Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Laporan Biaya Kualitas dan Produktivitas

Konten [Tampil]

Contoh laporan biaya kualitas dan produktivitas menjadi bagian dari materi akuntansi manajemen kualitas produk. Biaya kualitas terjadi diakibatkan perusahaan menciptakan produk cacat dan tidak sesuai harapan dari pelanggan sehingga lawan transaksi memberikan komplain untuk pencegahan dan perbaikan produk tersebut.

Cara menghitung biaya kualitas terdiri dari biaya pencegahan, biaya penilaian dan biaya kegagalan produksi. Pengukuran dan pelaporan biaya kualitas dan produktivitas ditentukan berdasarkan pengamatan keakuratan produk berkualitas tinggi dan mengurangi biaya produksi yakni bahan baku dan konversinya.

Penyebab timbulnya biaya kualitas dan produktivitas barang adalah ketidaksesuaian daya tanggap, jaminan dan empati perusahaan setelah penjualan terjadi. Perusahaan wajib memperhitungkan biaya kualitas agar pelanggan datang kembali untuk melaksanakan pembelian dan mendatangkan keuntungan bagi perusahaan.

Contoh Laporan Biaya Kualitas dan Produktivitas

Pengertian dan Pengukuran Biaya Kualitas

Pengertian biaya kualitas menurut para ahli adalah pengeluaran perusahaan untuk mencegah terjadinya pemberian produk yang tidak sesuai permintaan pelanggan. Ketidaksesuaian barang yang diberikan menyebabkan entitas harus melaksanakan aktivitas pengendalian dan aktivitas kegagalan pemberian barang.

Biaya kualitas dan produktivitas barang terdiri dari biaya pengendalian dan biaya kegagalan. Ketika perusahaan mengutamakan pengeluran pengendalian (prevention cost) maka entitas akan mengalami penurunan biaya kegagalan pembuatan produk seperti jaminan garansi dan pergantian produk selama waktu tertentu.

Pengertian biaya kualitas menurut para ahli adalah pembayaran kas dan setara kas yang disebabkan kualitas produk yang tidak sesuai permintaan pelanggan. Daya tanggap dan jaminan produk menjadi penyebab penyimpangan dari biaya kualitas untuk mencapai tujuan perusashaan mencapai keunggulan tertentu.

Baca Juga: Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli

Mengapa Biaya Kualitas Penting bagi Perusahaan

Mengapa biaya kualitas penting bagi perusahaan karena entitas harus mengutamakan kepentingan dari pelanggan. Daya tahan barang dan jaminan pengembalian barang akan memberikan kelebihan produk dari barang milik pesaing yang dapat meningkatkan penjualan barang kena pajak untuk menghasilkan pendapatan.

Perusahaan wajib menghitung biaya kualitas dan produktivitas sebagai beban operasional untuk meningkatkan pendapatan. Biaya kualitas tersembunyi atau hidden quality cost artinya pengeluaran perusahaan yang tidak nampak dari pemberian barang tidak sesuai permintaan dari para pelanggannya.

Penyebab timbulnya produktivitas dan biaya kualitas adalah ketidaksesuaian ekspektasi pelanggan tentang manfaat produk perusahaan. Biaya kegagalan adalah beban yang dibayarkan atas proses produksi barang cacat dan hilang sebagai akibat kesalahan manajemen persediaan dan kualitas produk.

Baca Juga: 5 Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Contoh Soal Laporan Biaya Kualitas dan Produktivitas

Contoh soal laporan biaya kualitas dan produktivitas dilakukan supaya entitas mempertahankan kesetiaan pelanggan. Biaya kualitas terdiri dari biaya pencegahan dan biaya kegagalan. Sifat prevention cost berkebalikan dengan failure cost sehingga ketika biaya pencegahan bertambah maka biaya kegagalan menurun.

Harapan konsumen mengenai produk yang dibeli terdiri dari kinerja, estetika, kemampuan servis, fitur dan keandalan serta keawetan barang. Perusahaan manufaktur harus dapat memberikan pelayanan mulai dari daya tanggap, jaminan informasi dan empati karyawan terhadap calon pembeli produk tertentu.

Laporan biaya kualitas berfungsi sebagai alat pengambilan keputusan kegagalan proses produksi dan penurunan produktivitas perusahaan. Mengapa terjadi pengeluaran untuk produk berkualitas buruk karena entitas mengutamakan layanan purna jual dari produk yang diberikan. Contoh laporan biaya kualitas dan produktivitas adalah

CV Staff Accounting
Laporan Biaya Produksi
- Biaya Penilaian Rp 294.880.000
- Biaya Pencegahan Rp 264.582.600
- Biaya Kegagalan Internal Rp 261.526.580
- Biaya Kegagalan Eksternal Rp 251.582.150
Total Rp 1.072.571.330

Baca Juga: Contoh Soal Activiyy Based Costing dan Pembahasannya

Demikian contoh laporan biaya kualitas dan produktivitas dalam materi akuntansi manajemen. Penyebab terjadinya biaya kualitas harus diketahui agar menjadi pertimbangan dalam menentukan harga pokok penjualan. Laba ditahan adalah keuntungan yang tidak didistribusikan ke pemegang saham.

Posting Komentar untuk "Contoh Laporan Biaya Kualitas dan Produktivitas"