Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Jurnal Penutup Perusahaan Dagang dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal penutup perusahaan dagang dan jawabannya dilaksanakan oleh akuntan dalam rangka membuat laporan posisi keuangan untuk pelaporan perpajakan. Pengertian jurnal penutup menurut para ahli adalah jurnal yang digunakan untuk mengakhiri penggunaan akun nominal dalam suatu periode akuntansi.

Contoh soal jurnal penutup dan jurnal pembalik perusahaan jasa dan dagang diperlukan karena harus dipindahkan saldo-saldo nominal dan prive yang terjadi di perusahaan. Akun nominal adalah akun yang bersifat sementara karena hanya digunakan satu periode akuntansi untuk menilai kinerja perusahaan.

Jurnal penutup dan jurnal pembalik akuntansi pengantar berguna setelah penyusunan neraca saldo. Jurnal pembalik adalah jurnal yang digunakan untuk membalik transaksi pendapatan yang terjadi di periode sebelumnya. Adanya kemungkinan kesalahan dalam pencatatan akuntansi dapat dibuatkan jurnal koreksi.



Pengertian dan Tujuan Pembuatan Jurnal Penutup

Pengertian jurnal penutup menurut para ahli adalah jurnal yang digunakan untuk melaksanakan tindakan pengakhiran periode akuntansi. Penandingan kinerja keuangan harus diselenggarakan selama satu periode agar pendapatan dan biaya dapat dilaporkan sesuai keadaan yang sebenarnya terjadi di perusahaan tersebut.

Tujuan pembuatan jurnal penutup adalah mengakhiri siklus akuntansi dan melaporkan kinerja keuangan yang berlaku pada periode tersebut. Akun riil adalah akun yang dibawa ke periode selanjutnya yaitu aktiva, liabilitas dan ekuitas yang harus dipertanggungjawabkan ke pemilik modal.

Fungsi jurnal penutup adalah melaporkan laba ditahan yang diperoleh selama satu periode akuntansi agar dapat dinilai kinerja keuangannya. Laporan pajak penghasilan badan berguna untuk memaksimalkan laba yang ada diperusahaan agar didapatkan keuntungan dan kerugiannya.

Baca Juga: Contoh Kasus Rekonsiliasi Bank dan Jawabannya

Contoh Jurnal Penutup Perusahaan Dagang dan Jasa

Contoh jurnal penutup perusahaan dagang dan jasa berlaku bagi entitas yang melaksanakan pelaporan keuangan tahunan. Jurnal penutup perusahaan perseorangan akan melibatkan pengambilan pribadi oleh pemilik modal sehingga akan mengurangi jumlah investasi yang dilaksanakannya.

Contoh soal jurnal penutup akuntansi pengantar dapat berbentuk pilihan ganda dan soal essay bagi ulangan akhir semester atau ulangan tengah semester. Akun prive adalah akun yang digunakan untuk menampung sementara penggunaan dana pribadi pemilik modal yang menggunakan uang perusahaan.

Contoh soal dan jawaban jurnal penutup telah dilaporkan oleh CV Staff Accounting pendapatan sebesar Rp 59.460.000. CV Staff Accounting dikenakan biaya sebesar Rp 34.005.000 dan pemilik mengambil uang pribadi sebesar Rp 1.450.000. Bagaimana cara membuat jurnal penutup perusahaan dagang?

Baca Juga: Cara Menyusun Neraca Saldo dari Buku Besar

Cara Membuat Jurnal Penutup

Cara membuat jurnal penutup perusahaan jasa dan perusahaan dagang berlaku hanya untuk akun nominal. Buku besar terdiri dari akun nominal dan akun riil. Akuntan harus dapat melaporkan catatan atas laporan posisi keuangan berkaitan dengan transaksi yang terjadi selama satu periode akuntansi.

Dokumen yang digunakan untuk menyusun jurnal penutup adalah ringkasan pendapatan dan biaya selama satu periode. Bagi entitas, faktur pajak dapat digunakan untuk memprediksi penghasilan yang dilaporkan ke dirjen pajak. Biaya yang telah terjadi selama satu periode diperuntukan untuk membantu transaksi perusahaan.

Cara menyusun jurnal penutup akuntansi pengantar akan dimulai dengan menghitung pendapatan dan biaya. Akun prive akan mengurangi jumlah modal pemilik terutama di perusahaan perseorangan. Bagaimana cara membuat jurnal penutup perusahaan dagang sebagai berikut;

TanggalKeterangan Debit Kredit
30/12/2021Pendapatan Rp 59.460.000
Biaya Rp 34.005.000
Prive Rp 1.450.000
Ikhtisar Laba Rugi Rp 24.005.000
30/12/2021Ikhtisar Laba Rugi Rp 24.005.000
Laba Ditahan Rp 24.005.000

Baca Juga: Contoh Soal Jurnal Pembalik Perusahaan Dagang

Demikian contoh soal jurnal penutup perusahaan dagang dan jawabannya semoga dapat membantu menjawab pilihan ganda dan soal essay ulangan akhir semester. Setelah penutupan buku, maka akuntan dapat membuat laporan posisi keuangan untuk melaporkan ke perpajakan.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Jurnal Penutup Perusahaan Dagang dan Jawabannya"