Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Pembebanan Biaya Produksi dan Pembahasannya

Konten [Tampil]

Contoh soal pembebanan biaya produksi dan pembahasannya diberlakukan untuk menilai biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan biaya overhead pabrik. Proses akumulasi biaya dipengaruhi oleh waktu pembebanan biaya yang menjadi biaya sesungguhnya dan biaya yang ditentukan dimuka.

Jurnal pembebanan biaya tenaga kerja, biaya overhead pabrik dan biaya bahan baku dilaksanakan untuk menentukan harga pokok produksi. Pengertian biaya sesungguhnya adalah biaya yang sebenarnya telah dikeluarkan perusahaan yang akan diperhitungkan setelah barang atau produk jadi atas pemanfaatan sumber daya.

Contoh kasus metode pembebanan biaya terjadi dari perhitungan biaya dengan penyerapan penuh dan perhitungan biaya variabel. Fungsi akuntansi biaya adalah memperoleh harga perolehan produk dengan harga paling efisien untuk memperoleh keuntungan maksimal dari hasil penjualan produk jadinya.

Contoh Soal Pembebanan Biaya Produksi dan Pembahasannya

Pengertian Pembebanan Biaya

Pengertian pembebanan biaya menurut para ahli adalah langkah-langkah yang dilakukan perusahaan untuk menghitung seluruh biaya atas pembuatan suatu produk. Biaya produk terdiri dari biaya tetap dan biaya variabel. Peranan akuntansi biaya adalah melakukan perencanaan dan pengendalian atas kinerja sumber daya perusahaan.

Definisi pembebanan biaya menurut para ahli adalah tindakan perusahaan menentukan harga pokok pembuatan produk berdasarkan biaya yang telah dikeluarkan seperti bahan baku, tenaga kerja dan overhead pabrik. Fungsi akuntansi biaya adalah mengendalikan seluruh pengeluaran pembuatan suatu produk.

Perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen adalah informasi yang disampaikan dan digunakan oleh pihak perusahaan. Informasi dalam akuntansi manajemen akan disampaikan sesuai schedule yang ditetapkan perusahaan sesuai format laporan dan ruang lingkup informasi tersebut.

Baca Juga: Contoh Pemeriksaan Liabilitas Jangka Pendek dan Pembahasannya

Contoh Soal dan Jawaban Pembebanan Biaya

Contoh soal pembebanan biaya dan jawabannya dilangsungkan dari adanya pemanfaatan sumber daya modal. Sistem biaya yang ditentukan dimuka akan diselenggarakan berdasarkan proposal anggaran yang diajukan tiap divisi. Biaya ditentukan dimuka menjadi pedoman ketika melaksanakan produksi barang jadi.

Contoh soal sistem penentuan biaya dan jawabannya berkaitan dengan waktu pembebanan biaya-biaya dimasa depan dan masa lalu. Pengertian biaya adalah pengorbanan perusahaan yang berkaitan dengan kas keluar. Beban adalah tagihan yang telah didapatkan perusahaan atas pemanfaatan sumber daya pihak ketiga.

Metode pembebanan biaya terdiri dari biaya penyerapan penuh dan biaya variabel. Biaya tetap adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan setiap bulannya tanpa mempertimbangkan jumlah produk jadi. Biaya variabel adalah beban yang bertambah setiap kali terjadi penambahan sebuah produk jadi.

Baca Juga: Pengertian dan Jenis-Jenis Biaya Produk

Perhitungan Biaya Variabel dan Biaya Penuh

Perhitungan full costing dan variable costing menjadi pertimbangan perusahaan dalam menentukan biaya produksi. Unsur-unsur biaya produksi adalah seluruh pengeluaran kas atas transaksi pembelian bahan baku, penggunaan sumber daya manusia dan pemanfaatan biaya overhead pabrik per periodenya.

Contoh kasus variable costing terjadi pada CV Staff Accounting yang memiliki produk buku akuntansi biaya. Proses pembuatan buku akuntansi biaya memerlukan bahan baku sebesar Rp 4.000.000, tenaga kerja Rp 1.200.000 dan biaya overhead pabrik variabel dan tetap sebesar Rp 500.000 dan Rp 1.000.000.

Bagaimana cara menghitung pembebanan biaya penuh dan biaya variabel? Setiap perusahaan memiliki  kebijakan tentang departementalisasi biaya overhead pabrik sesuai standar akuntansi keuangan. Adapun contoh perhitungan biaya secara full costing dan variable costing sesuai dengan tabel sebagai berikut:

Metode Pembebanan Full Costing Variable Costing
- Biaya Bahan Baku Rp 4.000.000 Rp 4.000.000
- Biaya Tenaga Kerja Rp 1.200.000 Rp 1.200.000
- BOP Tetap Rp 1.000.000
- BOP Variabel Rp 500.000 Rp 500.000
Jumlah Rp 6.700.000 Rp 6.700.000

Baca Juga: Cara Menentukan Harga Pokok Penjualan Produk Dropship

Demikian contoh soal pembebanan biaya produksi dan pembahasannya menggunakan biaya penuh atau biaya variabel. Sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan dan proses akan menentukan tingkat keuntungan perusahaan sesuai harga pokok pembuatan produk yang berhasil diperhitungkan entitas.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Pembebanan Biaya Produksi dan Pembahasannya"