Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal dan Jawaban Jurnal Pembalik Perusahaan Dagang dan Jasa

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban jurnal pembalik perusahaan dagang dan jasa diberlakukan sebagai upaya memudahkan dalam pencatatan siklus akuntansi. Pencatatan jurnal penyesuaian kembali dilaksanakan setiap awal periode selanjutnya dengan dibuktikan adanya memorial yang dibuat oleh manajer akuntansi.

Cara membuat jurnal pembalik perusahaan dagang dan jasa harus dilaksanakan setelah proses pembuatan jurnal penutup dan neraca saldo setelah penutupan. Akun-akun yang memerlukan jurnal pembalik adalah seluruh transaksi yang pernah dibuatkan jurnal penyesuaian untuk mengakui hak dan kewajiban periode berjalan.

Jurnal pembalik dibuat setiap awal bulan tetapi perusahaan tidak wajib melaksanakannya. Akuntansi pengantar akan membahasan contoh soal pilihan ganda jurnal penyesuaian kembali dalam rangka memudahkan administrasi pencatatan yang ada diperusahaan terutama ketika menggunakan asersi manajemen.

Contoh Soal dan Jawaban Jurnal Pembalik Perusahaan Dagang dan Jasa

Tujuan dan Transaksi yang Memerlukan Jurnal Pembalik

Tujuan dan transaksi yang memerlukan jurnal pembalik dapat dilakukan agar entitas memperoleh kepastian tentang biaya dan pendapatan yang diakui periode sekarang. Jurnal pembalik dibuat pada awal periode selanjutnya dengan tujuan memudahkan administrasi pencatatan dan pengakuan piutang serta hutang.

Transaksi yang memerlukan jurnal pembalik diantaranya akun biaya dan penghasilan yang sudah menjadi hak dan kewajiban perusahaan. Siklus akuntansi dimulai dari tahapan menganalisis transaksi bisnis dari bukti transaksi yang diperoleh sehingga dapat dibuatkan jurnal penutup dan neraca saldo setelah penutupan.

Jurnal pembalik disebut juga reversing entries. Jurnal pembalik harus diposting ke buku besar agar saldo jurnal penyesuian yang dibuat periode sebelumnya menjadi nol. Pendapatan yang masih harus diterima dan beban yang masih harus dibayar menjadi transaksi yang dapat dibuatkan jurnal pembalik setiap awal periode.

Baca Juga: Akun-Akun yang Memerlukan Jurnal Penyesuaian Kembali atau Jurnal Pembalik

Contoh Soal Pilihan Ganda Jurnal Pembalik dan Jawabannya

Contoh soal pilihan ganda jurnal pembalik dan jawabannya menjadi materi akuntansi pengantar. Akuntansi keuangan menengah akan membahas siklus akuntansi dari penerimaan tagihan sampai dibuatkan jurnal pembalik. Jurnal berfungsi untuk mencatat transaksi yang ada di perusahaan periode berjalan.

Contoh soal dan jawaban jurnal pembalik perusahaan dagang dan jasa diperbolehkan untuk mencegah terjadinya double pencatatan. Kenapa dinamakan jurnal pembalik? Karena transaksi dilaksanakan dengan membalik jurnal penyesuaian dengan mendebit dan mengkreditkan akun yang diperolehnya.

Contoh soal jurnal pembalik perusahaan jasa dan dagang terjadi pada CV Staff Accounting yang memiliki biaya yang masih harus dibayar sebesar Rp 49.000.000 dalam bentuk hutang gaji. Kebijakan pembayaran gaji atau payroll perusahaan dilaksanakan setiap pertengahan bulan berikutnya. Adapun jurnal penyesuaian yang telah dibuat adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/08/2021Beban Gaji Rp 49.000.000
Hutang Gaji Rp 49.000.000
(Jurnal mencatat beban gaji karyawan)


Baca Juga: Contoh Soal Rekonsiliasi Bank 2, 4 dan 8 Kolom

Jurnal Pembalik Pendapatan dan Biaya Dibayar Dimuka

Jurnal pembalik pendapatan dibayar dimuka dan beban yang masih harus dibayar perlu diselenggarakan akan memudahkan pencatatan siklus akuntansi. Pembuatan jurnal pembalik bukan merupakan keharusan bagi perusahaan tetapi hak optional agar dapat menyederhanakan transaksi.

Cara membuat jurnal pembalik pada perusahaan dagang dan jasa diperbolehkan untuk mengalokasikan beban yang masih harus dibayar dan pendapatan yang masih harus diterima untuk periode mendatang. Jurnal pembalik dibuat setiap awal periode berikutnya agar dapat dialokasikan beban dan pendapatan yang terjadi.

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/09/2021Hutang Gaji Rp 49.000.000
Beban Gaji Rp 49.000.000
(Jurnal pembalik beban yang masih harus dibayar)

Dalam kondisi seperti apa jurnal pembalik wajib dibuat ketika perusahaan memiliki jurnal penyesuaian dalam jumlah besar. Kegunaan jurnal pembalik bagi perusahaan dagang adalah menganggap tidak terjadi penyesuaian atas beban dan pendapatan yang diakui berdasarkan prinsip akrual menurut kebijakan akuntansi.

Mengapa jurnal pembalik bersifat opsional boleh dibuat dan boleh tidak dibuat karena hanya memudahkan administrasi pencatatan periode berjalan. Jurnal penutup dan jurnal pembalik memiliki perbedaan terutama dalam pengakuan di siklus akuntansi. Adapun jurnal umum pada saat pembayaran gaji karyawan adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
15/09/2021Beban Gaji Rp 49.000.000
Kas Rp 49.000.000
(Jurnal membayar gaji karyawan)

Baca Juga: Cara Membuat Jurnal Penutup dari Neraca Lajur dan Neraca Saldo

Demikian contoh soal dan jawaban jurnal pembalik perusahaan dagang dan jasa dalam materi akuntansi pengantar. Pilihan ganda dan soal essay jurnal penutup dan jurnal pembalik dapat menjadi siklus akuntansi terakhir yang harus diselenggarakan sebelum membuka buku baru di periode selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal dan Jawaban Jurnal Pembalik Perusahaan Dagang dan Jasa"