Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Pendirian Persekutuan Metode Buku Baru

Konten [Tampil]

Contoh soal pendirian persekutuan metode buku baru dan buku lama dapat dilakukan untuk mencegah kemungkinan kecurangan dalam setoran modal awal. Masuknya anggota sekutu baru dapat menyetorkan kas dan aktiva non kas agar memperoleh persentase pembagian laba rugi persekutuan sesuai akta pendirian.

Contoh soal akuntansi pembentukan persekutuan hendaknya mengikuti aturan kebijakan pembagian saham sesuai akta pendirian. Pengertian persekutuan menurut para ahli adalah organisasi laba yang didirikan oleh sekutu yang memiliki ide bisnis dengan menyatukan kepentingan diantara para pemodal.

Pada saat pembentukan parnership aset yang diinvestasikan masing-masing sekutu dicatat pada laporan mutasi modal. Perubahan pemilikan persekutuan dapat dilakukan walaupun masing-masing sekutu akan memperoleh hak atas laba dan rugi sesuai akta pendirian baru. Sekutu aktif akan memperoleh laba lebih besar.

Contoh Soal Pendirian Persekutuan Metode Buku Baru

Pengertan Persekutuan Menurut Para Ahli

Pengertian persekutuan menurut para ahli adalah sebuah perusahaan yang didirikan oleh anggota yang sudah memiliki usaha atau belum yang berguna untuk meningkatkan laba ditahannya. Persekutuan lebih dikenal dengan firma atau partnership karena gabungan antara beberapa modal dari anggota yang terlibat.

Pengertian firma menurut para ahli adalah organisasi yang didirikan untuk meningkatkan modal ditahan sehingga perusahaan memperoleh kas dan setara kas yang lebih besar. Pada saat pembentukan partnership aset yang diinvestasikan sekutu akan dicatat pada laporan perubahan modal firma.

Definisi persekutuan menurut para ahli adalah badan usaha yang didirikan oleh para sekutu yang telah menyetorkan kas dan aktiva non kas dengan metode pembukuan buku lama atau buku baru. Sekutu akan memperoleh pembagian laba rugi setelah terjadinya terjadinya pembayatan gaji dan bonus.

Baca Juga: Metode Likuidasi Persekutuan

Contoh Soal Pembentukan Persekutuan Metode Buku Baru

Contoh soal pembentukan persekutuan metode buku baru berarti sekutu yang sudah memiliki usaha akan mengakhiri pembukuannya dan membuat pencatatan dengan prosedur akuntansi buku baru yang terpisah dari kegiatan yang sudah ada. Tanggal invoice dan faktur pajak sebaiknya sama untuk menghindari pemeriksaan pajak.

Contoh soal persekutuan akuntansi keuangan lanjutan berakibat pada neraca persekutuan awal. Setoran modal awal sekutu dapat dilaporkan sebagai ekuitas dan harus diposting pada buku besar. Buku besar adalah buku yang digunakan untuk mencatat transaksi per item pos laporan keuangan secara rinci.

Contoh soal dan jawaban akuntansi pembentukan persekutuan terjadi pada CV Staff Accounting yang telah didirikan dengan modal sebesar Rp 45.000.000 oleh 2 orang sekutu. Pembagian modal sebesar 3:1. Bagaimana cara membuat jurnal pencatatan setoran modal awal yang dilakukan oleh para sekutu tersebut.

Baca Juga: Perbedaan Firma dan Perseroan Terbatas

Jurnal Setoran Modal Sekutu Metode Buku Baru

Jurnal setoran modal sekutu baru dengan menggunakan metode pencatatan buku baru tentu akan mempertimbangkan kemampuan lebih yang dimiliki sekutu. Metode bonus dan metode goodwill dipilih sebagai upaya mengalokasikan kemampuan yang dimiliki masing-masing sekutu terhadap modal disetorkan.

Jurnal pembentukan persekutuan dapat dilakukan karena sekutu akan menyetorkan kekayaan berupa kas atau jenis harta lainnya. Neraca persekutuan akan berisikan informasi tentang seluruh kekayaan yang telah disetorkan ke perusahaan untuk mengerjakan ide bisnis yang telah dirancang sesuai perjanjian kerja.

Contoh jurnal pembentukan persekutuan dan jawabannya wajib dilakukan terutama yang berkaitan dengan transaksi keuangan. Transaksi adalah seluruh aktivitas bisnis yang melibatkan penerimaan kas dan pengeluaran kas. Adapun jurnal pendirian firma yang harus dibuat ketika terjadi setoran modal kas adalah:

TanggalKeterangan Debit Kredit
04/08/2021Kas Rp 45.000.000
Modal Staff Accounting Rp 33.750.000
Modal Staff Administrasi Rp 11.250.000

Baca Juga: Contoh Soal Penggabungan Usaha Metode Pooling of Interest

Demikian contoh soal pendirian persekutuan metode buku baru dan melanjutkan buku lama akuntansi keuangan lanjutan. Agar pembentukan firma dapat dilanjutkan maka perusahaan hendaknya membentuk sistem pengendalian internal atas kas, penjualan dan pembelian bahkan sistem penyimpanan barang dagang.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Pendirian Persekutuan Metode Buku Baru"