Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal dan Jurnal Biaya Tenaga Kerja Langsung dan Tidak Langsung

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jurnal biaya tenaga kerja langsung dan tidak langsung pada perusahaan manufaktur menjadi materi akuntansi biaya. Peranan akuntansi biaya dalam industri adalah penentuan harga pokok produksi atas seluruh pengeluaran perusahaan dalam upayanya menciptakan barang sesuai spesifikasinya.

Komponen biaya tenaga kerja langsung terdiri dari pengeluaran perekrutan karyawan baru, tunjangan dan upah yang diberikan serta pajak penghasilan yang harus dipotongkan dari gajinya. Jurnal gaji dan upah perusahaan manufaktur harus dilakukan berdasarkan prioritas pembayaran yang dilakukan pelanggan.

Cara menghitung biaya tenaga kerja langsung dan tidak langsung dapat dibedakan berdasarkan aturan pajak penghasilan pasal 21. Setiap tambahan manfaat ekonomis yang diterima wajib pajak terkandung iuran yang wajib dibayarkan perusahaan kepada negara dalam bentuk pemotongan gaji dan tunjangan.

Contoh Soal dan Jurnal Biaya Tenaga Kerja Langsung dan Tidak Langsung

Pengertian dan Komponen Biaya Tenaga Kerja Langsung

Pengertian biaya tenaga kerja langsung adalah biaya atas pemanfaatan sumber daya manusia dalam proses pengerjaan barang kena pajak. Gaji manajer termasuk biaya tetap dan biaya tidak langsung karena seorang manajer tidak terlibat dalam proses produksi seperti merakit komponen dan packing barang jadi.

Komponen biaya tenaga kerja adalah seluruh informasi penggunaan sumber daya manusia untuk memproses barang jadi diperusahaan. Bagaimana pencatatan biaya tenaga kerja? dilakukan berdasarkan perhitungan jumlah upah, pembayaran gaji karyawan dan pemotongan pajak penghasilan yang disetorkan ke negara.

Kegiatan dalam akuntansi biaya terdiri dari biaya bahan baku, tenaga kerja dan overhead pabrik. Segala pemanfaatan sumber daya modal harus dapat dipertanggungjawabkan walaupun seorang terjadi kehilangan dan kerusakan barang selama proses produksi berdasarkan standar operasional prosedur.

Baca Juga: Cara Mencari Fenomena dalam Jurnal dan Skripsi Penelitian

Contoh Soal Biaya Tenaga Kerja Langsung dan Tidak Langsung

Contoh soal biaya tenaga kerja langsung dan tidak langsung pada perusahaan manufaktur akan dilakukan sebagai dasar pembuatan laporan kegiatan produksi. Pembebanan biaya adalah proses alokasi seluruh pengeluaran perusahaan ketika membuat salah satu produk sesuai penelitian dan pengembangannya.

Contoh biaya tenaga kerja tidak langsung adalah biaya pemeliharaan gedung, biaya keamanan, biaya pengawas dan direktur pabrik dan biaya operator listrik. Biaya langsung dan biaya tidak langsung dibedakan berdasarkan kaitannya dengan proses produksi dan pembelanjaan perusahaan periode berjalan.

Contoh kasus perhitungan biaya tenaga kerja terjadi pada CV Staff Accounting yang memproduksi sepatu. Adapun pengeluaran gaji selama bulan september adalah biaya operator produksi Rp 12.000.00, upah manajer dan adminisrasi Rp 2.000.000, upah satpam dan pemeliharaan gudang Rp 5.000.000. Tentukan berapakah jumlah biaya tenag kerja langsung dan tidak langsungnya?

Baca Juga: Contoh Kasus Penjualan Angsuran dan Jurnal Transaksinya

Cara Menghitung Biaya Tenaga Kerja Langsung dan Tidak Langsung

Cara menghitung biaya tenaga kerja langsung dan tidak langsung pada perusahaan manufaktur dikaitan dengan perhitungan bahan baku dan biaya overhead pabrik. Biaya konversi adalah beban yang dikeluarkan perusahaan dalam rangka mengubah bahan baku menjadi barang jadi untuk diperjualbelikan.

Kegiatan dalam akuntansi biaya tentang materi tenaga kerja adalah distribusi upah, pencatatan hutang gaji, pencatatan pembayaran tenaga kerja dan menyetorkan pajak penghasilan yang harus telah dipotongkan. Pajak penghasilan orang pribadi dapat dijadikan kredit pajak ketika melaporkan spt tahunan orang pribadi.

Cara menghitung biaya tetap dan biaya variabel tergantung pada jumlah plan produksi yang dilakukan manajer produksi. Sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan dan proses dijadikan dasar dalam mengelola mesin dan tenaga kerja untuk menjalankan mesin tersebut. Adapun perhitungan biaya tenaga kerja langsung dan tidak langsung sebagai berikut:

Keterangan Biaya Tenaga Kerja Langsung Biaya Tenaga Kerja Tidak Langsung
Upah Produksi Rp 12.000.000
Upah Satpam Rp 5.000.000
Upah Admin Perusahaan Rp 2.000.000
Jumlah Rp 12.000.000 Rp 7.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Pembebanan Biaya Variabel dan Biaya Penuh

Demikian contoh soal dan jurnal biaya tenaga kerja langsung dan tidak langsung akuntansi biaya. Peranan akuntansi biaya dalam penentuan harga pokok produksi menjadi pertimbangan para penjual agar dapat melakukan transaksi penjualan yang menguntungkan bagi perusahaan tersebut.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal dan Jurnal Biaya Tenaga Kerja Langsung dan Tidak Langsung"