Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Kurva Permintaan dan Penawaran Beserta Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal kurva permintaan dan penawaran beserta jawabannya menjadi bagian dari ilmu ekonomi pengantar. Bagaimana pergerakan dan pergeseran kurva penawaran dan permintaan dapat terjadi karena adanya perubahan pada harga dan jumlah barang yang diproduksi oleh supplier dan pendistribusiannya.

Gambarkan kurva keseimbangan permintaan dan penawaran menjadi hukum dari jual beli atas transaksi perusahaan. Permintaan adalah barang yang dipesan oleh pembeli mengikuti keadaan dan harga pasar yang mau dibayarkan oleh pembeli atas penyerahan barang kena pajak di daerah pabean.

Perbedaan kurva permintaan dan penawaran terdapat pada rasio untuk memanipulasi data keuangan perusahaan. Pengertian penawaran menurut para ahli adalah tindakan produsen melakukan promosi barang dengan harga dan faktor-faktor penjualan. Penawaran diartikan sebagai media promosi perusahaan.

Kurva Keseimbangan Permintaan dan Penawaran

Fungsi kurva permintaan dan penawaran produk adalah melihat proses kenaikan dan penurunan harga ketika barang diperjualbelikan ke pelanggan. Mengapa terjadi pergeseran kurva penawaran dan permintaan adalah adanya perubahan pada harga dan kuantitas produk yang ada dipasar untuk diperjualbelikan.

Pengertian kurva permintaan menurut para ahli adalah sejumlah ilustrasi barang yang akan bertambah dan berkurang ketika terjadi perubahan harga produk. Apabila permintaan barang bertambah maka harga barang akan bertambah. Semakin turun kurva permintaan mengakibatkan penurunan jumlah produk terjual.

Pengertian kurva penawaran menurut para ahli adalah ilustrasi barang ditawarkan bertambah ketika harga barang dinaikkan. Kurva penawaran bersifat positif yang artinya ketika harga dinaikkan maka barang yang ditawarkan akan ikut naik. Konsumen menginginkan harga murah dengan barang berkualitas.

Baca Juga: Contoh Soal Pengiriman Barang Dagang di Atas Harga Pokok

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kurva Penawaran dan Permintaan

Faktor-faktor yang mempengaruhi kurva penawaran dan permintaan berkaitan dengan harga barang dan jumlah produk yang beredar. Bagaimana terjadinya pergeseran pada kurva permintaan yaitu bergerak berlawanan dengan kenaikan harga produk. Apabila harga dinaikkan maka permintaan cenderung berkurang.

Faktor-faktor yang mengakibatkan kurva permintaan dan penawaran bergeser diantaranya intensitas aset, jumlah penduduk, harga barang pengganti dan tingkat pendapatan konsumen. Pergerakan kurva permintaan adalah bergerak negatif atas kenaikan sejumlah harga produk yang akan dilakukan perusahaan.

Penyebab kurva permintaan dan penawaran bergerak akan mengikuti kurva equilibrium atau titik keseimbangan. Break event point artinya pertemuan permintaan dan penawaran agar didapatkan titik maksimal modal akan kembali. Jika pendapatan menurun maka kurva permintaan akan bergeser ke kiri.

Baca Juga: Contoh Kasus Penyusutan Metode Saldo Menurun Berganda dan Jawabannya

Contoh Soal Kurva Keseimbangan Penawaran dan Permintaan

Contoh soal kurva keseimbangan penawaran dan permintaan akan berguna untuk menilai prediksi pemesanan produk perusahaan. Fungsi kurva permintaan dan penawaran adalah memprediksi sejumlah harga barang yang akan diterima dan barang yang akan dikeluarkan dari gudang penjual.

Contoh kurva permintaan dan penawaran beserta jawabannya terjadi pada PT Masraffi yang memiliki fungsi permintaan Qd = 1.800.000 - 3P. Berapakah permintaan barang yang akan dikeluarkan apabila harga produk yang ditetapkan perusahaan sebesar Rp 500.000. Gambarkan kurva permintaannya:

Qd = 1.800.000 - 3P
Qd = 1.800.000 - 3 (500.000)
Qd = 1.800.000 - 1.500.000
Qd = 300.000

Gambarkan kurva permintaan tentu akan bergerak ke arah kiri yang dikarenakan harga mengalami perubahan. Didapatkan informasi bahwa pada harga Rp 500.000 maka terdapat sejumlah permintaan sebanyak 300.000 unit. Fungsi permintaan adalah memprediksi adanya pesanan masuk pada tingkat harga tertentu.

Baca Juga: Contoh Perhitungan Pemotongan PPh Pasal 21 Pegawai Tetap dan Mingguan

Demikian contoh soal kurva permintaan dan penawaran beserta jawabannya yang menjadi materi ilmu ekonomi. Faktor yang mengakibatkan pergeseran kurva permintaan diantaranya harga produk, penghasilan pelanggan, harga barang pengganti dan jumlah penduduk dalam suatu daerah.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Kurva Permintaan dan Penawaran Beserta Jawabannya"