Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal dan Jurnal Pendiskontoan Wesel Tagih

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jurnal pendiskontoan wesel tagih merupakan tindakan entitas untuk melangsungkan operasinya dengan memperoleh arus kas lebih cepat. Wesel tagih adalah piutang yang berasal dari jaminan pelunasan tagihan yang diberikan oleh lawan transaksi disertai tingkat bunga per tahun yang dijanjikan.

Contoh soal hutang wesel bunga dan pembahasannya berkaitan dengan piutang wesel atas laporan posisi keuangan diterbitkan. Penurunan nilai piutang akan terjadi ketika tagihan tidak dilunasi sesuai jangka waktunya, bunga dan pokok pinjaman tertunggak dan adanya keputusan pengadilan tentang pailit.

Contoh perhitungan diskonto piutang bunga wesel terjadi ketika adanya peminjaman hutang piutang dan penjualan kredit. Tarif diskonto wesel adalah harga yang berani dibayarkan oleh perbankan atas penyerahan surat wesel sebelum masa jatuh tempo dengan pembayaran kas dan setara kas secara tunai.

Contoh Soal dan Jurnal Pendiskontoan Wesel Tagih

Pengertian Diskonto Wesel Tagih

Pengertian diskonto wesel tagih adalah langkah perusahaan memperoleh kas lebih cepat daripada tanggal jatuh tempo pembayaran yang dijanjikan lawan transaksi. Pihak yang membeli wesel tagih adalah lembaga keuangan seperti bankan, koperasi, pengadaian dan orang pribadi yang ingin memperoleh bunga pinjaman.

Pengertian pendiskontoan wesel tagih adalah penjualan wesel tagih sebelum masa jatuh temponya. Harga jual wesel akan lebih murah karena pendapatan bunga yang akan diperoleh perusahaan diberikan kepada pihak pembeli. Karakteristik piutang wesel adalah dapat dipindahtangankan ke pihak lainnya.

Definisi pendiskontoan wesel tagih adalah alat yang digunakan untuk meminjam uang ke bank dengan menggunakan wesel sebagai jaminan. Pada saat perusahaan ingin mendiskontokan wesel yang perlu diperhatikan adalah penentuan tingkat bunga diskonto dan arus kas operasional yang diterima.

Baca Juga: Contoh Kasus Penurunan Nilai Piutang

Soal Pendiskontoan Piutang Wesel dan Jawabannya

Soal pendiskontoan piutang wesel dan jawabannya menjadi materi akuntansi keuangan menengah bab aktiva lancar. Aktiva lancar adalah kekayaan perusahaan yang dapat dicairkan dengan cepat tanpa mengurangi nilai. Wesel yang tidak dapat ditagihkan harus dibuatkan cadangan kerugian piutang.

Contoh soal pendiskontoal piutang wesel tagih dan jawabannya harus dapat dibayarkan pada tanggal jatuh tempo. Keterlambatan pembayaran wesel akan mengakibatkan berkurangnya kepercayaan dari pihak penjual untuk memberikan kebijakan penjualan kredit atas barang dan jasa yang diserahkan entitas.

Contoh kasus pendiskontoan wesel tagih terjadi pada CV Staff Accounting yang menerima wesel tagih sebesar Rp 19.468.000 dengan bunga 9% dan masa jatuh tempo 90 hari. Pada hari ke 65, CV Staff Accounting memutuskan mendiskontokan wesel karena ingin memperoleh kas lebih cepat. Berapakah kas yang diterima dari penjualan wesel?

Baca Juga: Tujuan Audit Pemerikaan Piutang Dagang

Jurnal Transaksi Penjualan Wesel Tagih (Diskonto Wesel)

Jurnal transaksi penjualan wesel tagih dapat dilakukan setelah entitas menandatangi pernyataan penjualan wesel. Apabila terjadi kegagalan karena pihak penerbit wesel tidak mampu membayarkan bunga dan pokok tagihan. Maka, pihak penjual yang akan menanggung kerugian penurunan piutang dagang.

Piutang yang berjangka waktu lebih dari satu tahun akan dianggap sebagai aktiva lancar. Pada saat perusahaan ingin mendiskontokan wesel yang perlu diperhatikan adalah penentuan harga jual dan kas yang didapatkan perusahaan. Tingkat bunga yang tercantum pada surat wesel adalah tingkat bunga pertahun.

Bagaimana cara menghitung bunga diskonto dan jangka waktu diskonto dapat dilakukan berdasarkan waktu pembayaran tagihan entitas. Meminjam uang ke bank dengan menggunakan wesel sebagai jaminan disebut proses diskonto. Adapun perhitungan harga jual wesel dengan tingkat diskonto sebesar 10% adalah

Nilai Nominal Wesel Rp 19.468.000
Tingkat Bunga Per Tahun9%
Tingkat Diskonto Wesel10%
Jatuh tempo90 hari
Hari Dijualnya wesel65 hari
Nilai wesel ketika jatuh tempo Rp 19.906.030
Nilai diskonto wesel Rp 359.414
Harga Jual Wesel ke Bank Rp 19.546.616

Baca Juga: Cara Menentuan Tanggal Jatuh Tempo Wesel

Demikian contoh soal dan jurnal pendiskontoan wesel tagih akuntansi pengantar bab hutang jangka pendek. Liabilitas jangka pendek adalah kewajiban perusahaan sebagai akibat transaksi di masa lalu yang mengharuskan entitas menyerahkan aktiva yang mengandung manfaat ekonomis.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal dan Jurnal Pendiskontoan Wesel Tagih"