Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Pembentukan Persekutuan

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban akuntansi pembentukan persekutuan dilakukan agar sekutu yang ingin bergabung dengan perusahaan dapat menyetorkan kas dan setara kas. Penyetoran modal awal selain kas akan dinilai berdasarkan harga wajar pada saat aktiva tetap diserahkan kepada perusahaan untuk dipergunakan.

Pembentukan persekutuan akuntansi keuangan lanjutan dipergunakan sebagai soal essay dan pertanyaan wawancara. Akuntansi pendirian firma dilaksanakan karena adanya sekutu yang belum memiliki usaha dan sekutu yang sudah memiliki usaha. Pembukuan menggunakan buku baru dan lama harus disesuaikan kebijakan perusahaan.

Pertanyaan dan soal essay persekutuan menjadi pembahasan materi akuntansi keuangan lanjutan. Materi persekutuan terdiri dari pendirian, perubahan pemilikan, pembagian laba rugi firma bahkan proses likuidasi yang diharuskan membayarkan hutang kepada pihak external terlebih dahulu.

Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Pembentukan Persekutuan


Pembentukan Persekutuan Akuntansi Keuangan Lanjutan

Pembentukan persekutuan akuntansi keuangan lanjutan dilakukan agar perusahaan memperoleh keuntungan dari adanya selisih nilai buku dan harga wajar aktiva non kas yang diserahkan sekutu. Prosedur akuntansi pendirian firma terdiri dari penggunaan buku baru dan meneruskan buku lama.

Materi pembentukan persekutuan akuntansi keuangan lanjutan menjadi dasar dalam memutuskan metode akuntansi yang dipergunakan perusahaan. Apabila firma didirikan oleh sekutu yang belum memiliki usaha maka setoran pertama harus dicatat sebagai tambahan modal yang ada diperusahaan dalam buku mutasi modal.

Akuntansi pendirian firma berlaku bagi seluruh pencatatan yang ada diperusahaan untuk mendokumentasikan seluruh kekayaan perusahaan. Kekayaan perusahaan yang berasal dari pemilik disebut ekuitas. Kekayaan perusahaan yang berasal dari pinjaman pihak ketiga disebut liabilitas.

Baca Juga: Tujuan dan Manfaat Didirikannya Persekutuan

Soal dan Jawaban Uts dan Uas Akuntansi Keuangan Lanjutan 1

Soal dan jawaban uts akuntansi keuangan lanjutan 1 dilakukan agar perusahaan memperoleh keuntungan atas modal yang disetorkan. Tambahan modal yang berasal dari aktivitas perusahaan disebut laba ditahan. Laba ditahan boleh dibagikan kepada masing-masing sekutu sesuai kesepakatan.

Soal dan jawaban uas akuntansi keuangan lanjutan 1 materi persekutuan hendaknya menjadi dasar bagi firma untuk mencatat transaksi kas dan setara kas yang diserahkan sekutu. Karakteristik firma yaitu ownership of an interest in a partnership dapat diterapkan ketika adanya setoran awal sekutu baru.

Contoh soal dan jawaban persekutuan terjadi pada Firma Staff Accounting yang akan didirikan oleh tuan ali, ahmad dan ardi. Akta pendirian persekutuan mewajibkan masing-masing sekutu menyetorkan kas dan setara kas sesuai dengan jumlah modal disetorkan dan modal ditanam yang disepakati.

Akuntansi setoran kas dan aktiva non kas yang harus dicatat perusahaan yaitu

Penyerahan Ali Ahmad Ardi
Kas Rp 90.000.000 Rp 54.000.000
Tanah Rp 50.000.000
Bangunan Rp 10.000.000 Rp 56.000.000
Kendaraan Rp 42.500.000
Jumlah Rp 100.000.000 Rp 106.000.000 Rp 96.500.000

Baca Juga: Cara Menghitung Persediaan Akhir Metode Identifikasi Khusus

Jurnal Akuntansi Pendirian Persekutuan Firma

Jurnal akuntansi pendirian persekutuan firma menyesuaikan jenis aktiva yang diserahkan kepada perusahaan. Setiap kekayaan yang telah disetorkan kepada perusahaan dianggap sebagai kekayaan bersama sehingga setiap penggunaannya harus mendapatkan persetujuan dari sekutu lain.

Jurnal yang harus dibuat untuk mencatat transaksi penyetoran modal masing-masing sekutu bergantung pada kebijakan akuntansi di perusahaan. Aktiva tetap non kas yang disetorkan harus dinilai terlebih dahulu oleh aktuaris atau dihargai sesuai nilai wajar pada saat penyerahan aktiva tetap tersebut.

Jurnal transaksi akuntansi pendirian firma dilakukan agar seluruh kekayaan yang telah disetorkan sekutu dapat dilaporkan di laporan posisi keuangan. Adapun jurnal transaksi yang dibuat berdasarkan contoh soal dan jawaban akuntansi pembentukan persekutuanadalah

Tanggal Keterangan Debit Kredit
01/05/2021Kas Rp 144.000.000
Tanah Rp 50.000.000
Bangunan Rp 66.000.000
Kendaraan Rp 42.500.000
Modal Tuan Ali Rp 100.000.000
Modal Tuan Ahmad Rp 106.000.000
Modal Tuan Ardi Rp 96.500.000
(Jurnal mencatat transaksi penyerahan modal awal sekutu)

Baca Juga: Contoh Perhitungan Analisis Biaya Overhead Pabrik

Video Animasi Persekutuan Akuntansi Keuangan

Video animasi persekutuan akuntansi keuangan lanjutan dipergunakan sebagai materi firma tentang pendirian, pembubaran, pembagian laba rugi firma bahkan likuidasi persekutuan.



Demikian contoh soal dan jawaban akuntansi pembentukan persekutuan semoga dapat memahami prosedur masuknya sekutu baru dan keluarnya sekutu lama. Syarat-syarat pengambilan pribadi karyawan diharuskan agar seluruh sekutu dapat mematuhi aturan dan karakteristik persekutuan.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Pembentukan Persekutuan"