Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Karakteristik dan Tujuan Didirikannya Persekutuan

Konten [Tampil]

Pengertian persekutuan menurut para ahli menjadi materi akuntansi keuangan lanjutan tentang kerjasama antara dua orang atau lebih ketika menjalankan kegiatan usaha. Sekutu firma dianggap sebagai pemilik usaha yang merangkap sebagai manager ketika mewakili perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional.

Tujuan didirikannya persekutuan adalah memperluas pangsa pasar dengan memperoleh penghasilan yang dikenakan pajak penghasilan tahunan badan. Laba ditahan akan bertambah ketika perusahaan memperoleh keuntungan dari hasil kerjasama menjalankan operasional perusahaan baik yang sudah memiliki usaha atau belum.

Karakteristik firma persekutuan hendaknya dicantumkan dalam akta pendirian perihal pembagian laba rugi persekutuan. Contoh soal pembagian laba rugi persekutuan dapat dijadikan acuan bagi perusahan ketika membagikan laba ditahan yang menjadi hak sekutu aktif dengan prinsip participation in partnership.

Pengertian, Karakteristik dan Tujuan Didirikannya Persekutuan


Pengertian Persekutuan Menurut Para Ahli

Pengertian persekutuan menurut para ahli adalah kegiatan sekutu untuk menjalankan kerjasama mengolah perusahaan agar memperoleh penghasilan yang disetorkan pajak tahunan. Pemilik firma disebut sekutu. Sekutu harus mematuhi aturan dan kebijakan akuntansi dan hukum yang berlaku dalam akta pendirian perusahaan.

Pengertian firma menurut para ahli adalah usaha yang dilaksanakan ketika akta pendirian telah disahkan menteri hukum dan ham dalam rangka memperoleh pajak penghasilan dan memperkenalkan produk baru di pasar. Ciri-ciri utama persekutuan adalah pemisahan harta pemilik dan harta perusahaan.

Definisi persekutuan menurut para ahli adalah badan usaha yang dilaksanakan dalam rangka memperoleh manfaat ekonomis selama tahun fiskal. Persekutuan komanditer terdiri dari sekutu aktif dan sekutu pasif. Sekutu aktif adalah pihak yang menjalan operasional perusahaan, Sekutu pasif adalah investor perusahaan.

Baca Juga: Contoh Soal Konsinyasi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Manfaat dan Tujuan Didirikannya Persekutuan

Manfaat dan tujuan didirikannya persekutuan adalah menambah penghasilan selama tahun berjalan agar arus kas masuk dan keluar seimbang. Akuntansi pendirian firma terdiri dari sekutu yang sudah memiliki usaha, sekutu yang belum memiliki usaha bahkan pembagian laba rugi persekutuan.

Karakteristik firma adalah setiap anggota sekutu memiliki hak dan tanggungjawab dalam penggunaan harta yang telah disetorkan. Harta atau aktiva adalah kekayaan yang dimiliki badan usaha yang berasal dari hutang atau modal dari pemilik. Modal adalah bagian investasi yang dilakukan pemilik perusahaan.

Manfaat persekutuan didirikan adalah peningkatan manfaat ekonomis karena perusahaan menjalankan operasionalnya sesuai planning per bulannya. Firma adalah badan usaha yang perseronya terdiri atas bagian modal dari masing-masing sekutu yang dilaporkan setiap akhir periode dalam laporan perubahan modal.

Baca Juga: Cara Menghitung Biaya Overhead Pabrik per Unit Produksi

Kelebihan dan Kekurangan Firma

Kelebihan dan kekurangan firma dapat diketahui ketika melibat perbedaan antara persekutuan dan perseroan terbatas. Keuntungan yang dibagikan firma harus dibagikan ke masing-masing sekutu sesuai persentase yang disepakati dalam akta pendirian dan perjanjian kerja sama yang dilaksanakan sebelum usaha dimulai.

Kekurangan dan kelebihan persekutuan terbatas harus disesuai karakteristik firma yaitu mutual agency. Apa arti mutual agency? yaitu tindakan sekutu yang dapat digunakan untuk mewakili sekutu lain dalam perjanjian atau kegiatan usaha. Limited life berarti badan usaha memiliki usia terbatas setiap periodenya.

Kelebihan dan kekurangan persekutuan sebaiknya dimengerti agar tidak terjadi salah faham menjalankan kegiatan produksi. Akuntansi pendirian firma berguna untuk mencatat setoran modal awal yang dilakukan sekutu baik dengan pemberian kas atau setara kas yang dimasukkan ke rekening modal awal persekutuan.

Baca Juga: Contoh Soal Setoran Awal Sekutu Baru

Demikian pengertian, karakteristik dan tujuan didirikannya persekutuan yang menjadi materi akuntansi keuangan lanjutan. Terdapat video pembelajaran materi firma akuntansi keuangan yang dapat dilihat dibawah ini..



Posting Komentar untuk "Pengertian, Karakteristik dan Tujuan Didirikannya Persekutuan"