Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal dan Cara Menghitung Laba per Lembar Saham

Konten [Tampil]

Contoh soal dan cara menghitung laba per lembar saham diperuntukkan bagi perusahaan yang hendak membagikan dividen. Earning per share artinya keuntungan yang dibagikan entitas kepada para pemegang saham atas investasi saham anak perusahaan dan induk perusahaan ketika berhasil menjalankan kegiatan operasional.

Bagaimana cara menghitung laba per lembar saham, rumus earning per share diperuntukkan bagi entitas yang ingin membagikan dividen tahun berjalan. Pengertian dividen menurut para ahli adalah imbal balik atas dana yang diinvestasikan di perusahaan dalam bentuk modal dasar, modal ditanam dan modal disetorkan.

Contoh soal earning per share diperlukan untuk menentukan tingkat profitabilitas sebuah perusahaan. Jumlah saham yang beredar akan memberikan keputusan tentang hak kontrol yang dimiliki pemegang saham mayoritas. Saham preferen dan saham biasa harus ditentukan dalam akta pendirian perusahaan.

Contoh Soal dan Cara Menghitung Laba per Lembar Saham

Pengertian Laba per Lembar Saham

Laba per lembar saham adalah imbal balik atas pemilikan saham yang dibeli sesuai harga perolehannya. Saham biasa dianggap sebagai saham beredar ketika perusahan telah menyelesaikan permasalahan hutang piutang dengan nasabah. 100 lembar saham biasa setara dengan 1 lot saham sesuai modal ditanamkan perusahaan.

Pengertian earning per share menurut para ahli adalah pembagian hasil investasi oleh para ahli yang didasarkan pada pencatatan akuntansi keuangan menengah. Nilai buku dan nilai wajar saham akan menentukan agio dan disagio saham yang beredar sesuai kebijakan akuntansi yang diterapkan entitas.

Definisi laba per lembar saham menurut para ahli adalah kekayaan yang didapatkan perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasionalnya dan akan dibagikan kepada para pemegang saham. Nilai buku saham preferen dan saham biasa memiliki perbedaan terutama dalam masalah tingkat partisipasi entitas.

Baca Juga: Contoh Kasus BEP Terjual dan BEP Nilai Rupiah

Contoh Soal Sekuritas Dilusian dan Laba per Lembar Saham

Contoh soal sekuritas dilusian dan laba per lembar saham diperuntukkan bagi entitas yang ingin memperoleh penghasilan ditahun berjalan. Saham dilusian adalah total saham yang beredar di pasar sesuai modal ditanam dan modal disetorkan para pemegang saham sesuai akta pendirian perusahaan.

Contoh soal saham dilusian dan earning per share diperuntukkan bagi perusahaan yang ingin membayarkan dividen ditahun berjalan. Ketika nilai EPS negatif artinya perusahaan menderita kerugian. Nilai EPS positif artinya perusahaan mendapatkan keuntungan dari aktivitas operasionalnya.

Bagaimana cara menghitung laba per lembar saham dasar dan dilusian terjadi pada PT Staffaccounting yang mendapatkan keuntungan sebesar Rp 44.000.000 ditahun berjalan. PT Staffaccounting memiliki jumlah saham yang beredar sebanyak 2.200lot. Berapakah nilai buku saham preferen dan saham biasa tersebut?

Baca Juga: Cara Mengetahui Jumlah Saham yang Beredar di Pasar Modal

Cara Menghitung Earning per Share dan Rumusnya

Cara menghitung earning per share dan rumusnya menjadi tindakan perusahaan untuk mempriotaskan pembayaran dividen. Dividen termasuk objek pajak final yang harus dipotongkan setiap kali penyerahan pendapatan kepada investor. Bukti potong pph pasal 4 ayat 2 harus dilaporkan di spt tahunan orang pribadi.

Bagaimana cara menghitung laba per lembar saham dan contoh soalnya dapat dikerjakan sesuai nilai buku dan nilai wajar saham biasa dan saham preferen. Keuntungan penggunaan nilai wajar dalam menilai ekuitas dan aktiva tetap adalah memberikan harga terkini dari aset yang dimiliki perusahaan.

Rumus dan contoh perhitungan laba per lembar saham harus memprioritaskan pembayaran tagihan kepada supplier. Manfaat yang diperoleh jika perusahaan menerapkan nilai wajar dalam laporan keuangan adalah informasi keuangan menunjukkan hasil sebenarnya dari aset yang dimilikinya.

Berikut langkah-langkah dan cara menghitung laba dan nilai buku per lembar saham adalah

Earning per Share = Rp 44.000.000 / (2.200 x 100) = Rp 2.200

Baca Juga: Contoh Perhitungan Nilai Buku per Lembar Saham (Book Value per Share)

Demikian contoh soal dan cara menghitung laba per lembar saham sesuai sistem informasi akuntansi keuangan lanjutan. Dimana tempat melihat jumlah saham yang beredar adalah dilaporan posisi keuangan terutama bagian ekuitas yang dilaporkan atas total modal yang diinvestasikan perusahaan.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal dan Cara Menghitung Laba per Lembar Saham"