Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Perubahan Pemilikan Persekutuan dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal perubahan pemilikan persekutuan dan jawabannya menjadi materi akuntansi keuangan tentang masuk dan keluarnya anggota sekutu. Terdapat 5 macam cara pembelian hak sekutu lama oleh sekutu baru diantaranya terjadi pemberian bonus dan goodwill yang terjadi di firma persekutuan.

Pembentukan persekutuan dapat dilakukan menggunakan metode goodwill atau metode bonus. Pada saat pembentukan partnership aset yang diinvestasikan masing-masing sekutu dicatat berdasarkan pembagian laba rugi persekutuan. Pengunduran diri sekutu dapat dilakukan dengan melakukan perubahan akta pendirian.

Contoh soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan 1 tentang persekutuan diharapkan menjadi pertimbangan untuk menentukan ada tidaknya bonus dan goodwill yang didapatkan. Jika anggota sekutu keluar dan masuk persekutuan mengakibatkan adanya perubahan akta pendirian yang telah disepakati bersama.

Contoh Soal Perubahan Pemilikan Persekutuan dan Jawabannya

Hal-Hal yang Menyebabkan Terjadinya Pembubaran Persekutuan

Hal-hal yang menyebabkan terjadinya pembubaran persekutuan dapat terjadi ketika anggota sekutu secara sukarela maupun paksaan keluar dari firma. Penyebab terjadinya pembubaran firma diakibatkan adanya anggota sekutu yang meninggal dunia, menjual hak kepada sekutu lain atau menerima pengembalian modal.

Penyebab terjadinya pembubaran persekutuan wajib dimengerti agar seluruh pencatatan transaksi dapat berjalan di perusahaan. Persoalan akuntansi untuk keluarnya 1 anggota persekutuan menjadikan transaksi pelepasan dana yang menimbulkan selisih diakui sebagai goodwill atau bonus diperusahaan.

Penyebab terjadinya likuidasi atau pembubaran persekutuan diakibatkan adanya manipulasi transaksi di perusahaan. Faktor-faktor yang mempengaruhi besar kecilnya pembagian laba rugi persekutuan diakibatkan adanya pembagian tanggungjawab antara sekutu aktif dan pasif. Semakin aktif sekutu maka akan memperoleh pembagian yang lebih besar.

Baca Juga: Contoh Persamaan Dasar Akuntansi 25 Transaksi Perusahaan Dagang

Contoh Soal Anggota Sekutu Keluar dari Persekutuan Tanpa Membentuk Goodwill atau Bonus

Contoh soal dan jawaban perubahan pemilikan persekutuan akan terjadi selama berjalannya kegiatan usaha. 5 Macam cara pembelian hak sekutu lama terhadap sekutu baru memungkinkan terjadinya selisih nilai buku dan kas yang diterima dan dapat diakui sebagai tambahan modal bagi sekutu yang bertahan.

Pada saat pembentukan partnership aset yang diinvestasikan masing-masing sekutu dicatat berdasarkan persentase pembagian laba rugi. Pengunduran diri sekutu diakibatkan karena meninggal dunai, keluarnya anggota sekutu secara sukarela dengan penjualan haknya atau menerima pengembalian modal.

Contoh soal anggota sekutu keluar dari persekutuan tanpa membentuk goodwill atau bonus terjadi pada CV Staff Accounting dimana sekutu tiya keluar dengan menerima kas sebesar Rp 40.000.000. Adapun jumlah modal akhir yang dilaporkan pada laporan posisi keuangan persekutuan adalah

Nama Total Modal
Tiya Rp 40.000.000
Anis Rp 45.000.000
Saidah Rp 24.600.000

Baca Juga: Contoh Soal Rekonsiliasi Bank dan Jurnal Pencatatannya

Contoh Jurnal Keluarnya Anggota Sekutu Lama

Jurnal keluarnya anggota sekutu lama dan masuknya anggota sekutu baru akan mempengaruhi persentase pembagian laba rugi persekutuan dan harus merubah akta pendirian. Apabila pengunduran diri sekutu menerima pengembalian modal tanpa membentuk bonus atau goodwill didapatkan dari saldo tetap sekutu.

Kondisi apa yang menyebabkan persekutuan dibubarkan ketika terdapat indikasi manipulasi data keuangan. Mengapa sebuah persekutuan itu dibubarkan karena tidak terraihnya kesepakatan dan target yang terealisasikan. Pembubaran persekutuan adalah tindakan menjual aset untuk dikembalikannya modal sekutu.

Cara menghitung goodwill atau bonus yang diterima sekutu didasarkan pada selisih nilai buku dan kas yang diterima sekutu. Pencatatan keikutsertaa dan pengunduran diri sekutu dalam persekutuan harus diterangkan prosedurnya pada akta pendirian. Contoh jurnal keluarnya anggota sekutu lama tanpa membentuk goodwill atau bonus adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
31/08/2021Modal Tiya Rp 40.000.000
Kas Rp 40.000.000
(Jurnal Pengembalian Modal Tiya)

Baca Juga: Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Beban Perlengkapan dan Pembahasannya

Demikian contoh soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan 1 persekutuan yang menjadi tindakan perusahaan menjual hak sekutu lama kepada sekutu baru atau anggota sekutu meninggal dunia. Persoalan akuntansi untuk keluarnya 1 orang anggota sekutu dari persekutuan wajib diselenggarakan pembukuan.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Perubahan Pemilikan Persekutuan dan Jawabannya"