Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Joint Venture yang Belum Selesai Satu Periode

Konten [Tampil]

Contoh soal joint venture yang belum selesai satu periode mengakibatkan terjadinya penundaan pembagian laba rugi tahun berjalan. Pengertian joint venture company adalah kegiatan usaha bersama antar perusahaaan yang menyetorkan kekayaan untuk diolah menjadi laba dengan memanfaatkan nilai lebih para sekutu.

Contoh soal dan jawaban akuntansi joint venture harus diselenggarakan menggunakan pembukuan terpisah dan tidak terpisah antara pencatatan para sekutu dengan managing partnert. Perjanjian kerjasama harus mengandung unsur jangka waktu perjanjian seperti tujuan tercapat, periode berjalan bahkan laba diperoleh.

Isi perjanjian kerjasama joint venture harus mengandung pihak yang pertanggungjawaban kewajiban, prosedur pembubaran kerjasama dan pemutusan hubungan kerjasama. Waktu yang cocok untuk diselenggarakannya joint venture adalah ketika entitas akan memperluas pemasaran dan mengurangi persaingan.

Contoh Soal Joint Venture yang Belum Selesai Satu Periode

Regulasi Perusahaan Patungan (Joint Venture Company) di Indonesia

Ketika perusahaan mempunyai pilihan untuk mengembangkan bisnisnya tetapi terkendala kekurangan modal maka joint venture company. Sejarah awal joint venture dimulai dari proyek pembangunan sistem perkeretaapian yang berada di amerika serikat. Sistem perusahaan patungan diatur dalam undang-undang dan peraturan pemerintah sebagai berikut:

  1. PP Nomor 20 Tahun 1994 Pemilikan Saham dalam Perusahan yang didirikan dalam rangka penanaman modal asing.
  2. PP Nomor 7 Tahun 1993 tentang Pemilik Saham perusahaan penanaman Modal Asing.
  3. UU Nomor 1 Tahun 1967 tentang Penanaman Modal Asing

Tujuan dan Manfaat Melaksanakan Joint Venture

Tujuan joint venture adalah membantu perusahaan yang mengalami kesulitan keuangan ketika menghadapi event kegiatan yang mendatangkan laba. Perusahaan patungan ini diwajibkan untuk menyelenggarakan perjanjian kerjasama terlebih dahulu untuk menentukan pertanggungjawaban para sekutu.

Manfaat melakukan joint venture adalah menggabungkan sumber daya manusia dan melakukan penghematan biaya. Perusahaan patungan memiliki keahlian dan latar belakang berbeda tetapi memiliki tujuan pendirian entitas yang sama yaitu menekan biaya produksi dan mempertinggi laba per unit.

Tujuan dan manfaat joint venture akan diperoleh perusahaan ketika dapat memberikan inovasi dan produk layanan yang berbeda dari para pesaing. Saling melengkapi kekurangan menjadi kelebihan menjadi landasan pendirian joint venture company yang ada di indonesia.

Baca Juga: Ciri-Ciri dan Karakteristik Joint Venture Company

Contoh Perusahaan yang Melakukan Joint Venture di Indonesia

Contoh perusahaan yang melakukan joint venture di indonesia menjadi entitas dalam negeri yang ingin memaksimalkan penggunaan sumber daya dan keahliannya. Faktor-faktor yang menyebabkan dilaksanakannya joint venture adalah kekurangan modal untuk melaksanakan sebuah kegiatan produksi massal.

Alasan perusahaan patungan didirikan adalah memperkecil persaingan dengan industri sejenis. Struktur usaha dan perjanjian pembagian keuntungan serta pertanggungjawaban kewajiban harus ditentukan dengan jelas agar tujuan atau target yang telah ditetapkan manajemen dapat dicapai oleh pihak yang bekerjasama.

Contoh perusahaan yang melakukan joint venture di indonesia adalah perusahaan asus dan gigabyte. Tujuan asus dan gigabyte melaksanakan patungan usaha adalah mengurangi persaingan penjualan motherboard dan graphics card agar tercipta strategi produksi dan pemasaran barang secara maksimal.

Baca Juga: Cara Mengisi Spt Tahunan Badan dari Laporan Posisi Keuangan

Contoh Soal Joint Venture Lebih dari Satu Periode Akuntansi Keuangan Lanjutan

Contoh soal joint venture akuntansi keuangan lanjutan dapat melebihi satu periode pelaporan keuangan. Joint venture yang belum selesai dalam satu periode menyebabkan permasalahan pengakuan pendapatan dan beban. Prinsip konservatisme adalah pendapatan hanya boleh diakui ketika terjadi tambahan manfaat.

Jelaskan metode pembukuan terpisah dan tidak terpisah dalam akuntansi joint venture melibatkan pelaporan posisi keuangan dan laba rugi sesuai standar akuntansi keuangan. Pembukuan terpisah akan mengakui laba ditahan sebesar selisih antara pendapatan dan biaya administrasi serta biaya pemasaran satu periode.

Contoh soal akuntansi joint venture metode terpisah terjadi pada CV Staff Accounting yang berhasil memperoleh pendapatan sebesar Rp 84.000.000 dengan biaya pemasaran dan administrasi sebesar Rp 24.000.000. Buatlah jurnal pembagian laba rugi joint venture dengan metode pembukuan terpisah apabila laba dibagi sebesar 4:6?

Pencatatan Joint Venture CV Staff AccountingPencatatan Joint Venture Sekutu Pertama
Keterangan Debit Kredit Keterangan Debit Kredit
Investasi Joint Venture Rp 24.000.000 Investasi Joint Venture Rp 36.000.000
Laba Joint Venture Rp 24.000.000 Laba Joint Venture Rp 36.000.000

Baca Juga: Perbedaan Penjualan Angsuran dan Penjualan Tunai

Demikian contoh soal akuntansi joint venture yang belum selesai satu periode menjadi makalah akuntansi keuangan lanjutan. Usia perusahaan patungan dapat ditentukan berdasarkan pencapaian tujuan, jangka waktu terbatas dan pencapaian laba yang diharapkan oleh managing partner.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Joint Venture yang Belum Selesai Satu Periode"