Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa dan Dagang

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal penyesuaian perusahaan jasa dan dagang diperlukan dalam proses pembuatan laporan laba rugi dan posisi keuangan. Mengapa perusahaan perlu menyesuaikan transaksi dikarenakan memenuhi prinsip akuntansi yang berterima umum seperti penandingan dan periode pelaporan keuangan entitas.

Mengapa perlu dibuat ayat jurnal penyesuaian sebab entitas harus menyesuaian pencatatan dengan kejadian yang sebenarnya ada di perusahaan. Dasar pencatatan dalam akuntansi terdiri dari cash basis dan akrual basis. Perusahaan dapat menetapkan peredaran bruto atau pembukuan transaksi ketika melaporkan pajak penghasilan.

Kapan jurnal penyesuaian dibuat perusahaan tentu diawal periode selanjutnya. Dasar akrual dan dasar tunai diwajibkan dalam mengalokasikan seluruh informasi keuangan entitas. Pendapatan akan dicatat ketika didapatkan manfaat ekonomis dimasa depan. Beban akan dicatat ketika besar kemungkinan entitas mengeluarkan sumber daya.

Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa dan Dagang

Prinsip-Prinsip Dasar Akuntansi

Prinsip-prinsip dasar akuntansi harus dijadikan konsep dalam mencatat transaksi yang ada di perusahaan. Pengertian transaksi menurut para ahli adalah segala aktivitas perusahaan yang menyebabkan kas bertambah dan kas berkurang baik arus kas operasional, arus kas investasi dan arus kas pendanaan.

Asumsi pencatatan dalam akuntansi perlu mempertimbangkan dasar akrual. Dasar akrual akan mengakui segala transaksi pada saat terjadinya perubahan sumber daya perusahaan walaupun tidak menerima kas dan setara kas. Kas adalah alat pembayaran yang likuid atas seluruh transaksi yang ada di perusahaan tersebut.

Prinsip dasar akuntansi terdiri dari prinsip periode, prinsip pendapatan, prinsip penandingan dan prinsip pengakuan item laporan keuangan. Jangka waktu periode akuntansi umumnya berlangsung dari bulan januari sampai desember. Pendapatan hanya boleh diakui pada saat diperolehnya manfaat ekonomis, bukan sebelum manfaat didapatkan.

Baca Juga: Contoh Kasus Penjualan Angsuran dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang dan Jasa

Contoh soal jurnal penyesuaian perusahaan dagang dan jasa dilakukan sebagai dasar melaporkan transaksi yang ada di perusahaan. Apakah perusahaan wajib melakukan penyesuian terjadi transaksi periode berjalan? tentu saja. Karena entitas menerapkan pembatasan periode akuntansi yang dilaporkan.

Kategori jurnal penyesuaian laporan keuangan terdapat kelompok akrual dan kelompok deferal. Bedanya akun nominal dan akun riil berdampak pada item yang dilaporkan pada laporan keuangan. Catatan atas laporan keuangan dan opini auditor dijadikan dasar menilai kewajaran penyajian informasi keuangan manajemen.

Contoh soal dan jawaban jurnal penyesuaian perusahaan dagang terjadi pada CV Staff Accounting yang melaporkan perlengkapan sebesar Rp 42.000.000 pada awal periode akuntansi. Perlengkapan kantor yang tersisa pada akhir periode berdasarkan hasil opname adalah Rp 16.000.000. Bagaimana jurnal penyesuaian perlengkapan yang harus dibuat?

Baca Juga: Pengertian dan Contoh Soal Rasio Perputaran Persediaan Barang Dagang

Cara Membuat Jurnal Penyesuaian Perlengkapan yang Tersisa di Akhir Periode

Cara membuat jurnal penyesuaian perlengkapan yang tersisa diakhir periode perlu mempertimbangkan saldo awal perlengkapan, pembelian barang bahkan hasil stock opname kepala gudang. Perlengkapan kantor termasuk aktiva lancar dan akun riil yang dilaporkan pada neraca saldo setiap periode akuntansi.

Cara menghitung beban perlengkapan kantor dapat menggunakan rumus sebagai berikut:

Beban Perlengkapan = Saldo Awal + Pembelian Perlengkapan Kantor - Saldo Akhir (Hasil Opname)

Cara membuat jurnal penyesuaian dari neraca saldo digunakan sebagai saldo awal sebuah akun atau rekening. Akun adalah tempat menyimpan seluruh mutasi informasi keuangan. Transaksi apa saja yang memerlukan jurnal penyesuaian adalah beban dan pendapatan dibayar dimuka, perlengkapan kantor bahkan penyusutan aktiva.

Contoh perhitungan beban pemakaian perlengkapan kantor harus menyesuaikan hasil opname yang dilakukan kepala gudang. Kapan waktu pembuatan jurnal penyesuaian yang tepat? yaitu setelah seluruh informasi keuangan dipublikasikan di perusahaan. Maka, perhitungan beban perlengkapan kantor yang periode berjalan adalah

Beban Perlengkapan = Rp 42.000.000 - Rp 16.000.000
Beban Perlengkapan = Rp 26.000.000

Jurnal penyesuaian perlengkapan kantor yang harus dibuat perusahaan dagang dan jasa sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/08/2021Beban Perlengkapan Kantor Rp 26.000.000
Perlengkapan Kantor Rp 26.000.000
(Jurnal penyesuaian pemakaian perlengkapan kantor)

Baca Juga: Cara Menghitung Beban Penyusutan Aktiva Tetap Metode Saldo Menurun Berganda

Demikian contoh soal jurnal penyesuaian perusahaan jasa dan dagang akuntansi pengantar. Transaksi yang memerlukan jurnal penyesuaian harus didasarkan pada prinsip perbandingan pendapatan dan beban serta prinsip periode akuntansi agar dapat menghasilkan kinerja keuangan yang lebih akurat.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa dan Dagang"