuan memperoleh pesanan dan memenuhi pesanan yang sudah masuk.

Baca Juga: Contoh Hutang Jangka Pendek dan Pembahasannya

Soal Essay dan Pertanyaan Wawancara Akuntansi Kantor Pusat dan Cabang

Soal essay dan pertanyaan wawancara akuntansi kantor pusat dan cabang seharusnya menjadi makalah akuntansi keuangan lanjutan. Penyebab saldo r/k kantor cabang dicatat terlalu rendah dan terlalu tinggi mengakibatkan pelaporan jumlah persediaan di akhir periode tidak sesuai keadaan sebenarnya yang terjadi di perusahaan.

Pertanyaan akuntansi kantor pusat dan cabang berkaitan dengan pembuatan tagihan dan faktur pajak serta pembayaran transaksi langsung ke kantor pusat. Pelanggan diberikan kebebasan untuk membayarkan tagihan langsung ke kantor pusat dengan terlebih dahulu konfirmasi kepada pihak ketiga.

Pertanyaan wawancara dan soal essay akuntansi kantor pusat dan cabang berkaitan dengan pemberian modal kerja dan persediaan barang dagang. Sistem pengendalian internal atas modal kerja adalah penerapan sistem imprest seperti ketika perusahaan mengelola dana kas kecil setiap periodenya.

Baca Juga: Contoh Penjualan Konsinyasi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh Soal Pengiriman Barang Dagang diatas Harga Pokok

Contoh soal pengiriman barang dagang diatas harga pokok tentu akan terutang pajak pertambahan nilai. Pajak pertambahan nilai menurut para ahli adalah iuran atas tambahan manfaat ekonomi sebagai akibat penyerahan barang kena pajak dan jasa kena pajak kepada konsumen akhir pada rantai ekonomi.

Pengiriman barang dagang diatas harga pokok seharusnya dilakukan perhitungan tentang pajak terutang yang harus dibayarkan. Masalah khusus kantor pusat dan cabang berkaitan dengan penyerahan barang kiriman ke kantor cabang tetapi diperhitungan diatas harga pokok sebagai laba terutang.

Contoh soal dan jawaban pengiriman barang dagang diatas harga pokok terjadi pada CV Staff Accounting yang menyerahkan barang dagang senilai Rp 34.000.000 dengan dinaikan harga pokoknya sebesar 25%. Kantor cabang berhasil menjual seluruh barang kiriman senilai Rp 85.000.000.

Jurnal penyesuaiaan akuntansi kantor pusat dan kantor cabang akan diperiksa auditor sebagai barang konsinyasi. Barang konsinyasi adalah barang yang dititipkan kepada pihak ketiga untuk dibantu penjualannya. Adapun jurnal pengiriman barang dagang antar cabang yang dibuat perusahaan kantor pusat adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
07/05/2021R/K Kantor Cabang Rp 37.400.000
Pengiriman barang ke cabang Rp 34.000.000
Cadangan kenaikan harga barang   cabang Rp 3.400.000
(Penjualan barang ke kantor cabang diatas harga pokok 25%)
07/05/2021R/K Kantor Cabang Rp 47.600.000
Rugi Laba Kantor Cabang Rp 47.600.000
(Mencatat penjualan barang oleh kantor cabang
07/05/2021Cadangan kenaikan harga barang cabang Rp 3.400.000
Rugi Laba Kantor Cabang Rp 3.400.000
(Penyesuaian saldo cabangan kenaikan harga barang)
07/05/2021Rugi Laba Kantor Cabang Rp 51.000.000
Laba Tahun Berjalan Rp 51.000.000
(Menutup akun laba rugi kantor cabang ke laba perusahaan)

Baca Juga: Cara Menghitung Penghasilan Komisi Bagi Komisioner

Demikian contoh soal pengiriman barang dagang diatas harga pokok penjualan semoga dapat membantu memahami download makalah akuntansi keuangan lanjutan. Alokasi biaya kantor pusat dan kantor cabang akan diberikan setelah cabang memberikan laporan penjualan setiap periodenya.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Pengiriman Barang Dagang di Atas Harga Pokok Kantor Cabang"