Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Obligasi Premium dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh Soal Obligasi Premium dan Jawabannya harus diselenggarakan dalam rangka penerapan sistem pengendalian internal hutang jangka pendek dan hutang jangka panjang. Faktor-faktor yang mempengaruhi premium dan diskonto obligasi adalah tingkat bunga pasar atas risiko yang ditawarkan penerbit.

Soal dan jawaban hutang obligasi jangka panjang dan jangka pendek diwajibkan untuk diberikan kondisi keuangan dimasa depan. Pengertian liabilitas adalah kewajiban perusahaan atas transaksi masa lalu yang mengakibatkan adanya sumber daya modal dan mengandung manfaat ekonomis yang dikeluarkan dari entitas.

Kelebihan dan kekurangan obligasi premium dan obligasi diskonto berkaitan dengan sumber daya modal perusahaan. Bedanya suku bunga nominal dan suku bunga pasar berkaitan dengan risiko yang ditawarkan atas pembelian obligasi jangka panjang serta pendapatan bunga yang akan diterima setiap periodenya.

Contoh Soal Obligasi Premium dan Jawabannya

Pengertian dan Penilaian Utang Obligasi

Pengertian hutang obligasi menurut para ahli adalah kewajiban perusahaan yang terjadi karena adanya pemberian tambahan modal untuk jangka waktu tertentu diserta pembayaran bunga pada saat pembayarannya. Bunga obligasi adalah nilai yang tercantum pada surat obligasi yang dikeluarkan perusahaan penerbit.

Penilaian obligasi ditentukan berdasarkan harga jual yang ditawarkan atas mekanisme permintaan dan penawaran atas risiko ditanggung pemberi pinjaman. Keuntungan memiliki obligasi adalah perolehan pendapatan bunga dibayarkan penerbit obligasi setiap masa dan adanya kepastian tentang tanggal jatuh temponya.

Pengertian obligasi menurut para ahli adalah surat hutang yang diterbitkan dalam rangka memperoleh kepastian tentang jaminan pembayaran akhir periode. Cara menghitung obligasi adalah mempertimbangkan present value yang dikenakan atas seluruh tambahan manfaat ekonomis yang dikenakan perusahaan.

Baca Juga: Cara Menentukan Tanggal Jatuh Tempo Piutang Wesel dan Jawabannya

Contoh Soal Utang Obligasi Jangka Pendek dan Pembahasannya

Contoh soal utang obligasi jangka pendek dan pembahasannya dilakukan untuk mencegah terjadi kesalahan dalam pelaksanaan sistem pengendalian internal perusahaan. Cara menghitung tingkat bunga pasar berkaitan dengan risiko yang ditawarkan penerbit obligasi ketika investor mau menanamkan modal.

Obligasi diterbitkan dengan premium berarti perusahaan melakukan penjualan obligasi lebih tinggi daripada nilai nominal yang tercantum. Obligasi diterbitkan dengan diskonto berarti jumlah yang dibayarkan pada saat jatuh tempo akan lebih besar daripada jumlah ketika diterbitkan obligasi tersebut.

Metode suku bunga efektif berarti adanya penilaian bunga yang harus dibayarkan perusahaan ketika akhir periode. Jurnal penerbitan obligasi dan jurnal pembayaran bunga akan dilakukan sekali dan setiap periodenya setiap kali adanya transaksi pembayaran tagihan yang dilakukan oleh pihak ketiga.

Baca Juga: Contoh Soal PPh Pasal 21 Ditanggung Pemerintah dan Jawabannya

Jurnal Penerbitan Obligasi dan Pembayaran Bunga

Jurnal penerbitan obligasi dan pembayaran bunga hanya akan dicatat ketika transaksi terjadi. Obligasi dijual diantara tanggal pembayaran bunga dapat menggunakan metode suku bunga efektif. Pengertian obligasi menurut para ahli adalah surat untuk jaminan pemberian tambahan modal operasional entitas.

Contoh kasus penerbitan obligasi premium terjadi pada CV Staff Accounting yang membeli obligasi senilai Rp 78.000.000 dengan bunga 9% selama 4 tahun. Pada saat penjualan, suku bunga pasar yang berlaku adalah 6%. Bagaimana harga jual obligasi menggunakan nilai sekarang atau present value?

PV Nilai Nominal = Rp 78.000.000 x ( 1/ (1+6%)^4)
PV Nilai Nominal = Rp 61.783.305

PV Pembayaran Kupon = Rp 7.020.000 x ((1(1+6%)^-4)/6%)
PV Pembayaran Kupon = Rp 24.325.041

Harga Jual Obligasi = Rp 86.108.346

Harga jual obligasi lebih tinggi daripada nilai nominalnya sehingga akan terjadi premium obligasi. Pada saat pembayaran bunga akan berkurang premium tersebut. Jurnal penerbitan obligasi pada saat pemberian pinjaman kepada perusahaan yang menerbitkan surat obligasi adalah:

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/04/2021Kas Rp    86.108.346
Hutang Obligasi Rp 86.108.346
(Jurnal Penerbitan Obligasi)

Baca Juga: Contoh Soal Induk Perusahaan Membeli Saham Anak Perusahaan

Demikian contoh soal obligasi premium dan jawabannya akuntansi keuangan menengah. Pertanyaan tentang obligasi akan diberikan melalui ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester. Present value atau harga jual obligasi diperlukan dalam menentukan terjadinya premium atau diskonto.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Obligasi Premium dan Jawabannya"