Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Cadangan Kerugian Piutang Tak Tertagih

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal penyesuaian cadangan kerugian piutang tak tertagih menjadi alasan bagi auditor untuk melaksanakan tindakan perbaikan dalam rangka mencegah beban pajak penghasilan. Metode penghapusan piutang dapat menggunakan metode langsung dan metode tidak langsung menyesuaikan kebijakan akuntansi.

Contoh soal piutang tak tertagih metode langsung dan metode tidak langsung berakibat pada laporan posisi keuangan yang terlapor. Besarnya persentase taksiran kerugian piutang ditetapkan berdasarkan tingkat penjualan kredit dan piutang dagang atas seluruh tagihan yang telah jatuh tempo milik para customer.

Bagaimana cara menentukan jumlah taksiran kerugian piutang dapat didasarkan perhitungan pertimbangan penurunan nilai piutang. Piutang dagang di laporan posisi keuangan dilaporkan sejumlah nilai yang dapat direalisasikan pada akhir periode yaitu jumlah piutang yang dapat ditagihkan ke pelanggan.

Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Cadangan Kerugian Piutang Tak Tertagih

Pengertian dan Tujuan Cadangan Kerugian Piutang

Pengertian cadangan kerugian piutang adalah akun yang digunakan untuk menampung sementara kerugian atas aktiva yang mungkin diderita perusahaan dimasa depan. Besarnya persentase taksiran kerugian piutang ditetapkan berdasarkan penjualan kredit dan jumlah netto piutang dagang yang dilaporkan akhir periode.

Tujuan pembentukan cadangan kerugian piutang adalah mempersiapkan adanya kerugian atas tagihan yang tidak terbayarkan oleh pelanggan sampai akhir periode. Kapan piutang harus dicatat di jurnal umum? ketika perusahaan memberikan barang kena pajak dan jasa kena pajak dengan dibuktikan adanya surat jalan.

Metode langsung dan metode tidak langsung dalam penghapusan piutang tak tertagih wajib dijalankan agar dapat menentukan batas maksimal pembayaran tagihan entitas. Piutang yang nyata-nyata tidak dapat dibayarkan oleh wajib pajak dapat dijadikan deductible expance ketika melaporkan spt tahunan badan.

Baca Juga: Cara Menentukan Tanggal Jatuh Tempo Wesel Tagih dan Bayar

Contoh Soal Piutang Tak Tertagih Metode Langsung dan Metode Tidak Langsung

Contoh soal piutang tak tertagih metode langsung dan metode tidak langsung dapat membentuk akun cadangan kerugian piutang. Sistem pengendalian internal piutang diawali dengan adanya permintaan termin pembayaran secara kredit oleh pelanggan dan dievaluasi tentang riwayat pembayarannya dimasa lampau.

Bagaimana cara menentukan jumlah taksiran kerugian piutang dapat dilandasi jangka waktu termin pembayaran. Term of payment dijadikan acuan perusahaan untuk melakukan penagihan atas transaksi yang berlangsung. Beban kerugian pajak menjadikan entitas memiliki pengurang penghasilan kena pajak.

Contoh soal piutang tak tertagih metode tidak langsung terjadi pada CV Staff Accounting yang melaporkan saldo piutang dagang sebesar Rp 75.000.000. Taksiran kerugian piutang ditetapkan sebesar 2% dari saldo piutang, sementara cadangan kerugian piutang sebesar Rp 40.000. Bagaimana jurnal penyesuaian piutang tak tertagihnya?

Baca Juga: Contoh Soal Kas Kecil Metode Imprest dan Fluktuatif

Jurnal Penyesuaian Piutang Tak Tertagih dan Pembahasannya

Jurnal penyesuaian piutang tak tertagih dan pembahasannya dapat dibuktikan dengan adanya memo bukti transaksi. Perbedaan kreditur dan debitur berkaitan dengan pengakuan hutang piutang. Kreditur adalah pihak yang meminjamkan aktiva. Debitur adalah pihak yang dipinjamkan aktiva perusahaan.

Piutang diklasifikasikan menjadi piutang dagang dan piutang lain-lain. Piutang adalah tagihan yang berkaitan dengan aktivitas utama perusahaan. Piutang lain-lain adalah tagihan yang tidak berhubungan dengan usaha perusahaan seperti piutang bunga wesel. Cara menentukan taksiran piutang tak tertagih sebagai berikut

Beban kerugian piutang = (Piutang dagang * Persentase piutang tak tertagih) - Cadangan kerugian piutang
Beban kerugian piutang = Rp 75.000.000 * 2% - Rp40.000
Beban kerugian piutang = Rp 14.960.000

Taksiran piutang tak tertagih menjadi dasar untuk menentukan tingkat kerugian penurunan nilai piutang. Piutang yang nyata-nyata tidak dapat ditagihkan perusahaan dapat dihapuskan dengan memberikan bukti kebangkrutan atau pailit yang diberitakan pengadilan negeri setempat.

Jurnal penyesuaian piutang tak tertagih metode cadangan kerugian piutang adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2021Beban Kerugian Piutang Rp 14.960.000
Cadangan Kerugian Piutang Rp 14.960.000
(Jurnal mencatat bad debt expance)

Baca Juga: Cara Menghitung Nilai Buku Aktiva Tetap dan Aktiva Tak Berwujud

Demikian contoh soal jurnal penyesuaian cadangan kerugian piutang tak tertagih akuntansi pengantar dan keuangan lanjutan. Agar tercipta pembayaran tagihan yang sesuai jangka waktunya maka diperlukan adanya sistem pengendalian untuk mencegah perusahaan gagal bayar melakukan pengajuan penjualan kredit.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Cadangan Kerugian Piutang Tak Tertagih"