Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal dan Jurnal Penghentian Aktiva Tetap (Laba atau Rugi)

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jurnal penghapusan aktiva tetap dapat menghasilkan keuntungan dan kerugian ketika terjadi selisih nilai buku dan harga wajar. Perusahaan akan mempertimbangkan pelepasan aset ketika tidak ada manfaat ekonomis yang didapatkan dan biaya perbaikan aset lebih tinggi daripada manfaatnya.

Cara menghentikan aktiva tetap dapat dilakukan melalui pertukaran, dibuang atau penghentian pemakaian dan penjualan aktiva bekas kepada pihak ketiga. Kondisi seperti apa perusahaan dapat memutuskan untuk menghentikan pemakaian aktiva tetap yaitu ketika entitas merasa tidak mendapatkan manfaat ekonomis lagi.

Jurnal penghentian aset tetap jika memperoleh laba dan rugi berakibat pada laporan laba rugi komprehensif yang dilaporkan di akhir periode. Mengapa harga penjualan, nilai residu, nilai buku berpengaruh terhadap pelepasan aktiva tetap karena adanya kemungkinan rugi dan laba yang diperoleh.

Contoh Soal dan Jurnal Penghentian Aktiva Tetap (Laba atau Rugi)


Cara Menghentikan Pemakaian Aset Tetap

Suatu aktiva tetap dapat dihentikan pemakaiannya ketika sudah mencapai umur manfaat dan tidak didapatkan lagi manfaat ekonomisnya. Aktiva yang dihentikan pemakaiannya tetapi masih dapat digunakan setelah depresiasi penuh maka perusahaan tidak perlu membuat jurnal penyusutan di akhir periode.

Alasan dan penyebab perusahaan menghentikan atau melakukan pelepasan aktiva tetap adalah melakukan penghematan biaya perbaikan atas kekayaan untuk membeli aset tetap. Pencatatan ketika aktiva tetap tidak digunakan lain melalui penjualan, pertukaran bahkan pelepasan bergantung kebijakan akuntansi yang digunakan.

Pengeluaran modal adalah pengeluaran perusahaan dalam rangka meningkatkan efisiensii dan kapasitas produksi dari mesin yang digunakan. Biaya reparasi mesin dan bangunan harus dipertimbangkan untuk mempertahankan agar aset tetap masih dapat digunakan perusahaan sampai akhir periode akuntansi.

Baca Juga: Jurnal Pertukaran Aktiva Tetap dan Jawabannya

Soal dan Jawaban Penghentian Pemakaian Aktiva Tetap

Soal dan jawaban penghentian pemakaian aset tetap berlangsung ketika perusahaan memutuskan untuk tidak menggunakan lagi aset tersebut. Perbedaan pengeluaran modal dan pengeluaran pendapatan harus dilaksanakan agar dapat diketahui mekanisme pengalokasian biaya reparasi atas aset tersebut.

Contoh soal dan jawaban penghentian pemakaian aktiva tetap dapat dilakukan ketika entitas menetapkan harga jual dan nilai buku akhir periode. Nilai wajar adalah nilai yang digunakan perusahaan untuk mengalokasikan biaya transaksi atas kekayaan perusahaan yang hendak diperjualbelikan.

Penghentian pemakaian aset tetap dapat dilakukan menggunakan sistem pengendalian internal kas dan setara kas. Bagi perusahaan, aktiva tetap adalah kekayaan yang digunakan untuk membantu kegiatan produksi karena memiliki manfaat ekonomis lebih dari satu periode akuntansi dan harus dilakukan penyusutan.

Baca Juga: Contoh Soal Revaluasi Aktiva Tetap

Jurnal Transaksi Penghentian Pemakaian Aset Tetap

Jurnal transaksi penghentian pemakaian aset tetap akan menghasilkan keuntungan dan kerugian menyesuaikan nilai buku di akhir periode. Setiap transaksi yang berlangsung di perusahaan akan menghasilkan peristiwa harus membayarkan tagihan kena pajak dan piutang tak tertagih.

Contoh soal penghapusan aset tetap terjadi pada CV Staff Accounting yang telah membeli kendaraan seharga Rp 71.360.000. Kendaraan akan disusutkan selama 8 tahun. Pada akhir tahun ke enam, kendaraan mengalami kerusakan parah dan manajemen memutuskan menghentikan pemakaiannya.

Cara menghitung biaya perolehan, nilai residu dan keuntungan atau kerugian perusahaan ketika terjadi pelepasan aktiva tetap bergantung pada kebijakan perusahaan. Penerimaan kas dan setara kas dari hasil pertukaran aset dan penjualan aset bekas harus disesuaikan kebijakan akuntansinya. Adapun perhitungannya sebagai berikut:

Harga Perolehan Rp    71.360.000
Depresiasi Rp 53.520.000
Kerugian Perusahan Rp 17.840.000

Jurnal transaksi penghentian pemakaian dan pertukaran harus menghitung penyusutan yang telah terjadi. Aset tetap yang telah dilakukan depresiasi penuh tetapi masih dapat digunakan maka perusahaan tidak perlu melakukan pencatatan jurnal penyusutan lagi di periode selanjutnya.

KeteranganDebitKredit
Akumulasi Depresiasi Rp 53.520.000
Beban Kerugian Penghentian Aset Tetap Rp 17.840.000
   Mesin Rp 71.360.000

Baca Juga: Contoh Kasus Pertukaran Aktiva Tetap dan Jawabannya

Demikian contoh soal dan jurnal penghentian aktiva tetap jika menghasilkan laba dan rugi semoga dapat membantu mengalokasikan keuntungan perusahaan diakhir periode. Biaya perolehan adalah pengeluaran perusahaan dalam rangka memiliki aset tetap untuk kegiatan produksi.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal dan Jurnal Penghentian Aktiva Tetap (Laba atau Rugi)"