Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Persediaan Akhir dan Hpp Metode Fifo Sistem Periodik dan Perpetual

Konten [Tampil]

Contoh soal persediaan akhir dan hpp metode fifo dengan sistem periodik dan perpetual menjadi sistem penilaian persediaan barang dagang serta asumsi biaya yang sering dipergunakan perusahaan. Sistem periodik adalah cara mencatat kuantitas persediaan dengan dilakukannya perhitungan secara fisik atau stock opname.

Cara menghitung hpp dengan metode fifo, lifo dan average diperkenankan menggunakan sistem perpetual dan sistem periodik. Sistem perpetual artinya perusahaan akan mencatat pengeluaran dan pemasukan barang dagang secara update setiap kali terjadinya transaksi pembelian dan penjualan barang dagang.

Sistem pencatatan persediaan dan asumsi arus biaya akan menentukan jumlah barang dagang yang dilaporkan pada laporan posisi keuangan. Kartu persediaan berfungsi sebagai alat memonitoring seluruh transaksi keluar masuk barang dari jenis tertentu yang dimiliki perusahaan sebagai bahan baku atau barang jadi.

Contoh Soal Persediaan Akhir dan Hpp Metode Fifo Sistem Periodik dan Perpetual

Pengertian Fifo (First in First Out)

Pengertian fifo (first in first out) menurut para ahli adalah metode penilaian persediaan dimana barang yang masuk pertama kali di area penyimpanan menjadi barang yang harus dikeluarkan pertama untuk diperjualbelikan. Metode fifo lebih dikenal dengan istilah masuk pertama keluar pertama di sistem persediaan.

Pengertian first in first out adalah cara memperhitungkan nilai persediaan akhir berdasarkan ketersediaan barang pertama kali dan penjualan barang yang pertama kali masuk ke gudang. Persediaan barang dagang dinilai berdasarkan nilai realiasi netto atau biaya perolehan serta biaya konversi bahan baku dan bahan jadi.

Definisi masuk pertama keluar pertama adalah sistem persediaan yang dilakukan pencatatan berdasarkan barang pertama kali masuk ke gudang barang jadi. Ketika menentukan biaya persediaan, perusahaan dihadapkan pada banyaknya transaksi pembelian barang yang mempunyai harga produk berbeda-beda.

Baca Juga: Contoh Soal Penurunan Nilai Persediaan dengan Metode Lower Cost or Market

Contoh Soal Metode Fifo, Lifo dan Average Beserta Pembahasannya

Contoh soal metode fifo, lifo dan average beserta pembahasannya dapat mempergunakan sistem perpetual dan sistem periodik ketika menentukan asumsi biaya perolehan. Cakupan persediaan diakui dalam laporan posisi keuangan terdiri dari barang di gudang perusahaan dan barang konsinyasi.

Contoh soal persediaan metode perpetual dan periodik dengan sistem fifo atau first in first out akan meningkatkan laba ditahan perusahaan dan pembayaran pajak terutang. Return atau pengembalian barang kepada supplier berakibat pada berkurangnya jumlah persediaan dan tagihan yang ada di perusahaan.

Contoh soal metode fifo, lifo dan average terjadi pada CV Staff Accounting yang mampu menjual barang dagang sebanyak 15.000. Kartu persediaan barang di gudang melaporkan CV Staff Accounting memiliki riwayat pengeluaran barang selama satu bulan. Hitunglah persediaan akhir dan hpp metode fifo sistem periodik?

TanggalPembelianPenjualanSaldo Awal
Unit Harga
01/08/20214000 @Rp 1.500
06/08/202120.000 Rp 1.850
12/08/202116.000 Rp 2.220
15/08/202115.000
21/08/20212.000 Rp 2.109

Baca Juga: Perbedaan Jurnal Pencatatan Sistem Periodik dan Perpetual

Cara Menghitung Hpp dan Persediaan Akhir Metode Fifo Periodik

Cara menghitung hpp dan persediaan akhir metode fifo periodik artinya perusahaan akan melakukan stock opname jumlah persediaan barang dagang dengan mengestimasikan jumlah barang tersedia sesuai jumlah yang ditemukan. Bedanya fifo dan lifo adalah pengakuan laba ditahan dan pembayaran pajak penghasilannya.

Contoh perhitungan persediaan akhir metode fifo periodik dan perpetual seharusnya menunjukkan hasil pengamatan yang sama. Asumsi arus biaya perolehan persediaan harus disesuaikan dengan arus keluar masuk barang dagang di gudang produk jadi. Jurnal penyesuaian dibuat setelah dilakukannya stock opname.

Pertanyaan tentang metode perpetual dan metode periodik harus dibuatkan jurnal umum pada saat pembelian dan penjualan barang. Fifo periodik mengharuskan perusahaan membuat jurnal penyesuaian pada saat menentukan harga pokok penjualan dan persediaan akhir yang dilaporkan. Adapun perhitungan fifo periodik sebagai berikut:

TanggalJumlahHarga Total Biaya
06/08/20219.000 Rp 1.850 Rp 16.650.000
12/08/202116.000 Rp 2.220 Rp 35.520.000
21/08/20212.000 Rp 2.109 Rp 4.218.000
Persediaan Akhir27.000 Rp 56.388.000
Barang Tersedia Untuk Dijual Rp 82.738.000
Persediaan Akhir(Rp 56.388.000)
Harga Pokok Penjualan Rp 26.350.000

Baca Juga: Cara Membuat Tabel Analisis Umur Piutang Tak Tertagih

Demikian contoh soal persediaan akhir dan hpp metode fifo sistem periodik dan perpetual dalam menentukan laba kotor tahun berjalan. Fifo adalah metode persediaan barang dimana barang pertama kali yang masuk ke gudang akan diusahakan keluar pertama untuk mengurangi risiko kadaluarsa.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Persediaan Akhir dan Hpp Metode Fifo Sistem Periodik dan Perpetual"