Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Audit Pemeriksaan Liabilitas Jangka Pendek dan Pembahasannya

Konten [Tampil]

Contoh soal audit pemeriksaan liabilitas jangka pendek dan pembahasannya memiliki ruang lingkup pengujian terhadap sistem pengendalian internal perusahaan. Utang gaji dan bank termasuk hutang jangka pendek karena harus dapat dilunasi periode selanjutnya mengingat penggunaan sumber daya manusianya.

Pelunasan kewajiban dapat dilaksanakan setelah proses pengujian terhadap ruang lingkup pemeriksaan. Rasio liabilitas menunjukkan kemampuan perusahaan dalam rangka melunasi seluruh tagihannya menggunakan aktivanya. Rasio liabilitas yang baik adalah 1:1 dari total hutang yang dimilikinya.

Cara menentukan tanggal jatuh tempo wesel tagih dilaksanakan setelah surat wesel diterbitkan perusahaan. Bedanya surat wesel dan surat promes harus diketahui mengingat adanya pendapatan bunga dan pembayaran bunga yang akan mempengaruhi laporan posisi keuangan yang telah diterbitkan periode fiskal.

Contoh Soal Audit Pemeriksaan Liabilitas Jangka Pendek dan Pembahasannya

Tujuan dan Prosedur Pemeriksaan Liabilitas Jangka Pendek

Tujuan audit liabilitas jangka pendek adalah memastikan tidak terdapatnya kecurangan yang dilakukan manajemen perusahaan dengan mengecilkan jumlah hutang sehingga laba terlihat lebih besar. Bagaimana cara auditor mendeteksi kecurangan dilakukan dengan memeriksan bukti transaksi yang diterbitkan.

Prosedur pemeriksaan liabilitas jangka pendek diawali dengan menentukan ruang lingkup pemeriksaan berdasarkan sistem pengendalian internal. Alokasi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan biaya overhead pabrik dilangsungkan apabila entitas termasuk perusahaan manufaktur barang jadi.

Contoh sistem pengendalian internal kewajiban jangka pendek seperti terdapatnya pemisahan tugas, permintaan pembelian dengan dokumen bernomor urut tercetak, adanya buku pembantu hutang dagang dan penggunaan sistem tender apabila membeli bahan baku dalam jumlah besar dengan menerapkan economical order quantity.

Baca Juga: Bagaimana Auditor Menilai Kelemahan Sitem Pengendalian Internal

Contoh Internal Control Questionnaires Liabilitas Jangka Pendek

Contoh internal control questionnaires liabilitas jangka pendek berawal dari order pembelian, penerimaan barang dan pembayaran tagihan. Order pembelian hendaknya dilengkapi dengan plan produksi agar bahan baku yang digunakan maksimal ketika proses investasi dalam persediaan barang dagang.

Kecurangan yang ditemukan auditor saat memeriksa liabilitas adalah penurunan jumlah hutang dalam rangka menaikkan laba bersih. Akuntan publik dapat mendeteksi adanya kecurangan seperti tidak dicatatnya pembelian bahan baku dengan metode memeriksa pembayaran setelah tanggal laporan keuangan.

Pengertian liabilitas menurut para ahli adalah tindakan perusahaan menggunakan sumber daya dimasa depan sebagai sarana melunasi tagihan yang telah jatuh tempo. Nama akun dan kode akun hutang jangka pendek terdiri dari utang usaha, pinjaman dari bank dan biaya yang masih harus dibayarkan.

Baca Juga: Contoh Kasus Departementalisasi Biaya Overhead Pabrik

Contoh Kertas Kerja Pemeriksaan Liabilitas Jangka Pendek

Contoh kertas kerja pemeriksaan liabilitas jangka pendek diawali dengan memeriksa ruang lingkup pengendalian internal. Pajak dibayar dimuka dan asuransi dibayar dimuka merupakan salah satu aktiva yang harus dialokasikan sesuai premi pembayarannya selama masa manfaat tertulis di surat perjanjiannya.

Kertas kerja pemeriksaan akuntan publik adalah metode pengkoreksian saldo perusahaan berdasarkan review akuntan publik. Opini auditor harus diberikan sebelum masa berakhirnya pekerjaan lapangan guna menghindari adanya kecurangan dan kejadian luar biasa sesuai asersi manajemennya.

Contoh soal audit pemeriksaan liabilitas jangka pendek terjadi pada CV Staff Accounting yang melaporkan hutang dagang sebesar Rp 81.000.000. Temuan audit mengindikasikan perusahaan salah melakukan pencatatan dengan membayarkan beban telepon sebesar Rp 800.000. Bagaimana jurnal penyesuaian yang harus dilakukan akuntan publik?

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2021Beban Telepon Rp 800.000
Utang Usaha Rp 800.000

Baca Juga: Siklus Akuntansi di Perusahaan Dagang dan Manufaktur

Demikian contoh soal audit pemeriksaan liabilitas jangka pendek dan pembahasannya yang menjadi materi pengauditan. Agar akuntan publik dapat memberikan opini yang sesuai maka adanya asersi manajemen dan internal control questionnaires dapat menjadi bukti keabsahan pencatatan perusahaan.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Audit Pemeriksaan Liabilitas Jangka Pendek dan Pembahasannya"