Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Rekonsiliasi Bank 2, 4 dan 8 Kolom Beserta Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal rekonsiliasi bank 2, 4 dan 8 kolom beserta jawabannya harus diselenggarakan untuk menyesuaikan saldo kas yang ada dibank agar sama dengan saldo kas di buku besar. Buku pembantu piutang, hutang dan persediaan digunakan agar dapat merinci secara pasti tentang informasi keuangannya.

Kejadian apa saja yang menyebabkan adanya rekonsiliasi bank diantaranya pembayaran dan penerimaan bunga bank, setoran dalam perjalanan, cek kosong dan kesalahan pencatatan transaksi. Setiap perusahaan yang memiliki rekening bank wajib melaksanakan rekonsiliasi guna menyamakan saldo dengan buku besar.

Contoh soal rekonsiliasi bank dan jawabannya dalam bentuk format pdf atau skontro dapat dilakukan menyesuaikan standar akuntansi perusahaan. Cadangan kerugian piutang tidak diperkenakan sebagai biaya fiskal kecuali untuk beberapa jenis perusahaan lembaga keuangan yang memiliki risiko bisnisnya.

Apa itu Rekonsiliasi Bank dan Contohnya

Apa itu rekonsiliasi bank dan contohnya menjadi transaksi bulanan yang memerlukan jurnal penyesuaian. Buku besar adalah buku yang berisikan rincian transaksi perusahaan selama periode berjalan karena adanya transaksi kas masuk dan kas keluar dan mengakibatkan perubahan ekuitas perusahaan tahun berjalan

Pengertian rekonsiliasi bank menurut para ahli adalah proses menyesuaikan transaksi keuangan yang ada di perusahaan agar sama dengan pencatatan kas yang berada di bank. Mengapa rekonsiliasi bank wajib dilakukan karyawan karena adanya perbedaan waktu pencatatan dan koreksi kesalahan yang dilakukan entitas.

Apa itu rekonsiliasi bank dan contohnya merupakan salah satu informasi biaya administrasi bank dan setoran dalam perjalanan yang mungkin belum terbukukan oleh bank. Perbedaan cek dan giro adalah perintah pemindahbukuan transaksi melalui transfer bank atau pengambilan uang secara tunai di teller.

Baca Juga: Pengertian Jurnal Umum dan Posting Buku Besar

Kejadian yang Menyebabkan Adanya Rekonsiliasi Bank

Kejadian yang menyebabkan adanya rekonsiliasi bank hanya akan dilakukan pembuatan jurnal penyesuaikan pada transaksi perbankan yang belum tercatat di perusahaan. Sistem pengendalian internal kas dan setara kas yang efektif harus memisahkan pembayaran kas kecil dengan patty cash dan kas besar dengan rekening bank atau cek.

Transaksi yang mengakibatkan terjadinya rekonsiliasi bank harus memenuhi prinsip-prinsip pengendalian internal kas dan setara kas. Penyebab perbedaan saldo bank di buku besar dengan laporan rekening koran yang diterbitkan perbankan terjadi karena adanya perbedaan waktu pencatatan dan kesalahan pencatatan.

Apakah setiap perusahaan yang memiliki rekening bank wajib melaksanakan rekonsiliasi bank? tentu diharuskan mengingat terjadi perbedaan saldo. Contoh soal rekonsiliasi bank 2, 4 dan 8 kolom harus dibuktikan dengan adanya rekening koran. Rekening koran adalah mutasi dana selama satu periode akuntansi.

Baca Juga: Pertanyaan Tentang Audit Pemeriksaan Kas dan Setara Kas

Contoh Soal Rekonsiliasi Bank Perusahaan Rahayu dan Jawabannya

Contoh soal rekonsiliasi bank perusahaan rahayu dan jawabannya menjadi materi akuntansi pengantar dalam praktikum akuntansi keuangan menengah. Tahapan-tahapan rekonsiliasi bank harus dilakui oleh akuntan perusahaan dalan rangka memastikan kebenaran saldo kas dan setara kas yang dilaporkan. Cara menyusun laporan rekonsiliasi bank adalah

  1. Mencari nilai saldo kas dibank menurut catatan perusahaan dan perbankan.
  2. Menambahkan setoran dalam perjalanan
  3. Mengurangi cek dalam perjalanan dan cek kosong.
  4. Mengakui pendapatan bunga bank dan biaya administrasi bank.

Contoh kasus rekonsiliasi bank 2 dan 4 kolom dapat dilakukan dalam bentuk skontro. Jurnal penyesuaian dari transaksi rekonsiliasi bank hanya berasal dari penerimaan wesel, pendapatan bunga, kesalahan pencatatan dan pembebanan biaya administrasi bank serta mengurangi jumlah cek kosongnya.

Contoh soal dan jawaban rekonsiliasi bank terjadi pada CV Staff Accounting yang melaporkan saldo rekening bank mandiri sebesar Rp 24.680.000 dan rekening koran sebesar Rp 16.763.000. Adapun transaksi menjelang pergantian bulan atau subsequent event yang terjadi di perusahaan adalah

TransaksiJumlah
- Penerimaan KasRp150.000
- Bunga bankRp160.000
- Beban Admin Bank-Rp48.000
- Koreksi Kesalahan-Rp568.000
- Setoran dalam PerjalananRp8.500.000
- Cek dalam PerjalananRp-862.000

Cara menyusun laporan rekonsiliasi bank dapat menggunakan bentuk skontro dengan format pdf atau excel. Penyusunan harus memenuhi standar akuntansi keuangan dalam materi akuntansi keuangan lanjutan. Adapun contoh soal rekonsiliasi bank 2 kolom dapat dijawab dengan langkah-langkah sebagai berikut:

CV Staff Accounting
Rekonsiliasi Bank
Per BukuPer Rekening Bank
- Saldo awalRp24.680.000- Saldo AwalRp16.736.000
- Penerimaan KasRp150.000- Setoran dalam PerjalananRp8.500.000
- Bunga bankRp160.000- Cek dalam Perjalanan-Rp862.000
- Beban Admin Bank-Rp48.000
- Koreksi Kesalahan-Rp568.000
JumlahRp24.374.000JumlahRp24.374.000

Baca Juga: Contoh Soal Persamaan Dasar Akuntansi 25 Transaksi

Demikian contoh soal rekonsiliasi bank 2, 4 dan 8 kolom materi akuntansi keuangan lanjutan dalam bisnis pengantar. Sistem pengendalian internal kas dan setara kas harus dapat mewujudkan sistem pembayaran tagihan dan penerimaan kas dari pelanggan secara lebih akurat dan fleksibel.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Rekonsiliasi Bank 2, 4 dan 8 Kolom Beserta Jawabannya"