Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Audit Pemeriksaan Ekuitas Pemegang Saham

Konten [Tampil]

Contoh soal audit pemeriksaan ekuitas pemegang saham memiliki waktu pendeteksian kecurangan lebih cepat karena aktiva dan liabilitas sudah dilakukan pengecekan. Makalah pemeriksaan ekuitas berisikan materi tentang pengertian, tujuan dan prosedur pemeriksaan dan contoh perhitungan kertas kerja pemeriksaan.

Pertanyaan tentang audit ekuitas pemegang saham dapat berasal dari berbagai jenis perusahaan seperti perseroan terbatas, persekutuan dan koperasi. Modal dari investor akan diberikan kepada perusahaan sebagai bentuk penyertaan dana agar entitas dapat menghasilkan pendapatan lebih tinggi dari yang seharusnya.

Contoh program audit akun ekuitas melihat pada kebijakan akuntansi yang diterapkan. Pemilikan lebih dari satu jenis saham mengakibatkan perlakuan khusus terhadap saham preferen daripada saham biasa. Pajak penghasilan pasal 4 ayat 2 harus dipotongkan apabila terjadi penjualan saham preferen ke publik.

Contoh Soal Audit Pemeriksaan Ekuitas Pemegang Saham

Pengertian dan Sifat Ekuitas Pemegang Saham

Pengertian ekuitas atau modal pemegang saham adalah sejumlah dana yang diberikan investor dalam rangka membantu perusahaan menjalan operasional dengan balas jasa berupa dividen. Laba ditahan adalah keuntungan yang didapatkan perusahaan tahun lalu tetapi tidak dibagikan sesuai rapat umum pemegang saham.

Sifat ekuitas mengikuti jenis perusahaan yang dimiliki. Perseroan terbatas memiliki saham biasa dan saham preferen ketika menjalan operasionalnya. Koperasi memiliki modal yang berasal dari simpanan para anggota. Persekutuan memiliki modal yang berasal dari setoran modal sekutu yang tidak terpotong pajak penghasilan badan.

Tujuan dan prosedur audit pemeriksaan adalah memastikan penerapan sistem pengendalian internal dalam rangka mencegah terjadinya izin usaha yang tidak sesuai peruntukkannya. Struktur permodalan yang ada di perusahaan sudah sesuai standar akuntansi keuangan dan dilaporkan pada catatan atas laporan keuangan.

Baca Juga: Contoh Kurva Permintaan dan Penawaran Produk

Pertanyaan Audit Ekuitas Pemegang Saham

Pertanyaan audit ekuitas pemegang saham berasal dari aktivitas operasional yang terjadi dalam rangka pelaksanakan audit program. Kertas kerja pemeriksaan berguna sebagai bukti auditor telah melaksanakan prosedur pemeriksaan sesuai rencana atas pembuktian asersi manajemen yang dipublikasikan.

Pertanyaan tentang audit ekuitas atau modal pemegang saham dikaitkan audit prosedur yang disarankan. Dokumen pendukung transaksi ekuitas berasal dari notulen rapat, akta pendirian dan pengakuan usaha di pemerintahan. Internal control harus dievaluasi setiap periodenya untuk menentukan tingkat kecurangannya.

Makalah pemeriksaan modal didasarkan pada bukti transaksi yang diakui oleh manajemen perusahaan. Kecurangan yang dapat dilakukan akuntan perusahaan adalah mengakui modal disetorkan lebih banyak sehingga aktiva perusahaan nampak tinggi daripada dan proses pembayaran pajak penghasilannya tinggi pula.

Baca Juga: Macam-Macam Rasio Modal Perusahaan

Contoh Kasus Pemeriksaan Ekuitas Modal Pemegang Saham

Contoh kasus audit ekuitas dan penyelesaiannya harus disesuaikan dengan penerapan tujuan dan prosedur pemeriksaan yang dibutuhkan. Saham treasury adalah proses pembelian kembali saham yang sudah beredar di perusahaan agar jumlah saham yang ada di pasar lebih sedikit untuk meningkatkan hak kontrol.

Contoh soal dan jawaban audit pemeriksaan ekuitas pemegang saham diawali dengan menentukan ruang lingkup pemeriksaan. Kertas kerja pemeriksaan dipergunakan sebagai bantuan untuk memastikan jumlah barang yang dapat diperjualbelikan untuk memperoleh laba ditahan. Laba ditahan akan menjadi dividen ketika jadwal pembagian modal.

Contoh kasus pemeriksaan modal pemegang saham terjadi pada CV Staff Accounting yang memiliki saldo akhir modal sebesar Rp 49.200.000. Kecurangan dilakukan oleh manajemen perusahaan dengan mendebitkan pembayaran spt tahunan badan sebesar Rp 180.000. Buatlah jurnal penyesuaian yang diperlukan ketika proses audit?

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2021Biaya Pajak Penghasilan Badan Rp 180.000
Laba Rugi Rp 180.000
(Audit Adjusment Saldo Ekuitas)

Baca Juga: Contoh Internal Control Questionnaires Ekuitas

Demikian contoh soal audit pemeriksaan ekuitas pemegang saham dan penyelesaiannya semoga dapat menjadi pedoman dalam proses penentuan ruang lingkup pemeriksaan. Kertas kerja pemeriksaan dan program audit dilakukan agar alokasi keuntungan dan kerugian ditahun berjalan dapat dilaksanakan.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Audit Pemeriksaan Ekuitas Pemegang Saham"