Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Pendapatan Bunga Deposito Berjangka dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal pendapatan bunga deposito berjangka dan jawabannya merupakan pembahasan akuntansi keuangan menengah tentang materi aktiva lancar. Deposito terdiri dari deposito jangka panjang dan deposito jangka pendek yang dibedakan berdasarkan kapan waktu dapat dicairkan deposito tersebut.

Contoh soal deposito berjangka dan jurnalnya dilaksanakan untuk menghindari adanya biaya pinalti atas penarikan deposito sebelum masa jatuh temponya. Pengertian aktiva lancar adalah kekayaan perusahaan yang dapat digunakan dengan segera dan ditukarkan dengan barang lainnya tanpa mengurangi nilai nominalnya.

Cara menghitung pendapatan bunga deposito dan jawabannya dilaksanakan dengan mempertimbangkan tingkat bunga pasar dan jangka waktu pelunasannya. Bunga deposito merupakan objek pajak penghasilan yang harus dipotongkan sebelum nasabah mencairkan dana pada waktu jatuh tempo yang telah disepakatinya.

Contoh Soal Pendapatan Bunga Deposito Berjangka dan Jawabannya

Kelebihan dan Kekurangan Deposito Berjangka

Kelebihan dan kekurangan deposito berjangka berkaitan dengan waktu pencairan dana dan biaya pinalti yang dikenakan kepada nasabah. Tarif pajak penghasilan bunga deposito adalah 20% dari total pendapatan modal yang harus disetorkan paling lambat tanggal 10 setiap akhir bulan berikutnya dan diberikannya bukti potong.

Kekurangan deposito berjangka adalah nasabah tidak dapat menarik dana sebelum masa jatuh temponya tercapai kecuali nasabah mau membayarkan biaya pinalti sebesar 0,2-3% dari nilai nominal deposito. Deposito 10 juta dapat bunga berapa yaitu mengikuti kebijakan perbankan atas investasi tersebut.

Kelebihan deposito berjangka adalah nasabah akan memperoleh pendapatan bunga atas investasi yang telah diberikannya. Sertifikat deposito merupakan hak dari nasabah setelah menyetujui penggunaan dana untuk keperluan perbankan ketika melakukan investasi jangka pendek dan jawabannya.

Baca Juga: Cara Menghitung Bunga Wesel dan Jurnal Transaksinya

Contoh Soal Bunga Deposito dan Jawabannya

Contoh soal bunga deposito dan jawabannya akan diakui sebagai aktiva pada laporan posisi keuangan. Pengertian laporan posisi keuangan adalah informasi tentang aset, liabilitas dan ekuitas perusahaan setelah menjalankan kegiatan operasional melalui pendapatan dan biaya yang dikeluarkan.

Contoh soal deposito berjangka dan jawabannya akan digunakan sebagai dasar pelaporan keuangan tahunan entitas. Laporan laba rugi adalah informasi tentang kinerja keuangan ketika berhasil menjalankan operasionalnya sehingga didapatkan penghasilan kena pajak untuk disetorkan ke negara.

Soal deposito jangka pendek dan jangka panjang terjadi pada tuan brainly memiliki kas sebesar Rp 8.500.000 untuk membeli deposito dengan bunga pertahun 8%. Berapakah kas yang diterima tuan brainly tiga bulan selanjutnya dan buatlah jurnal transaksi deposito yang harus dibuat tersebut.

Baca Juga: Contoh Bukti Potong Pph Pasal 4 Ayat 2 Deposito

Cara Menghitung Pendapatan Bunga Deposito dan Rumusnya

Cara menghitung pendapatan bunga deposito dan rumusnya dilakukan untuk menghindari adanya kenaikan pengenaan pajak penghasilan. Tarif pajak penghasilan atas bunga deposito sebesar 20% dan harus dipotongkan dari uang kas yang diterima nasabah ketika melakukan pencairan dana tersebut.

Contoh perhitungan dan rumus bunga deposito harus diselenggarakan setelah mengikuti aturan perpajakan yang berlaku. Biaya pinalti penarikan deposito sebelum masa jatuh tempo harus disepakati dan dibayarkan oleh nasabah. Cara menghitung pendapatan bunga deposito per bulan adalah

Pendapatan bunga = Rp 8.500.000 x 8% x (1/12)
Pendapatan bunga = Rp 56.667

Jurnal transaksi pembuatan rekening deposito dan pencairan dana yang dapat dicatat ketika entitas telah mengalokasikan seluruh sumber daya modalnya. Nasabah akan diberikan bukti potong pph pasal 4a ayat 2 yang tidak dapat dijadikan sebagai kredit pajak. Adapun jurnal deposito berjangka sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
10/08/2022Deposito Berjangka Rp 8.500.000
Kas Rp 8.500.000
(Pembukaan rekening deposito)
08/11/2022Kas Rp 8.636.000
PPh Pasal 4 Ayat 2 Dibayar Dimuka Rp 34.000
Deposito Berjangka Rp 8.500.000
Pendapatan Bunga Deposito Rp 170.000
(jurnal Pencairan Deposito)

Baca Juga: Contoh Jurnal Pembelian Barang Dagang dan Jawaban

Demikian contoh soal pendapatan bunga deposito berjangka dan jawabannya brainly akuntansi keuangan menengah. Pembukaan rekening deposito, pendapatan bunga deposito per bulan dan biaya pinalti yang dikenakan ketika mencairkan dana sebelum masa jatuh tempo akan mempengaruhi entitas..

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Pendapatan Bunga Deposito Berjangka dan Jawabannya"