Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Akuntansi Murabahah dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal akuntansi murabahah dan jawabannya menjadi salah satu bentuk transaksi syariah dalam jual beli barang dagang. Bagi hasil transaksi syariah didasarkan pada profit sharing dan revenue sharing. Murabahah adalah jual beli barang dagang disertai keuntungan yang disepakati penjual dan pembeli.

Perlakuan akuntansi untuk akad mudharabah, murabahah dan musyarakah dapat menyesuaikan kebijakan akuntansi syariah yang berlaku. Tujuan laporan keuangan syariah adalah melaporkan aktivitas keuangan berdasarkan ketentuan syariah agar terhindari dari riba dengan menggunakan profit sharing dan revenue sharing.

Pertanyaan diskusi tentang transaksi murabahah harus mematuhi aturan penyusunan dan penyajian laporan keuangan syariah seperti materialitas, keberlangsungan usaha, penyajian wajar dan dasar akrual. Laporan keuangan syariah terdiri dari laporan sumber dan penggunaan dana zakat dan dana kebajikan umat.

Contoh Soal Akuntansi Murabahah dan Jawabannya

Pertanyaan Diskusi Tentang Akuntansi Murabahah

Pertanyaan diskusi tentang akuntansi murabahah brainly dapat dipertanggungjawabkan ke pemegang saham. Rukun dan syarat transaksi murabahah harus dipenuhi seperti adanya penjual, pembeli, barang yang dibeli, akad bahkan harga barang yang disepakati antara penjual dan pembeli ketika bertransaksi.

Pertanyaan sulit tentang transaksi murabahah tentu berkaitan dengan keuntungan yang akan diperoleh penjual. Pihak yang terlibat dalam transaksi murabahah adalah perbankan dan nasabah. Pihak bank bertindak sebagai pihak yang menyediakan objek yang ingin ditransaksikan oleh nasabah dengan pembayaran laba tertentu.

Perlakuan akuntansi untuk akad murabahah adalah mengakui persediaan sebagai biaya perolehan aktiva. Diskon atau potongan harga yang diberikan pemasok diakui sebagai pengurang biaya perolehan aset sehingga dapat meningkatkan keuntungan bagi penjual tetapi harus memberitahukan kepada pembeli.

Baca Juga: Contoh Soal Persamaan Dasar Akuntansi Syariah

Contoh Soal Akuntansi Transaksi Murabahah dan Pembahasannya

Contoh soal akuntansi transaksi murabahah dan pembahasannya akan mengakui piutang murabahah sebesar biaya perolehan ditambah keuntungan yang disepakati. Penurunan nilai piutang akan terjadi ketika pelanggan tidak mampu membayarkan tagihan pada waktu yang ditentukan bahkan meninggal dunia.

Contoh kasus akuntansi murabahah psak 102 akan mengatur tentang pengakuan dan penyelesaian piutang. Keuntungan transaksi murabahah diakui ketika terjadi penyerahan barang secara tunai kepada pelanggan dan diperkenankan mengakui keuntungan secara proporsional berdasarkan kas yang diterimanya.

Contoh soal transaksi murabahah metode proporsional terjadi pada PT Masraffi yang ingin membeli kendaraan seharga Rp 400.000.000. PT Masraffi melakukan akad murabahah dengan diberikannya tingkat laba penjualan sebesar 10% oleh bank syariah. Bagaimana perlakukan akuntansi dan pencatatan jurnalnya?

Baca Juga: Kerangka Dasar Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan Syariah

Perlakuan Akuntansi untuk Akad Murabahah

Perlakuan akuntansi untuk akad murabahah dilakukan sebagai dasar mengakui piutang dagang dan persediaan barang. Besarnya angsuran yang harus dibayarkan oleh nasabah bergantung pada tingkat laba penjualan, faktor stabilizer bahkan markup yang ditetapkan berdasarkan keputusan bank syariah tersebut.

Bagaimana cara menghitung angsuran akad murabahah setiap bulan yang harus dibayarkan oleh nabasah perlu mempertimbangkan uang muka. Harga jual barang menjadi dasar ketika menentukan angsuran yang wajib dibayarkan berdasarkan tingkat anuitas perusahaan. Adapun perhitungan angsuran akad murabahah adalah

Harga Pokok Kendaraan Rp 400.000.000
Margin Bank10%
Tahun Angsuran2
Harga Jual Bank Rp 480.000.000
Angsuran Per Bulan Rp 20.000.000

Jurnal akad murabahan dalam akuntansi syariah dapat diwujudkan ketika entitas melaporkan keuntungan dari transaksi tersebut. Denda ketika pembeli tidak membayarkan angsuran menjadi peringatan agar tidak lalai dalam menjalankan kewajiban pembayarannya. Adapun jurnal akuntansi murabahan bagi perbankan adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
08/05/2021Persediaan Murabahah Rp 400.000.000
Kas Rp 400.000.000
(Membeli aktiva bagi pelanggan)
10/05/2021Piutang Murabahah Rp 480.000.000
Persediaan Murabahah Rp 400.000.000
Margin Murabahah Tangguhan Rp 80.000.000
(Penyerahan aktiva ke pelanggan)
31/05/2021Kas Rp 16.666.667
Margin Murabahah Tangguhan Rp 3.333.333
Piutang Murabahah Rp 16.666.667
Pendapatan Murabahah Rp 3.333.333
(Jurnal membayar cicilan murabahah pertama)

Baca Juga: Contoh Akad Transaksi dalam Bisnis Syariah

Demikian contoh soal akuntansi murabahah dan jawabannya semoga menjadi pertanyaan pilihan ganda dan soal essay untuk melakukan diskusi. Konsep akuntansi dalam akad murabahah menjadi pertimbangan ketika mengakui markup laba yang telah ditetapkan oleh perbankan sebagai pemberi pinjaman.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Akuntansi Murabahah dan Jawabannya"