Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Jurnal dan Metode Penghapusan Piutang Tak Tertagih Menurut Pajak

Konten [Tampil]

Contoh jurnal dan metode penghapusan piutang tak tertagih menurut pajak harus dilakukan karena lawan transaksi tidak bisa melakukan pembayaran hutang yang terjadi. Piutang adalah tagihan pembayaran yang diberikan perusahaan kepada pelanggan karena adanya penjualan kredit dimasa lampau.

Bagaimana jurnal penghapusan piutang dengan metode tidak langsung dalam myob dan accurate harus mempertimbangan ketentuan perpajakan. Tata cara penghapusan piutang tak tertagih diawali dengan melihat sistem pengendalian internal atas persetujuan pemberian kebijakan penjualan kredit kepada pelanggan.

Cara membuat tabel analisis umur piutang tak tertagih akan memberikan informasi tentang keterlambatan pembayaran yang dilakukan pelanggan. Pihak-pihak yang terlibat dalam transaksi piutang diantara kreditur dan debitur. Kreditur pihak yang memberikan kredit pembayaran barang dan jasa kepada pelanggan.

Contoh Jurnal dan Metode Penghapusan Piutang Tak Tertagih Menurut Pajak

Metode Langsung dan Metode Tidak Langsung Penghapusan Piutang

Apa yang dimaksud metode langsung dan metode tidak langsung dalam penghapusan piutang artinya perusahaan mengakui adanya tambahan biaya yang disebabkan adanya kecenderungan keterlambatan pembayaran tagihan. Penjualan kredit adalah transaksi jualbeli barang tetapi kas akan diterima dimasa depan.

Metode penghapusan piutang terdiri dari metode langsung dan metode tidak langsung. Metode langsung penghapusan piutang artinya perusahaan langsung mengurangi jumlah piutang tak tertagih pada periode tersebut dan akan mempengaruhi penggunaan konsep matching cost againt revenue di perusahaan.

Metode tidak langsung penghapusan piutang artinya perusahaan menggunakan akun cadangan kerugian piutang untuk mengantisipasi adanya piiutang tak tertagih. Standar akuntansi keuangan menganjurkan entitas menggunakan metode tidak langsung karena bermanfaat untuk memenuhi sistem perbandingan.

Baca Juga: Contoh Audit Pemeriksaan Piutang Dagang dan Jawabannya

Contoh Soal Metode Langsung Penghapusan Piutang

Contoh soal metode langsung penghapusan piutang akan mencatat kerugian piutang ke dalam biaya yang tidak dapat dibayarkan pelanggan. Piutang dapat dilunasi dengan pemberian kas, aktiva, pergantian sebagai modal atau jaminan kredit dengan menerbitkan wesel tagih ke perbankan.

Contoh soal dan jawaban metode langsung penghapusan piutang akan menunjukkan adanya kebijakan penjualan kredit. Nilai kerugian piutang yang sedikit menunjukkan perusahaan memberikan kebijakan penjualan kredit secara ketat dengan menilai kemampuan entitas dalam melakukan pembayaran di masa lalu.

Contoh soal dan jurnal penghapusan piutang tak tertagih terjadi pada CV Staff Accounting yang memberikan persetujuan pembayaran kredit sebesar Rp 79.000.000 selama 5 bulan. Pelanggan tidak dapat melunasi tagihan ketika terjadi pembayaran yang ke 4. Bagaimana cara membuat tabel analisis umur piutang?

Baca Juga: Jenis-Jenis Piutang dan Contohnya

Jurnal Penghapusan Piutang Tak Tertagih

Jurnal penghapusan piutang tak tertagih dan jawabannya akan diberlakukan menyesuaikan ketentuan umum perpajakan. Entitas pada dasarnya tidak boleh menjadikan biaya kerugian piutang sebagai biaya yang dapat mengurangi jumlah penghasilan kena pajak kecuali untuk beberapa jenis perusahaan.

Tata cara penghapusan piutang tak tertagih dan jawabannya harus dilakukan menyesuaikan kebijakan perusahaan. Cadangan kerugian piutang harus dibentuk ketika entitas menggunakan metode tidak langsung. Biaya kerugian piutang dianggap beban pada periode tersebut dan dibandingkan dengan pendapatan.

Metode penghapusan piutang yang diperbolehkan menurut peraturan perpajakan adalah metode tidak langsung. Syarat piutang yang nyata-nyata tidak dapat ditagih dalam menghitung penghasilan kena pajak harus memenuhi jenis kualifikasi entitas. Jurnal penghapusan piutang tak tertagih yang dibuat perusahaan adalah:

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2021Biaya Kerugian Piutang Rp 131.666.667
Piutang Usaha Rp 131.666.667

Baca Juga: Cara Membuat Tabel Analisis Umur Piutang

Demikian contoh jurnal dan metode penghapusan piutang tak tertagih menurut pajak dan akuntansi keuangan menengah. Ketentuan umum perpajakan tidak memperbolehkan entitas menjadikan kerugian piutang sebagai biaya pengurang penghasilan kena pajak karena berkaitan dengan kecurangan yang dapat dilakukan.

Posting Komentar untuk "Contoh Jurnal dan Metode Penghapusan Piutang Tak Tertagih Menurut Pajak"