Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Jurnal Transaksi Pembelian Barang Secara Kredit dan Tunai

Konten [Tampil]

Contoh jurnal transaksi pembelian barang secara kredit dan tunai diperlukan karena perusahaan akan mengalokasikan harga pokok penjualan. Liabilitas menurut para ahli adalahj kewajiban perusahaan sebagai akibat transaksi di masa lalu yang harus dibayarkan dimasa depan dengan mengeluarkan aktiva.

Jurnal transaksi pembelian barang dagang terdiri dari pengakuan pembelian aktiva, pembayaran tagihan secara periodik bahkan pembebanan bunga wesel ketika terlambat melakukan pembayaran. Jurnal penyesuaian persediaan barang dagang akan berguna di akhir periode untuk menentukan aktiva sebenarnya di perusahaan.

Pencatatan persediaan barang dengan metode fisik dan perpetual dilakukan untuk menghitung jumlah persediaan akhir periode. Jurnal khusus digunakan untuk mencatat transaksi-transaksi dibawah ini kecuali transaksi yang tidak melibatkan pengeluaran kas dan penerimaan kas pada periode yang berjalan.

Contoh Jurnal Transaksi Pembelian Barang Secara Kredit dan Tunai

Contoh Soal Pembelian Barang Dagang Secara Kredit

Contoh soal pembelian barang dagang secara kredit akan menimbulkan kewajiban jangka pendek. Perusahaan diwajibkan melaporkan seluruh liabilitas yang terdiri dari hutang jangka pendek dan hutang jangka panjang. Hutang dagang timbul ketika entitas melakukan pembelian aktiva secara tidak tunai.

Pengertian liabilitas menurut para ahli adalah kewajiban perusahaan untuk mengembalikan pinjaman atas penyerahan barang dan jasa kena pajak dimasa lalu yang mengakibatkan berkurangnya nilai manfaat ekonomis. Bukti transaksi atas pembelian barang secara kredit adalah faktur pajak dan proforma invoice.

Contoh soal dan jawaban pembelian barang dagang secara kredit terjadi pada CV Staff Accounting yang membeli bahan baku seharga Rp 800.000.000. Perjanjian kerja sama menunjukkan adanya DP sebesar Rp 150.000.000 dan sisanya sebanyak 6x dengan bunga 8%. Bagaimana cara membuat jurnal pembelian dan pembayaran tagihan setiap bulannya?

Baca Juga: Jurnal Penyesuaian Persediaan Barang Dagang Metode Perpetual

Jurnal Pembelian Barang Dagang (Kredit dan Tunai)

Jurnal pembelian barang dagang secara tunai akan melibatkan kas dan setara kas yang keluar untuk membayarkan aktiva tersebut. Pembelian aktiva dan barang dagang termasuk akun nominal yang artinya tidak akan dibawa ke periode selanjutnya apabila dijadikan beban pada periode berjalan.

Jurnal transakasi pembelian barang dagang secara kredit diwajibkan memberikan kepastian tentang tanggal jatuh tempo wesel tagih. Termin pembayaran adalah jangka waktu pembayaran tagihan sejak barang dikeluarkan dari gudang penjual dan sudah terutang pajak pertambahan nilai di entitas tersebut.

Jurnal khusus yang digunakan untuk mencatat transaksi penjualan dan pembelian barang secara kredit akan melibatkan arus kas yang keluar masuk di perusahaan. Bagi perusahaan, pembelian aktiva berguna untuk menjalankan kegiatan operasional agar didapatkan penghasilan di tahun berjalan.

TanggalKeterangan Debit Kredit
08/09/2021Persediaan Bahan Baku Rp 800.000.000
PPN masukan Rp 80.000.000
Kas Rp 150.000.000
Hutang Dagang Rp 730.000.000
(Jurnal Pembelian Barang Secara Kredit)

Baca Juga: Perbedaan Jurnal Persediaan Akhir Metode Fisik dan Perpetual

Jurnal Pembayaran Pembelian Angsuran

Sistem pengendalian internal atas pembelian dilaksanakan oleh pihak purchasing, pihak gudang dan pihak akuntan. Perusahaan akan membayarkan tagihan kepada lawan transaksi ketika diberikannya invoice, faktur pajak dan surat pemberitahuan pajak masa atas pajak pertambahan nilai.

Jurnal ppn masukan dan ppn keluaran diwajibkan bagi perusahaan yang telah dikukuhkan sebagai pengusaha kena pajak. Bukti transaksi atas pembelian barang secara kredit diwajibkan untuk mencegah adanya pembayaran tagihan yang berulang. Pembelian akan bertambah disisi debit dan hutang bertambah disisi kredit.

Jurnal pembayaran angsuran pembelian barang dagang secara kredit dapat didasarkan pada jumlah sisa hutang yang belum terlunasi. Pendapatan bunga dan biaya bunga akan dibebankan apabila entitas terlambat melaksanakan pembayaran diakhir periode. Adapun jurnal pelunasan tagihan atas transaksi pembelian adalah:

TanggalKeterangan Debit Kredit
30/09/2021Hutang Dagang Rp 121.666.667
Biaya Bunga Rp 4.866.667
Kas Rp 126.533.333
(jurnal pembayaran tagihan pertama)
31/10/2021Hutang Dagang Rp 121.666.667
Biaya Bunga Rp 4.055.556
Kas Rp 125.722.222
(jurnal pembayaran tagihan kedua)

Baca Juga: Kapan Liabilitas Jangka Pendek Diakui

Demikian contoh jurnal transaksi pembelian baragn secara kredit dan tunai akuntansi keuangan menengah dan akuntansi pengantar. Pertanyaan tentang liabilitas jangka pendek berkaitan dengan pengakuan awal dan pembayaran atas pokok hutang dan pengenaan bunga yang dibebankan periode berjalan.

Posting Komentar untuk "Contoh Jurnal Transaksi Pembelian Barang Secara Kredit dan Tunai"