Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghitung dan Contoh Analisis Biaya Overhead Pabrik

Konten [Tampil]

Cara menghitung dan contoh analisis biaya overhead pabrik diperuntukan agar perusahaan dalam membebankan pengeluaran ke dalam produk yang dibuatnya. Tujuan departementalisasi biaya overhead pabrik adalah menentukan segmen produksi yang bertanggungjawaban terhadap penggunaan biaya perusahaan.

Pertanyaan tentang analisis biaya overhead pabrik, biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung diperuntukan bagi perusahaan manufaktur. Soal overhead pabrik dibebankan terlalu tinggi dan terlalu rendah mengakibatkan harga jual produk jadi tidak mampu diterima oleh pelanggan entitas.

Contoh soal dan cara menghitung biaya overhead pabrik per unit dilakukan agar perusahaan dapat mengendalikan harga jual di pasar. Perbedaan overhead pabrik dibebankan dan sesungguhnya akan terjadi berdasarkan anggaran yang ditetapkan perusahaan terhadap pengeluaran yang terjadi periode tersebut.

Cara Menghitung dan Contoh Analisis Biaya Overhead Pabrik


Biaya Overhead Pabrik Dibebankan Terlalu Tinggi atau Rendah

Biaya overhead pabrik dibebankan terlalu tinggi dan terlalu rendah berakibat pada harga pokok penjualan atas produk jadi. Penyebab terjadinya selisih bop aktual dan bop dibebankan karena ketidakefisiensi kegiatan produksi berdasarkan rencana produksi yang telah dirancang oleh manajer produksi.

Penyebab terjadinya selisih biaya overhead pabrik aktual tidak sesuai biaya overhead pabrik dibebankan karena adanya kesalahan dalam menentukan tarif bop pada akhir periode. Proses penganggaran bop dilakukan sebelum kegiatan produksi agar pihak marketing tahu berapakah harga jual akhir produk tersebut.

Apa penyebab terjadinya selisih biaya overhead pabrik karena entitas melaksanakan kegiatan produksi tidak sesuai rencana. Proses pengumpulan bop aktual dilaksanakan setiap periodenya dari data yang disajikan pihak perekrut karyawan dan manager gudang tentang persediaan barang jadi perusahaan.

Baca Juga: Jurnal Pelepasan Aktiva Tetap dan Pelaporannya

Contoh Soal Perlakuan Selisih Biaya Overhead Pabrik

Contoh soal perlakuan selisih biaya overhead pabrik dilaksanakan dalam rangka mendapatkan data tentang harga pokok penjualan. Perhitungan tarif bop dibebankan dimulai dari proses penganggaran, pemilihan dasar pembebanan dan penetapan kapasitas produksi yang digunakan pada periode tersebut.

Perlakuan selisih biaya overhead pabrik harus dicatat pihak akuntan perusahaan agar data tentang harga pokok penjualan dapat diterapkan ketika menggunakan sistem perhitungan persediaan metode fifo atau average. Perbedaan BOP aktual dan BOP dibebankan adalah biaya yang harus ditambahkan dalam persediaan barang jadi.

Contoh perlakuan selisih biaya overhread pabrik terlalu tinggi dan terlalu rendah berakibat pada harga jual yang diperuntukan memperoleh keuntungan. Sistem pengendalian internal persediaan akan membantu menetapkan harga jual barang setelah diperjualbelikan kepada pelanggan perusahaan.

Baca Juga: Langkah-Langkah Mengatur Termin Pembayaran di Myob

Cara Menghitung Analisis Selisih Biaya Overhead Pabrik Terlalu Tinggi atau Rendah

Contoh perhitungan analisis selisih biaya overhead pabrik terlalu tinggi atau rendah berdampak pada laporan posisi keuangan di akhir periode. BOP dibebankan dihitung dari tarif bop yang ditentukan dikalikan kapasitas produksi yang disesuaikan pada akhir periode setelah dilakukan pengecekan.

Bagaimana perlakuan jika pembebanan biaya overhead pabrik terlalu tinggi atau terlalu rendah disebabkan adanya ketidaksesuaian dengan rencana produksi. Biaya produksi dijadikan dasar bagi manajemen untuk menentukan harga jual yang mendapatkan keuntungan dimasa depannya.

Jurnal transaksi biaya overhead pabrik terjadi pada CV Staff Accounting yang merencanakan anggaran bop sebesar Rp 74.000.000. Pengumpulan biaya overhead pabrik sesungguhnya dilaksanakan setiap akhir periode sebesar Rp 93.000.000. Bagaimana cara menentukan selisih biaya overhead pabrik tersebut?

TanggalKeterangan Debit Kredit
04/04/2021PDP - BOP Rp 74.000.000
BOP Aplied Rp 74.000.000
(Jurnal Anggaran BOP)
14/04/2021BOP Aktual Rp 93.000.000
Kas Rp 18.600.000
Persediaan Bahan Penolong Rp 23.250.000
Hutang Gaji dan Upah Rp 32.550.000
Akumulasi Penyusutan Rp 18.600.000
(Jurnal BOP Sesungguhnya)
30/04/2021BOP Applied Rp 74.000.000
Selisih BOP Rp 19.000.000
BOP Aktual Rp 93.000.000
(Jurnal Perlakukan Selisih BOP)

Baca Juga: Contoh Soal Departementalisasi Biaya Overhead Pabrik

Demikian cara menghitung dan contoh soal analisis biaya overhead pabrik sesungguhnya dan bop dibebankan. Pengertian, tarif dan perlakuan bop applied yang tidak sesuai anggaran akan mengurangi jumlah pendapatan dan pembayaran pajak penghasilan badan tahunan yang harus disetorkan.

Posting Komentar untuk "Cara Menghitung dan Contoh Analisis Biaya Overhead Pabrik"