Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pertanyaan Tentang Akuntansi Ijarah dan Contoh Soal

Konten [Tampil]

Pertanyaan tentang akuntansi ijarah berupa contoh perhitungan pembiayaan penyusutan dan depresiasi aset ijarah setiap bulan. Pengertian ijarah menurut para ahli adalah transaksi pembelian objek sewa dimana penyewa diwajibkan membayarkan cicilan beserta margin yang ditentukan sesuai permintaan jangka waktu pelunasan.

Contoh soal perhitungan pembiayaan akuntansi ijarah mempertimbangkan kebijakan pelunasan tagihan serta pendapatan ditahun berjalan. Kebijakan penyusutan dan depresiasi aset harus ditentukan berdasarkan umur ekonomis dan manfaat yang diterapkan oleh entitas selama periode berjalannya transaksi tersebut.

Pertanyaan masalah seputar ijarah bank syariah didapatkan ketika perusahaan membayarkan tagihan sewa setiap periodenya. Jangka waktu pelunasan sewa dapat ditentukan oleh penyewa menyesuaikan kemampuan pembayarannya. Pembiayaan ijarah dilaporan sebesar nilai yang dapat direaliasikan diakhir periode.

https://www.staffaccounting.my.id/2021/10/contoh-soal-rekonsiliasi-bank-dan-jawabannya.html

Pengakuan dan Pengukuran Akad Ijarah

Akad ijarah diakui ketika terjadi perjanjian kerjasama yang telah disepakati. Penyusutan atau depresiasi adalah proses pengalokasikan seluruh pembiayaan untuk mendatangkan aktiva ijarah ke setiap periode pembayaran sewa. Ketentuan umum perpajakan mengatur tentang umur ekonomis dan manfaat sesuai jenis aktiva.

Akad ijarah diukur sesuai nilai yang dapat direaliasikan diakhir periode. Biaya perbaikan aset dibebankan ke periode terjadinya transaksi. Bagi penyewa, seluruh biaya perbaikan harus ditanggungnya karena akan terjadi perpindahan pemilikan aset ketika akhir periode pembayaran tagihan.

Pengakuan dan pengukuran akad ijarah ditentukan berdasarkan biaya perolehan, penyusutan dan amortisasi, perpindahan pemilikan aset. Biaya perolehan adalah seluruh kas yang dikeluarkan perusahaan agar dapat mempersiapkan aset untuk dipergunakan oleh penyewa agar dapat memperoleh pendapatan.

Baca Juga: Contoh Soal Rekonsiliasi Bank dan Jawabannya

Contoh Soal dan Jawaban Akad Akuntansi Ijarah

Contoh soal akad akuntansi ijarah dan jawabannya dilangsungkan ketika perusahaan mengalokasikan kekayaan sebagai investasi jangka panjang. Piutang adalah tagihan kepada pelanggan yang belum dibayarkan sebagai akibat penyerahan barang kena pajak dan jasa kena pajak di masa lampau.

Contoh kasus pembiayaan ijarah bank syariah harus menerapkan prinsip-prinsip syariah ketika melaksanakan transaksi. Biaya sewa ijarah dapat mengalami perubahan menyesuaikan tingkat inflasi suatu negara dan margin yang ditetapkan bank sebagai akibat keterlambatan pembayaran sewa setiap periode.

Contoh soal perhitungan akuntansi ijarah dapat dilangsungkan agar pelaksanaan kegiatan dapat dilanjutkan. Keuntungan adalah setiap tambahan manfaat ekonomis yang didapatkan perusahaan setelah dikurangkan biaya perolehan pendapatan seperti biaya pemasaran dan biaya administrasi.

Baca Juga: Cara Mencari Nilai Buku dan Biaya Perolehan

Contoh Perhitungan Pembiayaan Akad Ijarah di Bank Syariah

Contoh perhitungan pembiayaan akad ijarah di bank syariah ditentukan berdasarkan perbandingan antara harga pokok aset dengan pembayaran sewa. Akad ijarah diakui senilai biaya perolehan ditambah keuntungan yang disepakati untuk dibayarkan penyewa selama masa sewa guna usaha yang disepakati.

Contoh transaksi ijarah dalam kehidupan sehari-hari sering dilakukan untuk pembiayaan pembelian kendaraan bermotor. Operating lease dan finance lease diberikan kepada penyewa untuk mempermudah memperoleh aset yang diinginkan dalam waktu dekat dengan pembayaran beberapa periode mendatang.

Pertanyaan tentang akuntansi ijarah diberikan kepada calon auditor untuk menentukan kualitas pembayaran tagihan dari lawan transaksi. Kelebihan akad ijarah dibandingkan akad bisnis syariah yang lain adalah nasabah akan memperoleh barang keinginannya dalam waktu dekat.

Contoh akad ijarah terjadi pada CV Staff Accounting yang melaksanakan operating lease sebesar Rp 95.000.000. Pembayaran sewa setiap bulan adalah Rp 5.000.000 selama 2 tahun. Bagaimana sistem perhitungan keuntungan akad ijarah muntahiya bittamlik dan ijarah multijasa sebagai berikut:

Nilai Akad Rp 95.000.000
Pembayaran per Periode Rp 120.000.000
Keuntungan Rp 25.000.000

Baca Juga: Makalah Kerangka Dasar Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan Syariah

Demikian pertanyaan dan contoh soal akuntansi ijarah yang menjadi materi bisnis akuntansi syariah. Kelebihan dan kekurangan transaksi ijarah harus ditentukan berdasarkan tingkat parsipasi mitra aktif dan mitra pasif ketika dilakukan penagihan pembayaran sewa guna usaha sesuai masa jatuh tempo.

Posting Komentar untuk "Pertanyaan Tentang Akuntansi Ijarah dan Contoh Soal"