Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal dan Jawaban Metode Identifikasi Khusus dalam Menilai Persediaan Akhir

Konten [Tampil]

Soal dan jawaban metode identifikasi khusus dalam menilai persediaan akhir dan harga pokok produksi digunakan sebagai dasar menetapkan laba ditahan perusahaan. Metode tanda pengenal khusus cocok bagi perusahaan yang memiliki sedikit jenis persediaan barang dagang seperti agen pemegang merek tunggal.

Metode identifikasi khusus cocok digunakan bagi perusahaan yang memiliki stock barang sedikit dengan biaya perolehan tinggi. Sistem perpetual dan sistem periodik menjadi penerapan kebijakan akuntansi di perusahaan yang boleh diterapkan terutama ketika menciptakan sistem pengendalian internal persediaan barang dagang.

Penilaian persediaan akhir dan harga pokok produksi dipengaruhi oleh pembelian barang, penjualan barang dan retur kedua transaksi tersebut. Barang dagang dapat dicatat sesuai rata-rata barang dan harga barang yang pertama kali masuk ke gudang bahkan sesuai biaya yang benar-benar terjadi ketika pembelian barang.

Soal dan Jawaban Metode Identifikasi Khusus dalam Menilai Persediaan Akhir

Kelebihan dan Kekurangan Metode Identifikasi Khusus

Kelebihan dan kekurangan metode identifikasi khusus dalam menilai harga pokok produksi dan persediaan akhir diberlakukan karena akan mempengaruhi laba bersih tahun berjalan. Laporan laba rugi berisikan informasi tentang penjualan, hpp, biaya administrasi dan biaya pemasaran periode berjalan.

Metode identifikasi khusus dalam penilaian persediaan memiliki kelebihan yaitu cocok digunakan pada perusahaan berskala kecil atau berskala besar dengan syarat memiliki jenis persediaan yang relatif kecil. Metode tanda pengenal khusus akan dilakukan pencatatan di kartu persediaan dan dilakukan stock opname setiap bulan.

Kekurangan metode tanda pengenal khusus adalah perusahaan yang memiliki nilai persediaan kecil dengan jumlah barang terlalu banyak tidak mampu dipergunakan sebagai sistem pengendalian internal seperti perusahaan grosir dan perusahaan ritel bahan baku dan barang jadi kepada para pelanggannya.

Baca Juga: Ilustrasi Metode Fifo dan Average dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh Soal dan Jawaban Persediaan Metode Identifikasi Khusus

Contoh soal dan jawaban persediaan metode identifikasi khusus berguna sebagai alokasi biaya perolehan dan biaya konversi barang dagang di tahun berjalan. Catatan atas laporan posisi keuangan harus dapat menyebutkan kebijakan akuntansi persediaan yang diterapkan di perusahaan manufaktur.

Soal dan jawaban persediaan akhir dan hpp metode identifikasi khusus akan menentukan seberapa besar persentase keuntungan yang didapatkan perusahaan. Internal control inventory yang bagus harus dapat mencegah barang dagang rusak, hilang dan ketinggalan zaman untuk dilakukannya penjualan.

Contoh kasus persediaan metode tanda pengenal khusus terjadi pada CV Staff Accounting yang memiliki mobil seharga Rp 11.000.000 dan motor seharga Rp 2.000.000. CV Stafff Accounting mampu menjual motor seharga Rp 5.000.000. Berapakah biaya pokok produksi dan nilai persediaan akhir sistem periodiknya?

Baca Juga: Pertanyaan Tentang Akuntansi Persediaan dan Jawabannya

Contoh Perhitungan Akuntansi Persediaan Barang Dagang

Contoh perhitungan akuntansi persediaan barang dagang akan dipelajari pada mata kuliah akuntansi biaya. Akuntansi biaya meliputi perhitungan biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik yang ditentukan berdasarkan waktu kerja karyawan atau jam kerja mesin produksi.

Perhitungan persediaan akhir dan harga pokok produksi dipergunakan sebagai informasi awal tentang jumlah beban yang dihasilkan dari transaksi penjualan. Biaya administrasi dan biaya pemasaran akan dibebankan langsung ke barang jadi karena berpengaruh terhadap catatan atas laporan posisi keuangan yang diinformasikan.

Sistem perpetual dan sistem periodik akan mempengaruhi kebenaran saldo persediaan akhir yang dilaporkan. Hasil stock opname menjadi informasi akurat tentang nilai persediaan akhir yang dilaporkan perusahaan. Adapun perhitungan hpp dan nilai persediaan akhir yang dimiliki CV Staff Accounting adalah

Persediaan Awal
- Mobil Rp 11.000.000
- Motor Rp 2.000.000
Penjualan
- Bangunan Rp 2.000.000
Persediaan Akhir Rp 11.000.000
HPP Rp 2.000.000

Baca Juga: Contoh Kertas Kerja Pemeriksaan Persediaan Barang Dagang

Demikian contoh soal dan jawaban metode identifikasi khusus dalam menilai persediaan akhir dan harga pokok penjualan barang dagang dengan sistem perpetual dan periodik di akuntansi keuangan menengah. Perusahaan dapat memilih kebijakan akuntansi persediaan sesuai ketentuan umum perpajakan yang berlaku.

Posting Komentar untuk "Soal dan Jawaban Metode Identifikasi Khusus dalam Menilai Persediaan Akhir"